SUZUKI ERTIGA

Suzuki Ertiga adalah mobil berjenis MPV yang diproduksi oleh Suzuki sejak tahun 2012. Sesuai namanya, mobil ini mempunyai 3 baris pada bagian interiornya dengan kapasitas sebanyak 7 orang penumpang dewasa. Suzuki Ertiga merupakan perpaduan antara MPV dengan sedan, yaitu dengan platform Suzkui Swift generasi ketiga.

Seri mobil SUZUKI ERTIGA

Model Produksi 2012 - sekarang

Suzuki New Ertiga, Makin Mengerti

Suzuki New Ertiga merupakan kendaraan berjenis low MPV. New Ertiga merupakan persembahan terbaru dari Suzuki yang makin mengerti keluarga Indonesia dengan desain eksterior yang semakin menawan serta fitur-fitur pada bagian interior yang membuat Anda semakin nyaman.

Spesifikasi Mobil Suzuki Ertiga

Suzuki Ertiga merupakan salah satu mobil bersegmen low MPV yang cukup laris di pasaran otomotif Indonesia. Saat ini generasi terbaru Suzuki Ertiga telah dirilis oleh PT SIS dengan tampilan baru pada bagian eksterior dan interiornya sehingga tampil lebih stylish dibandingkan dengan para pendahulunya.

Mesin

Suzuki Ertiga mengandalkan mesin K14B DOHC 4 silinder segaris 16 katup dengan kaapsitas mesin 1.400 cc. Mesin berjenis Variable Valve Timing (VVT) itu didukung oleh fitur Multi Point Injection (MPI) serta Metal Timing Chain dan Drive Wire Technology. Mesin pada Suzuki Ertiga ini akan menghasilkan tarikan mesin yang bertenaga namun tetap halus. Selain itu, mesin tersebut mampu membuat mobil ini mantap melesat di segala situasi tak terduga ketika bepergian jauh. Kehadiran sistem pembakaran injeksi juga pastinya akan membuat mesin Suzuki Ertiga akan tetap irit dalam hal konsumsi bahan bakar.

Mesin ini sanggup memuntahkan daya maksimum sebesar 92 PS pada putaran mesin 6.000 rpm, serta torsi sebesar 130 Nm pada putaran mesin 4.000 rpm. Sama seperti MPV pada umumnya, New Suzuki Ertiga ditunjang dengan model penggerak roda depan (front wheel drive) sehingga membuat performa mobil menjadi responsif serta irit bahan bakar dikarenakan tenaga mesin dapat langsung didistribusikan ke bagian roda penggerak. Meski terdiri dari tiga pilihan varian dengan masing-masing tipenya, namun secara umum spesifikasi Suzuki Ertiga ini mengusung mesin yang sama, baik untuk varian standar, Sporty, maupun varian Ertiga Ellegant.

Eksterior

Suzuki Ertiga masih tetap mempertahankan basis desain bodi seperti generasi lamanya. Namun meski begitu, Suzuki tetap memberikan sentuhan wajah baru yang menjadikan New Ertiga menjadi lebih stylish. Suzuki Ertiga sendiri memiliki tiga pilihan tipe, yakni Ertiga Standar, Ertiga Sporty, dan juga Ertiga Ellegant. Ketiga versi dari Ertiga ini memiliki ukuran tubuh 4.265 x 1,695 x 1,685 mm dengan bobot masing-masing berbeda. Jika diperhatikan sekilas, Suzuki Ertiga ini memang memiliki ukuran tubuh paling pendek jika dibandingkan dengan Toyota Avanza atau Honda Mobilio.

Namun justru tubuh yang tergolong tak terlalu besar ini akan membuat Ertiga lebih mudah dikendalikan. Kemudian jika dibandingkan dengan versi terdahulu, Suzuki Ertiga versi baru ini tampil lebih stylish dengan beberpa perubahan di sektor bodi, seperti desain headlight yang lebih tajam. Kemudian, pada front grill kini terlihat lebih minimalis dengan hanya tiga tingkat dilapisi warna full chrome. Tak lupa, pada foglamp Suzuki Ertiga versi baru kini menggunakan reflektor yang berbentuk lebih sederhana dan ditambahi bezel berwarna hitam yang membuatnya terlihat lebih elegan.

Untuk menambahkan kesan stylish, pada bodi sisi samping Suzuki Ertiga sudah ditambahkan New Electric Foldable Outside Mirror (tipe GX), dan New Alloy Wheel (tipe GL & GX). Selain itu, spesifikasi Suzuki Ertiga versi baru ini juga sudah mengalami perubahan pada bagian bumber belakangnya.

