CARI MOBIL NISSAN

NISSAN

Saat ini, Nissan Motor Company memproduksi mobil di bawah merek Nissan, Datsun, dan Infiniti. Nissan sendiri terkenal sebagai produsen mobil elektrik (Electric Vehicle – EV) terbesar di dunia, dengan penjualan mencapai 275.000 EV di pertengahan Desember 2016.

Nissan Motor Company Ltd merupakan automaker asal Jepang. Kantor pusat Nissan Motor Company Ltd berada di wilayah Ginza, Tokyo tetapi pada tahun 2011 mereka memindahkan kantor pusatnya ke wilayah Nishi-ku, Yokohama.

Sejarah perusahaan mencatat bahwa cikal bakal Nissan Motor Company adalah The Kwaishinsha Motor Car Works dan Nissan Zaibatsu. The Kwaishinsha Motor Car Works merupakan perusahaan yang didirikan oleh Masujiro Hashimoto pada tahun 1911.

Tahun 1914 perusahaan ini memproduksi mobil pertama dengan nama DAT, yang merupakan singkatan nama dari pembuatnya, yakni Den Kenjiro, Aoyama Rokuro, dan Takeuchi Meitaro. Di tahun 1918 perusahaan berganti nama menjadi Kwaishinsha Motorcar Co., Ltd dan berganti lagi menjadi DAT Jidosha & Co., Ltd di tahun 1925.

Tahun 1926, DAT Jidosha & Co., Ltd bergabung dengan Jitsuyo Jidosha Seizo (produsen truk kecil dengan basis di Osaka), menjadi DAT Jidosha Seizo Co., Ltd Automobile Manufacturing Co., Ltd. Perusahaan ini memproduksi mobil dan truk dengan merek Lila. Tahun 1931, DAT memproduksi mobil yang lebih kecil dan diberi nama Datsun Tipe 11. Tahun 1933, Nissan Zaibatsu mengambil alih DAT Motors.

Tidak banyak yang tahu bahwa nama Nissan merupakan nama perusahaan induk Nihon Sangyo yang didirikan oleh Yoshisuke Aikawa. Nissan sendiri merupakan singkatan dari Nihon Sangyo yang kala itu sering dipakai di Tokyo Stock Exchange.

Tahun 1934, Yoshisuke Aikawa memisahkan divisi automobilnya dan membuatnya sebagai anak perusahaan yang dinamai Nissan Motor Co., Ltd.

Yoshisuke Aikawa

FOUNDER PROFILE

Masujiro Hashimoto merupakan founder dari The Kwaishinsha Motor Car Works, perusahaan yang menjadi cikal bakal dari Nissan Motor Corporation. The Kwaishinsha Motor Car Works didirikan pada tahun 1911, dan kemudian menjadi DAT Jidosha Seizo di tahun 1926.

Sementara itu, Yoshisuke Aikawa merupakan founder dari Nissan Zaibatsu, sebuah grup perusahaan yang pada akhirnya mengambil alih DAT Jidosha Seizo dan menjadikannya Nissan Motor Co., Ltd.

EVOLUSI MOBIL NISSAN

1937

Datsun type 15 ini adalah kendaraan pertama yang diproduksi di Jepang secara masal. Jenis lain type 15 ini adalah model pickup dan van.

1957

Nissan Skyline pertama kali di produksi pada tahun 1957, mobil ini tersedia dalam tiga varian (sedan, coupe & station wagon). Namun station wagon dihilangkan pada tahun 1989, mobil ini sangat populer di Jepang pada tahun 1980-an ketika keluar seri GT-R yang berperforma tinggi. Hingga saat ini Skyline sudah memasuki generasi ke-11.

1981

Nissan Sunny merupakan mobil di kelas sedan untuk berkompetisi dengan merk lainnya, yang kala itu dikuasai oleh Toyota Corolla. Di Indonesia, mobil ini banyak digunakan sebagai kendaraan taksi pada saat itu. Di negara lain seperti Amerika Serikat, mobil ini diberi nama Nissan Sentra.

1989

Infiniti Q45 merupakan kendaraan sedan mewah yang dikeluarkan oleh Infiniti (divisi mobil mewah Nissan). Awalnya Merk Infiniti dikeluarkan di Amerika Serikat guna memproduksi mobil kelas premium di AS, dimana produk Nissan kebanyakan sudah tidak cocok untuk dipasarkan di AS. Kompetitor infiniti antara lain Lexus, Mercedes-Benz, BMW, Cadillac.

1999

Nissan Frontier diperkenalkan untuk pertama kalinya dengan konsep Pick Up (Truk) 4 pintu. Kendaraan ini menjadi kendaraan resmi penjaga pantai di Los Angeles, AS dan sangat fenomenal ketika tampil di televisi dalam serial “baywatch” pada masa itu. Di Indonesia sendiri kendaraan ini bernama Nissan Navara.

2005

Sebenarnya Nissan Serena Generasi pertama di luncurkan tahun 1991. Namun, mulai masuk indonesia pada tahun 2005 (generasi ketiga) yang diluncurkan di Jepang, dan hanya dijual di Jepang, Hongkong, Malaysia, Indonesia, Singapura, & Brunei.

2006

Secara resmi Nissan Livina diluncurkan dengan dua versi, Grand Livina (MPV) 7 seater, dan Livina X-Gear (Hatchback) 5 seater. Generasi kedua lahir dengan model facelift, dan generasi ketiga lahir dengan nama All New Grand Livina.

