TOYOTA CALYA

Toyota Calya adalah mobil LCGC Toyota yang didesain untuk memasuki pasar kendaraan MPV. Nama Toyota Calya berasal dari bahasa sansekerta yang berarti "tanpa cacat' atau 'sempurna'. Toyota Calya memiliki bodi mirip Toyota Agya, tapi dengan kapasitas penumpang lebih besar. Kendaraan MPV LCGC ini diklaim menjadi mobil versi murah dari kendaraan MPV Toyota terpopuler, Toyota Avanza.

Toyota Calya diluncurkan pada pertengahan tahun lalu, tepatnya saat ajang GIIAS 2016 dilaksanakan pada bulan Agustus 2016. Hadirnya Toyota Calya turut menambah deretan mobil LCGC yang murah meriah serta terjangkau untuk lebih banyak masyarakat.

Seri mobil TOYOTA CALYA

Masa Produksi 2016 - sekarang

Harga Mobil Toyota Calya Bekas dan Baru, serta Spesifikasi

Hadir sebagai pelengkap dunia kendaraan MPV Indonesia, Toyota Calya nampak menyasar segmen menengah ke bawah dengan mematok harga yang tidak terlalu mahal untuk mobil barunya. Maka dari itu, tak heran Toyota Calya disebut sebagai MPV LCGC (Low Cost Green Car) yang murah, irit bahan bakar dan ramah lingkungan.

Meski termasuk mobil murah, tapi apakah fitur-fitur yang ditawarkan didalamnya standar-standar saja? Di bawah ini otomart telah merangkum detil informasi dari Toyota Calya mencakup mesin, eksterior, interior serta fitur keamanan dan keselamatan, supaya anda bisa melihat apakah Toyota Calya layak dijadikan mobil andalan keluarga anda.

Mesin

Toyota Calya diproduksi ke dalam 2 varian, yakni varian E dan G. Masing-masing varian tersedia versi transmisi manual dan otomatisnya. Untuk dapur pacunya, Toyota Calya dibekali mesin berkapasitas 1.2L dengan seri mesin 3NR, 4 silinder segaris, 16 Valve, teknologi DOHC dan mesin Dual VVT-i.

Dengan kapasitas mesin yang hanya 1.2L, jangan diharapkan Toyota Calya akan sebaik Toyota Avanza dari segi performa. Daya yang dapat dengan maksimal dihasilkan hanya sebesar 88Ps/6000Rpm dan torsi hanya sebesar 11Kgm/4200Rpm.

Performa tersebut dipadukan dengan kapasitas tangka 36L, dengan demikian Toyota Calya jelas memang didesain sebagai kendaraan perkotaan. Tapi, anda dapat menambahkan nilai plus kepada Toyota Calya dengan hadirnya suspensi MacPherson Strut ber-Coil String dan Stabilizer, serta Torsion Beam yang juga dilengkapi Coil String dan Stabilizer.

Eksterior

Dari segi desain eksterior, Toyota Calya sedikit memiliki kemiripan dengan mobil LCGC murah Toyota, Toyota Agya. Konsep ‘keen look’ yang merupakan konsep andalan mobil Toyota lainnya masih tetap dipertahankan. Walau dicipta untuk masuk ke pasar MPV, tapi Toyota Calya masih mengusung konsep mobil compact yang muat untuk 7 penumpang.

Foglamp didesain dengan lekuk bumerang yang dilapis krom untuk menambah kesan eksklusif. Desain lampu belakang dengan karakter modern untuk menambah kesan bagian belakang yang lebih lebar, serta mirip dengan Toyota All New Kijang Innova. Velg alloy berukuran 14 inchi dengan dua tone warna. Keseluruhan desain Toyota Calya merupakan konsep desain yang minimalis dan sederhana, tapi tetap tidak kehilangan nuansa elegannya.

Interior

Setelah melihat desain eksterior Toyota Calya yang minimalis dan compact, anda akan terkejut melihat bagian dalam Toyota Calya, karena anda akan menemukana bahwa Toyota Calya memiliki kabin yang cukup lapang dan lega untuk menampung 7 penumpang di dalamnya.

Di bagian depan anda akan melihat dashboard dengan penataan beberapa fungsi kontrol yang rapi dan ergonomis. Tombol pengaturan audio standar terpasang dengan apik tanpa kehadiran layar LCD touchscreen. Pengaturan AC, combination meter dengan warna amber illumination, armrest untuk kursi depan, headrest di setiap kursi, lipat kursi baris kedua hanya dengan 1 kali sentuhan, ruang yang lega untuk kaki di kursi baris ketiga, slot untuk mengisi ulang daya smartphone di baris kedua, serta spion elektrik.

Fitur Keamanan dan Keselamatan

Setelah melihat kondisi mesin, eksterior, serta interior Toyota Calya, mari kita melihat bagaimana fitur keamanan dan keselamatan yang disematkan ke dalamnya.

Toyota Calya dilengkapi dengan sistem keamanan yang optimal untuk membuat penumpang berkendara dengan rasa aman dan nyaman. Seatbelt 3 point dengan pretensioner dan force limiter, kunci dengan teknologi immobilizer untuk menghindari bahaya pencurian mobil, serta anti-theft system untuk memberikan ketenangan dan keamanan tambahan.

Beberapa pengamanan lain adalah Dual SRS Airbag, ISOFIX standar internasional untuk keamanan anak, pengereman tambahan ABS untuk kualitas pengereman yang lebih solid dan responsif, rear parking sensor untuk mempermudah pengemudi ketika parkir.

Harga Mobil Toyota Calya Bekas dan Mobil Baru di Tahun 2017

Selain fitur-fitur yang mengejutkan, harga Toyota Calya lebih mengejutkan. Harga mobil baru Toyota Calya versi E dibanderol mulai 134 jutan (harga OTR Jakarta), dan yang paling mahal adalah versi G transmisi otomatis seharga 152 juta an.

Adapun harga mobil Toyota Calya bekas dijual mulai 119 juta an untuk Calya tipe E dan 129 juta an untuk Calya tipe G, dengan tahun keluaran 2016. Harga tersebut tentu berbeda-beda di tiap daerah, terutama di luar pulau Jawa harganya bisa meningkat pesat.

Varian Kapasitas Mesin Tenaga / Torsi Harga OTR*
1.2 E M/T 1197 cc 87 hp / 108 Nm Rp 144.900.000 Cek Harga
1.2 E A/T 1197 cc 87 hp / 108 Nm Rp 147.600.000 Cek Harga
1.2 G A/T 1197 cc 87 hp / 108 Nm Rp 163.400.000 Cek Harga
1.2 G M/T 1197 cc 87 hp / 108 Nm Rp 151.200.000 Cek Harga

*) Harga mobil di atas merupakan merupakan harga OTR Jakarta

oto garansi
info harga mobil terbaru oto
rekomendasi showroom