Daihatsu, dengan mengusung slogan baru “Innovation for Tomorrow” berusaha untuk terus berinovasi demi menciptakan produk-produk yang berkualitas, bermanfaat, serta tetap ramah untuk lingkungan. Dengan pengalaman dalam industry otomotif selama puluhan tahun, Daihatsu terus membangun diri untuk mampu menjadi ‘Merek Global yang Dicintai Seluruh Dunia’.


CARI MOBIL DAIHATSU
MOBIL DAIHATSU



CARI MOBIL DAIHATSU



Daihatsu adalah manufakturer mobil tertua di Jepang, bahkan lebih tua dari Toyota. Ia berdiri sejak tahun 1907, dengan kantor pusatnya berada di Ikeda, prefektur Osaka, Jepang.

Daihatsu merupakan versi penerus dari Hatsudoki Seizo Co., Ltd yang berdiri sejak tahun 1907. Hatsudoki Seizo banyak terpengaruh oleh departemen teknik di Universitas Osaka, yang berkonsentrasi pada pengembangan mesin berbahan bakar bensin.

Di tahun 1930, Hatsudoki berhasil memproduksi kendaraan beroda tiga yang disebut sebagai ‘HA Model’ dan masuk ke pasar penjualan. Model ini adalah model mobil pertama yang diproduksi Daihatsu. Baru pada tahun 1937, mereka mulai menjual model ‘FA model’ yang beroda 4.

Bulan Mei 1939 mulai dioperasikan Ikeda Plant. Nama Daihatsu Motor Co., Ltd mulai digunakan sejak tahun 1951. Beberapa mobil produksi yang diproduksi dan dijual oleh Daihatsu Motor Co., Ltd secara berturut-turut yakni mobil BEE beroda tiga (1951), Midget (1957), Vesta (1958), dan Hijet (1960).

Founder Profile

Profesor Yoshiaki Yasunaga dan Seishiro Tsurumi, yang merupakan kepala dari Osaka Higher Technical School (sekarang School of Engineering, Universitas Osaka), menginisiasi didirikannya Hatsudoki Seizo Co., Ltd yang merupakan cikal bakal dari Daihatsu Motor Co., Ltd.

Pendirian Hatsudoki Seizo juga tak luput dari peran grup pebisnis yang terdiri dari Saneyasu Oka, Masashi Kuwabara, dan Zenjiro Takeuchi.

EVOLUSI MOBIL DAIHATSU


1960

Daihatsu Hijet adalah minibus dan pickup yang diproduksi sejak tahun 1960. Meskipun kesamaan antara nama Hijet dan skema penamaan Toyota untuk truk dan van (Hiace dan Hilux). Hijet mulai masuk ke Indonesia adalah sejak Hijet generasi ke enam muncul yang bernama Daihatsu Hijet Jumbo.

1974

Daihatsu Taft adalah kendaraan berpenggerak 4 roda yang diproduksi oleh Daihatsu pada tahun 1974 sampai 2007. Di beberapa negara, Taft juga dikenal dengan Wildcat atau Scat atau Daihatsu Rugger.

1977

Generasi pertama muncul pada bulan Oktober 1977. Itu adalah front-wheel drive mobil bermesin depan, awalnya hanya tersedia sebagai hatchback lima pintu, didukung oleh 993 cc tiga silinder, semua aluminium mesin (CB20) dengan 50 PS (37 kW).

1994

Mulai diperkenalkan pada tahun 1994 menggantikan Daihatsu Hijet. Daihatsu Zebra Espass merupakan salah mobil yang diminati oleh masyarakat pada awal perjalananya. Model ini terakhir diproduksi pada tahun 2007 dan digantikan oleh Gran Max untuk tipe pikap dan minibus digantikan oleh Luxio.

1999

Daihatsu Taruna adalah mobil untuk segmen small SUV di Indonesia yang menggantikan Daihatsu Feroza. Mulai diperkenalkan pada tahun 1999, produksi dihentikan pada akhir tahun 2006 dengan model terakhirnya "Oxxy", yang berupa minor change dari model sebelumnya.

2003

Daihatsu Xenia adalah nama mobil jenis MPV yang dirancang dan diproduksi bersama oleh Astra Daihatsu Motor dan Toyota Astra Motor. Mobil ini dipasarkan dengan 2 merek: Daihatsu Xenia Toyota Avanza.

