MODEL MITSUBISHI

MITSUBISHI

Mitsubishi Motors Corporation merupakan automaker asal Jepang, yang didirikan pada tanggal 22 April 1970. Perusahaan ini merupakan bagian dari Mitsubishi Group. Dilihat dari data penjualan produk kendaraannya, Mitsubishi Motors merupakan pabrikan motor terbesar ke 6 di Jepang dan ke 13 di dunia.

Meski tanggal pendirian Mitsubishi Motors Corporation baru pada tahun 1970, tetapi Mitsubishi telah berkecimpung di dunia otomotif sejak tahun 1870 an. Saat ini, kantor pusat Mitsubishi Motors Corporation berada di 33-8, Shiba 5-chome, Minato-ku, Tokyo 108-8410 Jepang.

Berawal dari perusahaan bernama Tsukumo Shokai yang merupakan usaha dari klan Tosa. Perusahaan ini berpisah dari klan Tosa pada tahun 1870, dan tiga tahun kemudian berganti nama menjadi Mitsubishi Shokai dengan pimpinannya adalah Yataro Iwasaki.

Perusahaan terus berkembang, tahun 1917 berdiri Mitsubishi Shipyard yang dikemudian hari dikenal sebagai Mitsubishi Heavy-Industries. Beberapa plant dibangun pada tahun-tahun awal Mitsubishi, seperti Maruko Plant, Mizushima Plant, Kawasaki Plant, dan Kyoto Plant.

Baru pada tahun 1970, Mitsubishi Motors Corporation didirikan. Tahun itu pula, ia menjalin kerjasama dengan Chrysler. Selanjutnya, Mitsubishi Motors Corporation semakin mengembangkan sayapnya ke mancanegara. Misalnya, tahun 1977, mereka membuka kantor di Belanda.

Tahun 1981, mereka berhasil membuka Mitsubishi Motor Sales America, Iuc. (MMSA) untuk menangani distribusi kendaraan Mitsubishi ke Amerika. Tahun 1982, Mitsubishi Motors Corporation dan Mitsubishi Corporation mengambil alih 10% saham Hyundai Motor.

Setahun kemudian (1983) Mitsubishi Motor Corporation dan Mitsubishi Corporation mendirikan joint venture dengan Heavy Industries Corporation of Malaysia (di kemudian hari perusahaan tersebut menjadi PROTON).

Mitsubishi Grup menjunjung 3 prinsip yakni Shoji Hoko (tanggung jawab kepada masyarakat), Shoji Komei (integritas dan keadilan), dan Ritsugyo Boeki (Pemahaman global melalui bisnis).

Yataro Iwasaki

1835-1885

FOUNDER PROFILE

Yataro Iwasaki (1835 – 1885) merupakan pendiri dari Mitsubishi Motors Corporation. Ia lahir dari keluarga petani di Aki, Tosa (sekarang Kochi), Jepang. Iwasaki sempat mengenyam pendidikan di Tokyo menjadi pengajar di sekolah desa, hingga menjadi juru tulis untuk pemerintah Tosa.

Ketika Iwasaki kembali ke Edo (sekarang Tokyo), ia belajar politik dan mulai tertarik untuk terjun ke bisnis industri dan perdagangan luar negeri. Tahun 1868, ia mulai memimpin Tsukumo Tosa Trading Company yang kemudian berganti nama menjadi Mitsubishi.

EVOLUSI MOBIL MITSUBISHI

1917

Mitsubishi A ini merupakan mobil pertama yang di produksi secara masal di Jepang, kala itu orang Jepang masih belajar dalam pembuatan mobil dari Eropa.

1935

Tahun 1935 Mitsubishi melahirkan PX 33, yang menjadi kendaraan dengan gerak roda 4X4 pertama.

1952

Model Henry J ini mobil asal Amerika ini merupakan mobil pertama yang dirakit di Jepang. Henry J berkapasitas mesin 2638 cc.

1969

Mitsubishi Galant edisi pertama dibuat tahun 1969, merupakan kendaraan sedan 4 pintu yang dirakit di Okazaki, Aichi, Jepang.

