MODEL SUKUZI

Suzuki Motor Corporation didirikan pada tahun 1909 dan berpusat di Minami-ku, Hamamatsu, Jepang. Suzuki saat ini merupakan perusahaan yang memproduksi kendaraan bermotor berupa mobil, sepeda motor, mesin, dan ATV.

Pendiri Suzuki Motor Corporation adalah Michio Suzuki, yang merupakan seorang matematikawan Jepang. Suzuki Motor Corporation didirikan sebagai Suzuki Loom Works pada awalnya. Namun, sang pendiri, Michio Suzuki kemudian tertarik untuk melangkah ke bidang bisnis automobiles di tahun 1937.

Produksi kendaraan bermotor pertama Suzuki yakni kendaraan beroda dua yang diberi motor dan dinamai ‘Power Free’. Di tahun 1954, Suzuki telah memproduksi 6000 sepeda motor per bulan, dan kemudian berganti nama perusahaan menjadi Suzuki Motor Co., Ltd.

Tahun 1961, Suzuki Motor Corporation memproduksi Suzulight Carry 360cc yang dibuat di Toyokawa plant. Kemudian tahun 1963, didirikan anak perusahaan Suzuki di Los Angeles dengan nama U.S Suzuki Motor Corp.

Beberapa produksi automobile Suzuki Motor Corporation secara berurutan antara lain Fronte 800 (1965), Fronte 360cc (1967), Carry Van 360cc (1968).

FOUNDER PROFILE

Michio Suzuki adalah yang pertama kali mendirikan Suzuki Corporation. Namun, pada awalnya perusahaan Michio bergerak di bidang penenunan dan bernama Suzuki Loom Works.

Michio Suzuki adalah seorang matematikawan Jepang dan pernah menempuh pendidikan tinggi di Universitas Tokyo dan Universitas Illinois, dimana ia sempat menjadi profesor di Universitas yang terletak di Urbana - Champaign tersebut.

Michio Suzuki

1887–1982

EVOLUSI MOBIL SUZUKI

1976

Suzuki Pick Up ST10 ini menjadi kendaraan niaga yang dipasarkan pertama Indonesia. mobil yang akrab disapa Suzuki “Truntung” ini memiliki keunikan tersendiri, selain tipe mobil ini yang 2 tak (two stroke) mobil ini ternyata tidak menggunakan oli mesin seperti kendaraan pada umumnya.

1976

Berbarengan dengan Suzuki Pick Up ST10, Suzuki merilis mobil berpenumpang untuk pertama kalinya di Indonesia, dengan nama Suzuki Fronte (generasi ke empat). Di Jepang sendiri, model ini sudah ada sejak tahun 1962 dengan nama Suzulight Fronte TLA.

1977

Mobil ini merupakan pengembangan dari seri ST10 dengan nama Super Carry ST20. Mobil ini sangat populer di jamannya, dimana Suzuki mengeluarkan dua jenis yaitu, jenis station (minibus) dan jenis pick up. Meski “hanya” memiliki isi silinder 550cc, mobil ini terkenal tangguh.

1979

Secara global Suzuki Jimny sudah diproduksi sejak tahun 1968 namun baru masuk Indonesia pada tahun 1979. Adalah Suzuki LJ50 bermesin 550 cc yang menjadi Jimny pertama dijual di Indonesia. Di Indonesia, mobil ini dikenal dengan sebutan Jimny Jangkrik.

1982

Jimny generasi kedua ini memiliki isi silinder 1000cc, Jimny SJ410 ini memiliki bentuk body lebih bagus dari generas pertama dengan menghilangkan sudut-sudut kaku mobil. Mobil ini memiliki banyak varian diantaranya : SJ410 Samurai, Jimny Katana, Jimny Sierra, Jimny carribean.

1985

Di Jepang, mobil ini disebut Suzuki Cultus. Mobil ini dijual di tujuh negara dengan nama yang berberda. Di Indonesia sendiri, mobil ini memiliki nama Suzuki Forsa, kelebihan Suzuki Forsa adalah konsumsi BBMnya irit dengan mesin yang badel. Hal ini dikarenakan bobot Suzuki Forsa yang ringan dipadukan dengan mesin 1000cc.

1996

Pada tahun ini, Suzuki merilis sedan terbarunya yaitu Suzuki Baleno 1.6 sebagai generasi pertama. Setelah itu berturut-turut Suzuki mengeluarkan generasi berikutnya, Baleno 1.5 pada 1999 silam dan dilanjutkan dengan Baleno NextG 1.5 di 2002. Terakhir diluncurkan Neo Baleno di 2004.

