THE POWER OF DREAMS

Setiap orang dilahirkan dengan kemampuan untuk berpikir, membuat, dan mimpi. Pada Honda, kami percaya “Power of Dreams” diwujudkan ketika kita bekerja sama untuk membuat mereka nyata. Sukacita menciptakan produk berkualitas yang memiliki dampak positif adalah kunci untuk cara Honda bisnis dan mengapa kita melakukan apa yang kita lakukan untuk Anda.

MODEL HONDA

HISTORI HONDA

Honda didirikan oleh Soichiro Honda, seorang mekanik yang sebelumnya bekerja di bengkel Art Shokai.

Produksi automobil pertama Honda adalah T360 yang merupakan truk mini pick up dan dijual tahun 1963. Honda terus melakukan ekspansi untuk memasarkan produknya hingga akhirnya sukses memasarkan brand Acura ke pasar Amerika di tahun 1986.

Di tahun 1990, Honda sempat kalah saing dengan automaker Jepang lainnya dan terancam diambil alih oleh Mitsubishi Motor yang lebih unggul dari segi volume produksi dan profit dari hasil penjualan brand Pajero dan Diamante mereka.

Namun, Honda bangkit dengan produk generasi pertama Honda Odyssey dan Honda CR-V, sebuah kendaraan dengan tipe kendaraan rekreasional. Di tahun 1995, Honda memunculkan Honda Aicraft Company dengan tujuan produksi pesawat jet di bawah brand Honda.

FOUNDER PROFILE

Soichiro Honda

1906 - 1991

Soichiro Honda merupakan founder dari Honda Motor Company. Ia dilahirkan pada 17 November 1906 di Desa Komyo (sekarang Tenryu), Iwata, prefektur Shizuoka, Jepang. Soichiro adalah putra tertua dari Gihei Honda dan Mika. Gihei merupakan seorang pandai besi yang terampil sementara Mika adalah penenun.

Meski lahir dari keluarga miskin, tapi Soichiro dididik ayahnya untuk disiplin. Ia mewarisi ketangkasan ayahnya dan keingintahuannya yang besar akan mesin. Soichiro Honda kemudian magang di Tokyo Art Shokai, sebuah perusahaan servis mobil.
Karakternya yang sangat antusias dan pekerja keras, penuh ide dan mahir berimprovisasi, serta instingnya yang kuat tentang mesin membuatnya dilirik oleh Yuzo Sakakibara, pemilik Art Shokai. Di Art Shokai ia belajar banyak mengenai bisnis dan mesin dari Sakakibara.

Di tahun 1928, dimana ia akhirnya selesai magang di Art Shokai. Ia kemudian membuka cabang Art Shokai di Hamamatsu. Hingga akhirnya di tahun 1937, dengan bantuan dari Shichiro Kato, ia membuka Tokai Seiki yang menjadi cikal bakal Honda Motor Company.

EVOLUSI MOBIL HONDA

1973

Honda Civic pertama kali diperkenalkan pada Juli 1972 sebagai coupe 2 pintu, diikuti dengan versi hatchback 3 pintu pada September tahun itu juga. Mobil ini menganut sistem gerak roda depan, di mana mesinnya diletakan melintang, sehingga dapat menyediakan ruang interior yang cukup luas walaupun dimensi mobil terbilang kecil.

1976

Generasi pertama Honda Accord mulai dikenalkan pada tanggal 7 Mei 1976, sebagai sedan hatchback 3 pintu bertenaga 68 hp (51 kW), diameter roda 93.7-inch (2,380.0 mm), dan berat kisaran 910 kg. Ukuran kendaraan ini lebih besar dari varian honda lainnya, Honda Civic yang memiliki panjang 162 inches (4,115 mm).

1981

Honda City generasi pertama diperkenalkan November 1981. Diperkenalkan pertama kali dengan hatchback 3 pintu, mobil ini sangat populer di pasar Jepang karena pengaturan kursinya yang baik sehingga bisa menciptakan ruang yang lapang.

1995

Honda Odyssey adalah minivan yang diproduksi oleh produsen mobil Jepang Honda sejak tahun 1994, dipasarkan di seluruh dunia, dan sekarang dalam generasi keempat & kelima.

1996

Honda CR-V generasi pertama diproduksi dari 1996 sampai 2001. Saat itu, hanya 1 model yang tersedia dengan mesin 2.0L (tenaga maks. 126 hp (94kW) dan torsi maks. 180 Nm). Honda CR-V mengalami perubahan minor tahun 1999 dengan adanya perubahan mesin.

2001

Honda Jazz mulai diperkenalkan pada tahun 2001 dan sekarang memasuki generasi ketiga. Nama Honda Jazz digunakan di Eropa, sebagian Asia, Australia, Oceania, Timur Tengah, dan Afrika. Di Jepang, China, dan Amerika, mobil ini dinamai Honda Fit.