Interior

Versi baru Ertiga ini sejatinya juga masih mempertahankan konsep desain interior versi lamanya, namun tentunya dengan sedikit perubahan. Pada bagian setir, New Suzuki Ertiga masih didominasi dengan warna hitam dengan penggunaan material yang sama dengan pendahulunya. Namun, konsep dashboard pada New Ertiga dibuat dengan konsep lebih segar, seperti pada perubahan warna yang lebih soft. Interior pada New Suzuki Ertiga juga terlihat lebih mewah dengan adanya New Pattern Fabric pada masih-masing joknya. 

Suzuki juga memberikan perubahan warna pada karpet, tuas tranmisi, dan juga rem tangan. Generasi baru Suzuki Ertiga ini juga memiliki ruang bagasi yang lebih luas. Selanjutnya, pada bagian audio New Ertiga kini nampak lebih mewah dengan tampilan dan juga desain panel audio yang baru. Perubahan berikutnya adalah adanya penambahan Accessories Socket pada bagian belakang Console Box baris ke-2 yang bisa digunakan penumpang untuk men-charging perangkat gadget. Perubahan spesifikasi Suzuki Ertiga pada bagian interior juga dapat dilihat pada kursi baris ketiga yang sudah menerapkan sistem split 50:50 sehingga memungkinkan pengendara dapat membawa barang bawaan yang lebih banyak dengan cara melipat kursi pada bagian belakang.

Fitur Keselamatan dan Keamanan

Untuk fitur keamanan dan keselamatan, New Ertiga ini sudah lengkap fitur-fitur fungsional seperti contohnya adalah rem ABS plus EBD. Kemudian ada juga penambahan New Parking Censore untuk Suzuki Ertiga tipe tertinggi (Ellegant). Fitur ini dapat memudahkan pengemudi saat ingin memarkir kendaraannya. Selain itu, ada juga fitur Auto Up Window yang terletak di bagian kabin pengemudi.

Untuk bagian keamanan, Suzuki Ertiga versi baru ini telah dilengkapi dengan adanya Dual Airbags yang sudah cukup untuk melindungi penumpang dan pengendara di kabin paling depan. Airbags tersebut ditempatkan pada dashboard dan steering wheel. Lalu, kecanggihan Suzuki Ertiga ini juga nampak dengan adanya fitur Side Impact Beam sebagai standar keselamatan ketika terjadi kecelakaan. Fitur ini akan berfungsi saat terjadi kecelakaan sehingga secara otomatis pintu tak akan mengunci.

Tak lupa pula, sabuk pengaman juga telah dihadirkan di semua kursi Suzuki Ertiga ini. Di dalam kabin New Ertiga pun juga sudah dilengkapi dengan Child Proof Rear Door Locks pada pintu belakang mobil. Terakhir, spesifikasi Suzuki Ertiga pada fitur keamanan juga sudah menggunakan sistem Keyless Entry dan Immobilizer sehingga mobil ini tidak akan bisa dinyalakan kecuali dengan kunci yang asli.

Harga Mobil Suzuki Ertiga

Suzuki Ertiga mempunyai tiga varian tipe, yaitu GA, GL dan GX. Untuk tipe GA dengan menggunakan transmisi manual dibanderol dengan harga Rp. 186 juta, untuk Tipe GL bertransmisi manual dibanderol dengan harga Rp. 202,5 juta, sedangkan tipe GL yang bertransmisi otomatis dijual dengan harga Rp. 215 juta. Tipe GX transmisi otomatis dibanderol dengan harga Rp. 226,5 juta. Sedangkan untuk tipe yang sama dengan transmisi manual, dibanderol dengan harga Rp. 214 juta.

Varian Kapasitas Mesin Tenaga / Torsi Harga OTR*
1.4 GA M/T 1400 cc 97.3 hp / 128 Nm Rp 186.000.000 Cek Harga
1.4 GL M/T 1400 cc 91 hp / 130 Nm Rp 202.500.000 Cek Harga
1.4 GL A/T 1400 cc 97.3 hp / 128 Nm Rp 215.000.000 Cek Harga
1.4 GX A/T 1400 cc 97.3 hp / 128 Nm Rp 226.500.000 Cek Harga
1.4 GX M/T 1400 cc 95 hp / 130 Nm Rp 214.000.000 Cek Harga

*) Harga mobil di atas merupakan merupakan harga OTR Jakarta

rekomendasi showroom