2004

Sejak pertama kali diluncurkan, APV sangat menarik perhatian masyarakat Indonesia. Mobil berjenis MPV ini di Produksi di Indonesia, dan di ekspor ke berbagai negara di Amerika Selatan, Amerika Tengah, Australia dan beberapa negara Asia seperti, Malaysia, Singapura, Thailand, Brunei.

Suzuki Indomobil Motor

Suzuki di Indonesia Di Indonesia, PT Suzuki Indomobil Sales merupakan perusahaan yang memproduksi serta mamasarkan produk-produk kendaraan Suzuki di Indonesia.

Lebih dari 90% saham PT Suzuki Indomobil Sales dimiliki oleh Suzuki Motor Corporation Jepang, sisa saham dimiliki oleh PT Indomobil Sukses. Oleh karena hampir keseluruhan saham dimiliki oleh Suzuki Motor Corporation, maka hal-hal prinsipil dipegang oleh Suzuki Motor Corporation.

PT Suzuki Indomobil Motor bertindak sebagai agen tunggal, sementara PT Suzuki Indomobil Sales bertindak sebagai distributor tunggal yang berhubungan dengan main dealer di seluruh Indonesia.

MANUFAKTURING

  • Kantor dan Plant (pabrik) Penjualan, Pemasaran, dan Pelayanan
    Jl. Raya Bekasi Km. 19, Pulogadung Jakarta 13920, Indonesia
  • Cakung Plant - Manufaktur dan Perakitan Mesin dan Transmisi untuk Produk Mobil dan Motor
    Jl. Raya Penggilingan, Cakung Jakarta Timur
  • Tambun Plant I - Kantor Administrasi, Manufaktur Komponen Bodi dan Perakitan Motor
    Jl. Raya Diponegoro KM 38.2 Tambun, Jawa Barat, Indonesia
  • Tambun Plant II - Manufaktur Komponen dan Perakitan Mobil
    Jl. Raya Diponegoro KM 38.2 Tambun, Jawa Barat, Indonesia
  • Suzuki Parts Centre - Pengerjaan Suku Cadang
    Jl. Raya Diponegoro KM 38.2 Tambun, Jawa Barat, Indonesia
  • Manufaktur Komponen Bodi dan Perakitan Mobil Manufaktur dan Perakitan Mesin dan Transmisi Mobil
    Kawasan Industri GIIC Blok AC no. 1 Cikarang Pusat Bekasi, Jawa Barat
PT. SUZUKI INDOMOBIL MOTOR

Kantor Pusat
Jl. Raya Bekasi Km. 19, Pulogadung
Jakarta 13920, Indonesia
Telp (021) 29554800(hunting),
Fax (021) 29554801/802

Pemegang Saham
94,94%
Suzuki Motor Corporation
PT Indomobil Sukses International : 4,555%
PT Serasi Tunggal Karya : 0,51%
PT. SUZUKI INDOMOBIL SALES

Kantor Pusat
Jl. Raya Bekasi Km. 19, Pulogadung
Jakarta 13920, Indonesia
Telp (021) 29554800(hunting),
Fax (021) 29554801/802

Pemegang Saham
99%
Suzuki Motor Corporation
PT Indomobil Sukses International : 1%

DEALER INFO

Dealer Suzuki khusus untuk produk automobile ada sekitar 3800 dealer di Indonesia. Masing-masing dealer tersebut memiliki beragam pelayanan, mulai dari dealer sales, servis, dan spareparts sebanyak 163 dealer, 44 dealer servis dan spareparts, 116 dealer servis, 3489 dealer spareparts shop, serta 41 dealer body & paint.

Restu Mahkota Karya

Restu Mahkota Karya adalah dealer resmi Suzuki. Dealer ini sudah ada sejak tahun 1974, serta melayani penjualan mobil Suzuki APV, Splash, Swift, Suzuki Grand Vitara, serta Suzuki Karimun Wagon R. Layanan lain yang diberikan antara lain servis dan suku cadang. RMK merupakan dealer dengan basis lokasi di Jakarta, Banten, dan Jawa Barat.

Sejahtera Buana Trada

Sejahtera Buana Trada adalah dealer resmi Suzuki dengan jaringan dealer tersebar di Jakarta, Bogor, Tangerang dan Bekasi. PT Sejahtera Buana Trada dulunya adalah PT Buana Indomobil Trada. Pelayanan meliputi penjualan (sales), servis dan spare part.

Dwiperkasa Mobiltama

Dwiperkasa Mobiltama merupakan dealer resmi Suzuki yang telah berdiri sejak tahun 1988. Dealer ini melayani penjualan mobil, servis, dan spare part, untuk pelanggan yang berada di daerah Jabodetabek dan Serang.