1970

Mitsubishi Colt T120 merupakan salah satu mobil yang cukup melegenda biasa dan memiliki peran penting pada perkembangan otomotif di Indonesia. Mitshubishi Colt T mendapatkan julukan raja jalanan, karena mereka sangat tangguh dan irit, sekarang pun masih banyak dipakai untuk mengangkut pasir, sayur maupun buah - buahan.

1973

Mitsubishi Lancer generasi pertama lahir di tahun ini. Mobil dengan sebutan Mitsubishi “Evo” inimemiliki tenaga yang besar di kelasnya dan sangat melekat di hati masyarakat Indonesia yang senang dengan performa mesinnya. Hingga saat ini, mobil ini masih diproduksi sudah memasuki generasi ke sembilan.

1982

Mitsubishi Pajero adalah mobil jenis SUV yang dikenal juga sebagai Mitsubishi Montero di Amerika. Hingga saat ini mobil ini masih diproduksi, dengan keluaran terbarunya All New Pajero Sport.

1994

Mitsubishi Delica generasi keempat dirilis tahun 1994, Delica sendiri memiliki arti “Delivery Car”. Cikal bakal mobil ini sebenarnya Colt T100 (generasi pertama). Hingga saat ini Delica sudah memasuki generasi kelima.

Mitsubishi Grup menjunjung 3 prinsip yakni Shoji Hoko (tanggung jawab kepada masyarakat), Shoji Komei (integritas dan keadilan), dan Ritsugyo Boeki (Pemahaman global melalui bisnis)


PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors

Mitsubishi di Indonesia PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia merupakan perusahaan yang bertindak sebagai distributor resmi dari kendaraan Mitsubishi Motors di Indonesia. Kendaraan yang didistribusikan mulai dari kendaraan penumpang hingga kendaraan niaga.

Produk kendaraan dari Mitsubishi Motors telah masuk ke Indonesia sejak 40 tahun yang lalu. Berawal dari pendirian PT New Marwa Motors di tahun 1970, yang merupakan distributor resmi kendaraan Mitsubishi di Indonesia.

Tahun 1973, didirikan PT Krama Yudha Ratu Motor (KRM) yang berfungsi sebagai pabrik perakitan untuk kendaraan truk Mitsubishi, dan PT Mitsubishi Krama Yudha Motors and Manufacturing (MKM) yang berfungsi sebagai pabrik perakitan engine, parts, dan chassis. Sementara itu, PT New Marwa Motors berubah nama menjadi PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB).

Tahun 1981, KTB mengambil alih PT. Pipit Motor Jakarta untuk dijadikan tempat perakitan kendaraan penumpang, dan diberi nama PT. Krama Yudha Kesuma Motor (KKM). PT KTB terus meluncurkan produk-produk kendaraannya, dan hingga tahun 2005, mereka berhasil menjual 1,5 juta unit.

Tahun 2017, mereka merestrukturisasi bisnis dengan mengalihkan peran distribusi kendaraan penumpang dan niaga ringan di Indonesia kepada PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI). Maret 2017 lalu, pabrik Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) telah selesai dibangun dan siap untuk diresmikan pada bulan April 2017.

PT MITSUBISHI MOTORS KRAMA YUDHA
SALES INDONESIA


Jl. Jend A. Yani, Proyek Pulo Mas
Jakarta Timur 13210
Telp: (021) 489-1608 Fax : (021) 475-0765
Email: mmcc@mitsubishi-motors.co.id
Call Center : 0804-1-300-300

FACTORY OFFICE

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia
Kawasan GIIC Blok CH No. 01, Kota Deltamas, Desa Pasirranji, Cikarang Pusat, Kab. Bekasi

SPARE PARTS CENTER

Jl. Madura I, Blok L-17,
Kawasan Industri MM2100 Cibitung,
Kab. Bekasi

DEALER INFO

Tidak sulit untuk mencari dealer Mitsubishi karena saat ini sudah ada ratusan dealer Mitsubishi siap melayani. Meski begitu, 3 dealer di bawah ini merupakan dealer besar dan resmi yang bisa anda jadikan acuan.