2001

Honda Mobilio adalah sebuah MPV mini dengan tujuh tempat duduk yang diproduksi oleh produsen mobil Jepang Honda. Generasi pertama Mobilio yang diproduksi tahun 2001-2008, dan kembali di produksi generasi keduanya tahun 2013.

2008

Honda Freed adalah sebuah MPV mini buatan pabrikan otomotif Jepang Honda sejak 2008. Di negara asalnya, Jepang, Freed digunakan untuk menggantikan Honda Mobilio. Honda Freed generasi pertama dipasarkan di Indonesia sejak 2009, menjadikan Indonesia sebagai negara kedua yang dirilis setelah Jepang.

HONDA DI INDONESIA

Di Indonesia, Honda bekerjasama dengan PT Astra International untuk mendirikan PT Honda Astra Motor (AHM) di tahun 1971. AHM berfokus pada produksi motor, sementara untuk produksi mobil Honda di Indonesia dipegang oleh PT Honda Prospect Motor.

PT Honda Prospect Motor didirikan pada tahun 1999, dan memegang peranan pentingsebagai Agen tunggal Pemegang merk mobil Honda di Indonesia. PT HPM mengimpor serta merakit mobil Honda untuk pasar Indonesia.

Produksi mobil oleh PT Honda Prospect Motor tak hanya diperuntukan bagi pasar dalam negeri, karena sejak tahun 2009, mereka mulai mengekspor kendaraan produksinya ke negara-negara di ASEAN. Di tahun 2014, HPM meresmikan pabrik kedua yang berada di Karawang, Jawa Barat. Dengan diresmikannya pabrik kedua, kapasitas produksi meningkat hingga 200.000 unit per tahun.

HEAD OFFICE

Jl. Gaya Motor I Sunter II, Jakarta 14330.
Phone (62) 21- 6510403, fax. (62)-6512487.

FACTORY OFFICE

Jl. Mitra Utara II, Kawasan Industri Mitrakarawang,
Desa Parungmulya, Kec. Ciampel,Karawang 41361.
Phone (62) 267-440777, fax. (62) 267-440563.

SHARE COMPOSITION

DEALER INFO

Dalam memasarkan produknya ke seluruh Indonesia, Honda Prospect Motor dibantu oleh beberapa dealer yang tersebar di seluruh Indonesia. Saat ini ada sekitar 85 dealer Honda Prospect Motor yang khusus untuk melayani kebutuhan masyarakat Indonesia, baik itu urusan pembelian, penjualan, maupun service.
Namun, ada 3 dealer besar dan resmi yang bisa anda jadikan referensi, yaitu:

PT Imora Motor

PT Imora Motor merupakan dealer resmi Honda. Dealer ini memiliki jaringan dealer yang tersebar di area Jabodetabek. Layanan dealer Imora Motor meliputi penjualan, purna jual, servis, aksesoris, hingga pembiayaan mobil dengan cicilan.

Arista Auto Prima

Arista Auto Prima merupakan perusahaan yang menaungi dealer Honda Arista. Dealer Honda Arista melayani pelanggan lingkup nasional untuk urusan penjualan, purna jual, test drive, servis dan suku cadang. Dealer Honda Arista dapat ditemui di wilayah Jakarta, Medan, Banda Aceh, Pekanbaru, Lampung dan Bengkulu.

Istana Kemakmuran Motor

Istana Kemakmuran Motor merupakan dealer resmi Honda. PT Istana Kemakmuran membawahi dealer-dealer yang tersebar di wilayah pulau Jawa. Layanan dealer ini meliputi penjualan kendaraan, servis, dan body repair.