3800

JUMLAH DEALER

Tersebar di wilayah Indonesia antara lain:
  • Dealer
  • Dealer Service & Spareparts
  • Dealer Service
  • Dealer Spareparts Shop
  • Dealer Body & Paint
163

DEALER

Tersebar di wilayah Indonesia
44

DEALER SERVICE & SPAREPARTS

Tersebar di wilayah Indonesia
116

DEALER SERVICE

Tersebar di wilayah Indonesia
3489

DEALER SPAREPARTS SHOP

Tersebar di wilayah Indonesia
41

DEALER BODY & PAINT

Tersebar di wilayah Indonesia

GLOBAL MARKET SHARE

Saham global Suzuki Motor Corporation:
Suzuki Motor Corporation cukup aktif dalam membeli saham perusahaan asing, misalnya di tahun 2012 ia meningkatkan sahamnya di automaker India, Maruti, dari 50% menjadi 54%.

Suzuki Motor Corporation Jepang juga memiliki sebanyak 94,94% saham PT Suzuki Indomobil Motor, 4,55% nya dimiliki oleh PT Indomobil Sukses International, dan 0,51% dimiliki oleh PT Serasi Tunggal Karya.

Di PT Suzuki Indomobil Sales, Suzuki Motor Corporation memiliki saham sebesar 99% dan 1% sisanya dimiliki oleh PT Indomobil Sukses International.Beberapa negara di Asia dimana Suzuki memiliki saham didalamnya antara lain:

VIETNAM
  • Vietnam Suzuki Corp.
TAIWAN
  • Tailing Motor Co., Ltd.
LAOS
  • Santiphab Suzuki Lao Factory
KAMBOJA
  • Camodia Suzuki Motor Co., Ltd.
FILIPINA
  • Suzuki Philippines Inc.
INDONESIA
  • PT. Suzuki Indomobil Motor
CHINA
  • Chongqing Changan Suzuki Automobile Co., Ltd
  • Jiangzi Changhe Suzuki Automobile Co., Ltd
  • Jinan Qingqi Suzuki Motorcycle Co., Ltd
  • Dachangjiang Motorcycle Co., Ltd
  • Changzhou Haojue Suzuki Motorcycle Co., Ltd
THAILAND
  • Thai Suzuki Motor Co., Ltd.
  • Suzuki Motor (Thailand) Ltd.
MYANMAR
  • Suzuki (myanmar) Motor Co., Ltd.
INDIA
  • Maruti Suzuki India Limited
  • Suzuki Motor Gujarat Private Limited
  • Suzuki Motorcycle India Private Limited
PAKISTAN
  • Pak Suzuki Motor Co., Ltd.

Relationship with other maker
Tahun 2016 lalu, media autonews sempat memberitakan kemungkinan partnership antara Toyota dan Suzuki dalam hal pengembangan konsep Green Car. Kolaborasi ini untuk saling melengkapi kekurangan masing-masing dalam menghadapi dunia otomotif yang semakin ketat persaingan.

Selama ini Suzuki kuat dalam hal mobil kompak dengan harga ekonomis, sementara Toyota kuat dalam teknologi R&D serta mobil-mobil berukuran besar.

Sebelumnya, Suzuki juga sempat menjalin kerjasama dengan automaker asal Barat, yakni VW (Volkswagen). Namun, media autonews memberitakan kerjasama tersebut berakhir kegagalan di tahun 2015.

Marketing Strategy
Suzuki Motor Corporation memiliki beberapa strategi marketing untuk melancarkan produknya masuk ke pasar global. Di Indonesia, Suzuki memiliki beberapa strategi untuk memasarkan produknya yaitu melalui:

  • Inovasi produk
    Produk inovasi dari Suzuki yang cukup terkenal yakni Suzuki Ertiga yang didukung transmisi otomatis dan AC Double Blower. Pelanggan yang ingin varian mewah bisa memilih versi Suzuki Ertiga Elegant.

    Selain itu, Suzuki juga membuat versi mobil kompak melalui peluncuran Suzuki Splash Matic dan Karimun Wagon R di tahun 2013.

    Ada juga sedan hatchback kelas sport yakni Suzuki Swift Sport dengan teknologi yang lebih modern. Dengan begini, Suzuki mampu bersaing di pasar mobil dalam negeri dan hadir sebagai pesaing automaker handal lain seperti Honda dan Toyota.
  • Menambah jumlah dealer
    Untuk menjangkau masyarakat yang lebih banyak, tentu dealer harus ditambah. Dealer selain berfungsi sebagai penjualan, juga untuk layanan after sales seperti servis dan spareparts.

    Suzuki bahkan sempat meluncurkan layanan Express Maintenance dimana pelanggan yang ingin menservis kendaraannya bisa menikmati layanan servis dua kali lebih cepat daripada layanan servis reguler.