2007

Daihatsu Sirion sebenarnya sudah dipasarkan di Jepang sejak tahun 1998 dengan nama Daihatsu Storia. namun, Daihatsu Sirion pertama kali dipasarkan oleh PT Astra Daihatsu Motor pada bulan April 2007, sebenarnya menggantikan Daihatsu Ceria (sekarang digantikan oleh Daihatsu Ayla).

2013

Astra Daihatsu Motor kembali berkolaborasi dengan Astra Toyota Motor memproduksi bersama mobil Low Cost Green Car (LCGC) dengan merk Daihatsu Alya dan Toyota Agya. Alya sendiri berarti “cepat” dan Agya berarti “cahaya” yang diambil dari bahasa Sansekerta.


PT Astra Daihatsu Motor (ADM) merupakan agen tunggal pemegang merek mobil Daihatsu di Indonesia. Melalui Daihatsu Sales Operation (DSO), ADM mampu mengoperasikan jarinan distribusi di seluruh Indonesia. Mengusung slogan “Daihatsu Sahabatku”, Daihatsu di Indonesia terus mengedepankan pelayanan dan inovasi untuk memudahkan pelanggan seperti seorang sahabat yang dapat diandalkan dan terpercaya.

Daihatsu di Indonesia


Daihatsu semakin dikenal produknya di Indonesia melalui perusahaan joint venture antara Daihatsu dan Astra International, yaitu PT Astra Daihatsu Motor pada tahun 1992. Perusahaan inilah yang memegang merek Daihatsu/Toyota di Indonesia.


Daihatsu Motor Co., Ltd dengan pusatnya di Jepang, sejak 1 Agustus 2016 lalu resmi menjadi anak perusahaan Toyota Motor Company setelah semua sahamnya sukses dibeli oleh Toyota.

Produk Daihatsu yang pertama hadir di Indonesia adalah kendaraan beroda tiga yang sering kita sebut sebagai bemo. Bemo pertama kali dikenalkan oleh Daihatsu di Indonesia pada tahun 1962. Sementara operasional untuk perakitan kendaraan Daihatsu di Indonesia baru dimulai pada tahun 1968.

Kini, Astra Daihatsu Motor lebih memfokuskan diri pada produksi mobil kompak di Indonesia. Mobil kompak didefinisikan sebagai mobil-mobil sedan berukuran kecil dengan panjang kurang lebih 4500mm. Mobil kompak didesain untuk 5 penumpang dengan rentang mesing 1,4L hingga 2,2 L. Pasar mobil kompak di dalam negeri menunjukkan tren yang bagus.

Tahun 2012, Toyota dan Daihatsu berkolaborasi dengan meluncurkan mobil kompak hemat BBM serta low budget, dengan merek Astra Toyota Agya dan Astra Daihatsu Ayla. Penjualan mobil Astra Daihatsu Ayla memberikan kontribusi yang besar pada saham Daihatsu.

Manufakturing

Pada tahun 2013, pembangunan pabrik keempat telah selesai dan diresmikan pada bulan April. Dengan tambahan pabrik baru ini kapasitas produksi ADM naik dari 360.000 unit menjadi 480.000 unit per tahun, merupakan yang terbesar di Indonesia.

Pabrik perakitan baru yang berlokasi di Karawang tidak hanya menggunakan proses otomatisasi yang canggih namun juga dilengkapi dengan Pusat Rancang Bangun yang dibangun diatas lahan seluas 25 hektar, termasuk studio desain beserta test course untuk uji coba kendaraan pada lebih dari 20 jenis simulasi kondisi jalan ekstrim yang terdapat di tanah air. Saat ini, beberapa bagian test course telah dimanfaatkan dalam proses pengembangan mobil-mobil baru namun konstruksinya secara penuh diperkirakan selesai pada tahun 2014. Fase terakhir sarana ini yaitu Engineering Center diharapkan akan mulai beroperasi pada tahun 2015. Seluruh infrastruktur Pusat Rancang Bangun ditujukan untuk mempelopori inovasi pengembangan produk-produk secara mandiri di masa yang akan datang.