2010

Nissan Juke resmi diperkenalkan pada ajang Geneva Motor Show 2010. Crossover unik ini merupakan segmen untuk urban perkotaan, yang memadukan gaya dan kecepatan di jalan raya, khususnya perkotaan.

Indomobil Group

Nissan di Indonesia

Nissan Motor Company Ltd bersama dengan Indomobil Group mendirikan perusahaan joint venture yang diberi nama PT Nissan Motor Indonesia.

Meski begitu, mobil produksi Nissan pertama kali masuk ke Indonesia sejak tahun 1969, bermerek Datsun melalui PT Indokaya yang didirikan oleh H. Abdul Wahab Affan. Baru pada tahun 1980, Indomobil mulai menjual mobil bermerek Nissan di Indonesia.

P.T. Nissan Motor Indonesia (Factory)

Kawasan Industri Kota Bukit Indah, Blok A IIILot 1-14, Purwakarta 41181, Jawa Barat, Indonesia

Major Operations / Products:
Grand Livina, March, X-TRAIL, Juke, Serena, Livina X-Gear, Evalia, Datsun

Tahun Operasi: Oktober 1995

PT Nissan Financial Services Indonesia

Nissan MT Haryono. 3rd Fl JI. MT Haryono Kav. 10 Jakarta 13330, Indonesia
Tahun operasi: November 2013
Phone: 021-856-4764
Fax: 021-856-4756


PT. Nissan Motor Distributor Indonesia (Sales)

Nissan MT Haryono. 3rd Fl JI. MT Haryono Kav. 10 Jakarta 13330, Indonesia
Tahun operasi: November 2013
Phone: 021-856-4764
Fax: 021-856-4756

DEALER INFO

Indomobil Nissan memiliki 113 dealer yang tersebar ke seluruh Indonesia. Layanan yang disediakan meliputi penjualan, servis, dan spare parts. Jumlah dealer Nissan di masing-masing pulau di Indonesia adalah:

14

PULAU SUMATERA

Jumlah Dealer Nissan yang tersebar di pulau Sumatera

82

PULAU JAWA

Jumlah Dealer Nissan yang tersebar di pulau Jawa

3

PULAU BALI

Jumlah Dealer Nissan yang tersebar di pulau Bali

1

LOMBOK

Jumlah Dealer Nissan yang tersebar di pulau Lombok

5

PULAU KALIMANTAN

Jumlah Dealer Nissan yang tersebar di pulau Kalimantan

6

PULAU SULAWESI

Jumlah Dealer Nissan yang tersebar di pulau Sulawesi

1

NUSA TENGGARA TIMUR

Jumlah Dealer Nissan untuk wilayah Nusa Tenggara Timur

MODEL NISSAN

GLOBAL MARKET SHARE

Saham Pasar Global dari Nissan Motor Company di tahun 2011 adalah sebesar 5,8%. Berdasarkan volume produksi, di bawah ini merupakan statistic saham pasar global Nissan dari tahun 1999 hingga 2014 (data dari www.statista.com).

Relationship with other maker
Di tahun 1999, Nissan Motor Group sempat menjalin kerjasama dengan Renault S.A, sebuah automaker asal Prancis. Tahun 2008, Nissan Motor Group memegang saham Renault sebesar 15%, sementara 43,4% saham dimiliki Renault.


Dengan Renault memegang saham lebih besar, susunan Anggota Dewan Perwakilan adalah sebagai berikut:


  • Ketua Dewan: Carlos Ghosn
  • Presiden dan CEO: Hiroto Saikawa
  • Anggota: Greg Kelly

Yang terbaru, yakni di tahun 2017 ini Nissan membentuk aliansi dengan nissan Motors. Sejak tahun 2016, Nissan-Renault mengakuisisi 34% saham dari nissan Motors dengan harga 237 miliar yen atau Rp 28,99 triliun. Penjualan mobil dari aliansi Nissan-Renault-nissan bahkan disebut-sebut mampu menembus posisi 3 besar dunia, mengalahkan GM (General Motors).

Marketing Strategy
Melalui Indomobil Nissan, produk-produk Nissan dapat dinikmati oleh masyarakat Indonesia. Mengedepankan kepuasan pelanggan merupakan misi utama dari Indomobil Nissan. Beberapa diantaranya adalah dengan:

  • Meningkatkan jumlah dealer
    Indomobil Nissan terus meningkatkan jumlah dealer Nissan serta meningkatkan kualitas pelayanan dari dealer kepada pelanggannya.

    Hingga tahun 2015, lebih dari 100 dealer bisa dimanfaatkan oleh pelanggan Nissan di seluruh Indonesia. Layanan yang disediakan meliputi penjualan kendaraan, servis, sparepart, hingga jasa repair body mobil.
  • SMS Broadcast
    Nissan menyediakan layanan SMS Broadcast yang diberi nama Indomobil For You. Bertujuan untuk menampung segala complain dan menindaklanjuti keinginan pelanggan.

    Nissan juga menerapkan teknologi sistem informasi ke dalam Dealer Management System (DMS) dan Human Resources Management System (HRIS) ke dalam aplikasi sales, after sales, finance dan SDM terintegrasi antara dealer satu dengan lainnya.