28

DKI JAKARTA

Jumlah Dealer Honda untuk wilayah Jakarta

1

NANGGORE ACEH DARUSSALAM

Jumlah Dealer Honda untuk wilayah NAD

4

SUMATERA UTARA

Jumlah Dealer Honda untuk wilayah Sumatera Utara

2

SUMATERA BARAT

Jumlah Dealer Honda untuk wilayah Sumatera Barat

3

RIAU

Jumlah Dealer Honda untuk wilayah Riau

2

KEPULAUAN RIAU

Jumlah Dealer Honda untuk wilayah Kepulauan Riau

1

JAMBI

Jumlah Dealer Honda untuk wilayah Jambi

3

SUMATERA SELATAN

Jumlah Dealer Honda untuk wilayah Sumatera Selatan

1

BANGKA BELITUNG

Jumlah Dealer Honda untuk wilayah Bangka Belitung

2

LAMPUNG

Jumlah Dealer Honda untuk wilayah Lampung

10

BANTEN

Jumlah Dealer Honda untuk wilayah Banten

28

JAWA BARAT

Jumlah Dealer Honda untuk wilayah Jawa Barat

17

JAWA TENGAH

Jumlah Dealer Honda untuk wilayah Jawa Tengah

4

YOGYAKARTA

Jumlah Dealer Honda untuk wilayah Yogyakarta

18

JAWA TIMUR

Jumlah Dealer Honda untuk wilayah Jawa Timur

4

BALI

Jumlah Dealer Honda untuk wilayah Bali

1

NUSA TENGGARA TIMUR

Jumlah Dealer Honda untuk wilayah Nusa Tenggara Timur

1

KALIMANTAN BARAT

Jumlah Dealer Honda untuk wilayah Kalimantan Barat

1

KALIMANTAN TENGAH

Jumlah Dealer Honda untuk wilayah Kalimantan Tengah

3

KALIMANTAN SELATAN

Jumlah Dealer Honda untuk wilayah Kalimantan Selatan

3

KALIMANTAN TIMUR

Jumlah Dealer Honda untuk wilayah Kalimantan Timur

1

GORONTALO

Jumlah Dealer Honda untuk wilayah Gorontalo

1

SULAWESI TENGAH

Jumlah Dealer Honda untuk wilayah Sulawesi Tengah

4

SULAWESI SELATAN

Jumlah Dealer Honda untuk wilayah Sulawesi Selatan

1

SULAWESI TENGGARA

Jumlah Dealer Honda untuk wilayah Sulawesi Tenggara

1

BENGKULU

Jumlah Dealer Honda untuk wilayah Bengkulu

1

MALUKU

Jumlah Dealer Honda untuk wilayah Maluku

GLOBAL MARKET SHARE

Tidak seperti Toyota yang memulai tren baru dengan mengakuisisi sebagian saham perusahaan automaker lain (Daihatsu dan Hino), hal yang sama nampak belum dilakukan oleh Honda, meskipun tidak menutup kemungkinan suatu saat nanti.

Langkah yang dilakukan Honda baru sampai di taraf bekerjasama dengan perusahaan lain untuk membuat perusahaan baru (joint venture) seperti PT Astra Honda Motor, PT Honda Prospect Company (Mobil).

RELATIONSHIP WITH OTHER MAKER

Automaker asal Jepang tidaklah sedikit, ini membuat persaingan yang semakin ketat satu sama lainnya. Meskipun demikian, tidak dapat dimungkiri persaingan ketat akan menguntungkan konsumen dari segi penawaran - penawaran yang akan diberikan oleh masing-masing perusahan.

Akan tetapi, bisa jadi 7 automaker asal Jepang (Toyota, Honda, Suzuki, Nissan, Fuji Heavy Industries, Mazda dan Mitsubishi Motors) akan saling berkolaborasi satu sama lainnya. Honda misalnya, Takahiro Hachigo menyatakan kemungkinan untuk berkolaborasi dengan GM (General Motors Company).

MARKETING STRATEGY

Sebagai automaker yang telah berkiprah puluhan tahun di industri otomotif, Honda menerapkan berbagai strategi marketing untuk membantu penjualan produknya. Tiga pilar besar dari strategi marketing Honda adalah:

01
Jaringan dealer yang global
02
Penggunaan media iklan tradisional
03
Meningkatkan visibilitas brand Honda melalui produk - produk Honda

Sebagai contoh, di tahun 1952, Takeo Fujisawa sebagai Managing Director dari Honda Motor Company menulis 50.000 surat kepada toko motor yang ada di Jepang, yang kurang lebih isinya adalah ajakan untuk bergabung dengan Honda untuk menjual motor Honda.

Uniknya, 50.000 surat tersebut ditulis dengan tangan. Kerja kerjasnya ini membuahkan hasil, dari 50.000 surat yang ia kirim, sebanyak 30.000 toko motor merespon ajakannya. Strategi ini kemudian berhasil membuat Honda semakin merajai pasar di dalam negeri.
Lalu, bagaimankah strategi Honda agar mobilnya diterima di pasar dalam negeri Indonesia?

Sejak tahun 2011 hingga sekarang, tren mobil produksi Honda semakin diterima dengan baik oleh masyarakat. Hal ini terbukti dari keberhasilannya menduduki posisi 3 besar dalam penjualan mobil nasional di tahun 2014.


Honda Prospect Motor selaku agen tunggal pemegang merek mobil Honda merupakan faktor dibalik suksesnya mobil Honda di Indonesia. Mulai dari pengenalan produk-produk mobil Honda terbaru, seperti Honda Mobilio (2013), Honda Brio Satya, Honda HR-V (2014), dan Honda BR-V (2015).

Keberhasilan HPM ini tak lain karena mereka mulai memasarkan produk-produk untuk pasar medium low tapi dengan tetap memerhatikan kualitas, sehingga produk dapat dengan cepat merajai pasar.