Krama Yudha Tiga Berlian Motor

Krama Yudha Tiga Berlian Motor merupakan dealer resmi kendaraan Mitsubishi di Indonesia. Dealer ini mendistribusikan kendaraan penumpang dan kendaraan niaga bermerek Fuso. Dealer ini menyediakan layanan penjualan, servis, hingga spare parts.

Srikandi Diamond Motor

Srikandi Diamond Motor merupakan dealer resmi Mitsubishi yang tersebar di 5 propinsi di Indonesia. Dealer ini menjual kendaraan penumpang, kendaraan niaga baik itu kelas ringan maupun medium. Adapaun pelayanan meliputi: penjualan (sales), servis (perbaikan/bengkel), spare part, body repair, sewa mobil, hingga pembiayaan mobil.

Mitsubishi Berlian Motor

Mitsubishi Berlian Motor merupakan authorized dealear (dealer resmi) untuk kendaraan Mitsubishi. Dealer ini melayani kebutuhan konsumen untuk masalah penjualan, servis, spare parts, aksesoris mobil, modifikasi, dan test drive.

53

SUMATERA

Jumlah Dealer Mitsubishi yang tersebar di pulau Sumatera

131

JAWA

Jumlah Dealer Nissan yang tersebar di pulau Jawa

29

KALIMANTAN

Jumlah Dealer Nissan yang tersebar di pulau Kalimantan

16

SULAWESI

Jumlah Dealer Nissan yang tersebar di pulau Sulawesi

1

MALUKU

Jumlah Dealer Nissan yang tersebar di Maluku

8

BALI

Jumlah Dealer Nissan yang tersebar di pulau Bali

1

LOMBOK

Jumlah Dealer Nissan untuk wilayah Lombok

2

NUSA TENGGARA

Jumlah Dealer Mitsubishi untuk wilayah Nusa Tenggara Barat & Nusa Tenggara Timur

GLOBAL MARKET SHARE

Di Indonesia, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) pada tahun 2015 lalu mencatat peningkatan market share. Dari data penjualan ritel, penjualan kendaraan niaga Mitsubishi (Truk) pada periode Januari hingga Desember 2014 sebanyak 56.270 unit. Jumlah tersebut merupakan gabungan antara produk Colt Diesel (light duty truck) dan Fuso (medium duty truck). Produk truk Mitsubishi Fuso sendiri merupakan produk yang populer dan menyumbang 24,5% penjualan dari total penjualan truk.
Pemegang saham terbesar dari Mitsubishi Motors Coporation adalah

Di Indonesia, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) pada tahun 2015 lalu mencatat peningkatan market share. Dari data penjualan ritel, penjualan kendaraan niaga Mitsubishi (Truk) pada periode Januari hingga Desember 2014 sebanyak 56.270 unit. Jumlah tersebut merupakan gabungan antara produk Colt Diesel (light duty truck) dan Fuso (medium duty truck).

Produk truk Mitsubishi Fuso sendiri merupakan produk yang populer dan menyumbang 24,5% penjualan dari total penjualan truk.

Relationship with other maker
Dalam perjalanan panjangnya, Mitsubishi Motor Corporation sempat menjalin kerjasama dengan banyak automaker lain, baik itu dalam negeri maupun luar negeri. Di tahun 1970 mereka sempat menjalin kerjasama dengan Chrysler, dengan Hyundai Motor di tahun 1982, kemudian menjalin aliansi modal dengan DaimlerChrysler di tahun 2000 (sekarang DaimlerAG), serta kerjasama dengan PSA Peugeot Citroen di tahun 2010.

Setelah sempat terlibat skandal bahan bakar di Jepang, Nissan Motor Corporation mengakuisi sebagian saham Mitsubishi. Saat ini, Nissan Motor Corporation merupakan pemegang saham kedua terbesar dari Mitsubishi Motors, yakni sebesar 34% dari saham Mitsubishi.