PT. ASTRA DAIHATSU MOTOR

Kantor Pusat
JL. Gaya Motor III No5. Sunter II. Jakarta 14330, Indonesia
Telp (021) 6510300(hunting), Fax (021) 6510380

didirikan

1978

Pemegang Saham

PT. Astra Daihatsu Motor & Toyota Motor Corporation



Info Dealer

Astra Daihatsu Motor Indonesia dibantu beberapa dealer resmi dalam memasarkan produk-produknya ke seluruh Indonesia. Dealer-dealer tersebut terbagi ke dalam beberapa wilayah provinsi di Indonesia, seperti Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan, Sumatera, dan IBT (Indonesia Bagian Timur). Berikut adalah 3 dealer besar dan resmi milik Daihatsu:

Astra Daihatsu

Dealer Astra Daihatsu yang merupakan distributor resmi kendaraan Daihatsu di Indonesia. Layanan yang diberikan antara lain penjualan, purna jual, servis, spare part, dan pembiayaan.

Asco Daihatsu

Asco Daihatsu merupakan dealer resmi Daihatsu yang berada di bawah naungan Asco Automotive dan Daihatsu Motor. Jaringan dealer Asco Daihatsu tersebar di wilayah Jabotabek, Jawa Barat, dan Jawa Timur. Layanan yang disediakan antara lain layanan penjualan, purna jual, servis, suku cadang, dan tersedia selama 24 jam.

Astrido Group

Astrido Group merupakan perusahaan yang menaungi dealer Astrido Daihatsu. Ada 8 dealer Atrido Daihatsu yang tersebar di area Jakarta, Tangerang, Bekasi, Cikarang, dan Cirebon. Layanan dari dealer Astrido Daihatsu meliputi penjualan mobil baru, servis dan suku cadang, Body paint dan pembiayaan.

67
JABODETABEK
Jumlah Dealer Daihatsu yang tersebar di wilayah Jabodetabek
19
JAWA BARAT
Jumlah Dealer Daihatsu yang tersebar di wilayah Jawa Barat
23
JAWA TENGAH
Jumlah Dealer Daihatsu yang tersebar di wilayah Jawa Tengah
43
JAWA TIMUR
Jumlah Dealer Daihatsu yang tersebar di wilayah Jawa Timur
15
KALIMANTAN
Jumlah Dealer Daihatsu yang tersebar di wilayah Kalimantan
35
SUMATERA
Jumlah Dealer Daihatsu yang tersebar di wilayah Sumatera
20
INDONESIA BAGIAN TIMUR
Jumlah Dealer Daihatsu yang tersebar di wilayah Indonesia Bagian Timur


Global Market Share

Saat ini Daihatsu sepenuhnya menjadi milik Toyota, meski dari segi pendirian perusahaan, Daihatsu lebih dulu berdiri daripada Toyota. Awal mula Daihatsu bergabung dengan Grup Toyota adalah di tahun 1998 ketika Toyota membeli mayoritas saham Daihatsu (51,2%).


Terhitung sejak 1 Agustus 2016, Toyota membeli seluruh sisa aset Daihatsu Motor Company dengan harga 41,1 triliun. Ini menjadikan Toyota sebagai produsen mobil terbesar di dunia. Daihatsu Motor Company akan mewakili Toyota dalam produksi motor kompak, sementara Toyota akan berfokus pada produksi mobil kelas premium.

Daihatsu Motor Company di Indonesia bekerjasama dengan Astra International untuk mendirikan PT Astra Daihatsu Motor. Sebagian saham dimiliki oleh Daihatsu Motor Company dan sebagian milik Astra International.




Marketing Strategy
Daihatsu cukup berhasil dalam memasarkan produknya di Indonesia, terutama dari produk mobil Astra Daihatsu Ayla, sebuah mobil kompak yang mengusung konsep low cost green car (LCGC). Penjualan mobil Daihatsu Ayla mampu mendongkrak pendapatan Daihatsu.

Keberhasilannya patut diacungi jempol. Daihatsu memproduksi mobil Ayla dengan disesuaikan oleh kondisi masyarakat Indonesia. Peminat mobil dengan harga di bawah 200 juta semakin meningkat dengan adanya Daihatsu Ayla.


Selain itu, Strategi lain yang diterapkan untuk mendongkrak penjualan produk adalah dengan memperbanyak jumlah outlet. Mengapa? Karena outlet adalah tempat dimana pembeli akan melihat produk. Semakin banyak outlet, semakin sering dan semakin banyak produk dilihat.

Selanjutnya, meningkatkan standar pelayanan. Standar pelayanan yang baik akan memuaskan konsumen sehingga Daihatsu akan semakin terpercaya.



CARI MOBIL DAIHATSU