DAIHATSU XENIA

Daihatsu Xenia merupakan jenis kendaraan MPV yang dirancang dan diproduksi bersama oleh Astra Daihatsu Motor dan Toyota Astra Motor. Daihatsu Xenia diluncurkan pertama kali pada tahun 2003. Di Indonesia, Xenia dipasarkan dengan 2 merek yaitu Daihatsu Xenia yang dipasarkan oleh Astra Daihatsu Motor, dan Toyota Avanza yang dipasarkan oleh Toyota Astra Motor. Hingga sekarang, Daihatsu Xenia sudah memiliki komunitas pecintanya sendiri dan masih menjadi penopang penjualan Daihatsu.

Seri mobil DAIHATSU XENIA

Model Produksi 2011 - sekarang

Harga Mobil Daihatsu Xenia Bekas dan Baru, serta Spesifikasi

Daihatsu Xenia generasi terbaru dipasarkan dalam empat varian pilihan berbeda, yaitu D, M, X dan R. Xenia yang tersedia di Indonesia hanya mengusung mesin bensin dengan dua output, yaitu 1,0-liter dan 1,3-liter. Seri terbaru Xenia memang lebih mewah dengan grill depan melengkung beraksen krom, yang seakan memberikan gaya tersendiri pada desain keseluruhan kendaraan ini.

Lalu, interior Xenia dinilai luas dan cukup besar untuk mengakomodasi tujuh penumpangnya dengan nyaman. Area luas tersebut tercipta berkat trim pintu yang lebih tipis, sehingga memberikan anda lebih banyak ruang gerak. Interior Xenia ini sebagian besar terbuat dari plastik. Namun dengan material yang digunakan tersebut, nyatanya mampu memberikan anda kesan mewah.

Mesin

Xenia menggunakan mesin dua tipe untuk beberapa variannya. Varian D dan M misalnya, yang merupakan varian paling dasar dari Xenia, menggunakan mesin kapasitas 1 L dengan tipe mesin EJ-VE DOHC dan sudah berteknologi VVT-i.

Mesin kapasitas dan tipe tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 63ps/5600rpm dan torsi maksimum 9,2 kg-m/3600rpm. Kemudian varian X dan R, baik yang bertransmisi manual dan otomatis, keduanya menggunakan kapasitas mesin lebih besar, yakni mesin kapasitas 1.3 L dengan tipe mesin 1NR-VE DOHC dan Dual VVT-I, yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 97ps/6000rpm dan torsi puncak 12,3kg-m/4200rpm.

Transmisi yang digunakan adalah transmisi manual 5 kecepatan dan transmisi otomatis 4 kecepatan. Transmisi otomatis hanya ada di varian X dan R, dan tidak tersedia untuk varian D dan M. Meski begitu, semua varian Xenia telah menggunakan setir kemudi Rack&Pinion dengan teknologi Electronic Power Steering.

Eksterior

Xenia terbaru mengalami pembaruan dar segi eksterior. Body-nya dirancang lebih kokoh tapi tetap bergaya dan sporty. Bumper depan dibuat lebih dinamis dan modern dengan paduan gril berwarna black matte dan gril lebih lebar beraksen krom di bagian atas.

Tampak tersambung dengan gril beraksen krom, adalah dua buah headlamp dengan multi reflektor yang mengapit di kanan kirinya. Bergerak ke bawah headlamp dekat dengan ban, anda akan menemukan foglamp yang di sebelahnya ditambahkan DRL (Daytime Running Light).

Jendela samping Xenia dihiasi garis dari krom, semakin mewah dan menawan. Krom garnish juga dapat dilihat pada bagian belakang Xenia, yang terlihat menyatu dengan reflektor. Velg alloy dengan desain terbaru yang stylish dan sporty.

Interior

New Xenia memiliki interior kabin yang mewah serta fitur-fitur modern sehingga tak heran ia menjadi MPV favorit bersama dengan Toyota Avanza. Kendaraan yang mampu menampung penumpang hingga 7 orang ini memang menjadi andalan karena kenyamanan dan fitur-fiturnya yang mumpuni, tapi dengan harga yang tidak mahal.

Pertama-tama lihatlah dashboard Daihatsu Xenia yang dibalut dua tone-warna, serta dengan sentuhan lapisan krom dan silver di beberapa titik, membuatnya terlihat semakin mewah dan penuh gaya. Combination meter menggunakan desain baru yang dilengkapi dengan MID (Multi Information Display), fitur digital dengan 6 fungsi (Average, Range, Trip, Odo Fuelbar, dan Clock) serta tak lupa Eco Indicator.

Desain setir kemudi juga dilapisi dengan krom dan silver untuk menonjolkan kesan mewah dan modern. Kemudian lihat bagian tengah dashboard dimana terpasang 2 DIN Audio (Xenia R Sporty) untuk memainkan fungsi audio DVD/CD/MP3/AM-FM Radio/USB dan AUX-IN.

Dashboard juga dilengkapi beberapa tempat penyimpanan seperti Glove Box untuk menyimpang benda-benda kecil, slot kabel USB, kantong di belakang kursi, box di bagian tengah kursi, slot penyimpanan di doortrim baris 1 dan baris 2, serta slot penyimpanan untuk kursi bagian paling belakang.

Rasakan juga mudahnya melipat kursi baris kedua dengan sekali sentuhan, melalui teknologi Touch-Tumble, lebih praktis dan nyaman. Baris ketiga dilengkapi separate tumble sehingga memungkinkan untuk memuat penumpang dan bagasi. Apalagi bagasi Xenia termasuk luas untuk menampung banyak barang.

Fitur Keamanan dan Keselamatan

Xenia terbaru diberi nama Great New Xenia. Di versi terbarunya, Xenia telah dibekali dengan berbagai fitur keamanan dan keselamatan yang mumpuni untuk seluruh penumpang. Misalnya saja Dual SRS Airbag untuk mengurangi potensi cedera pengemudi dan penumpang bagian depan saat terjadi tabrakan.

Sebetulnya rangka bodi Xenia telah menggunakan teknologi Side Impact Beam yang berfungsi untuk melindungi penumpang dari benturan arah samping. Di sudut-sudut bawah depan Xenia telah terpasang sensor untuk memudahkan pengemudi saat memarkir kendaraan.

Jendela Xenia dibekali teknologi Window Jam Protection dimana jendela akan membuka otomatis jika ada yang menyentuh. Sabuk pengaman bahkan menggunakan teknologi pretensioner dan force limiter, fungsinya untuk meminimalisir cedera pengemudi dan penumpang depan saat airbag mengembang.

Kemudian rear parking sensor di bagian belakang untuk parkir mundur, serta kunci dengan immobilizer dan alarm untuk melindungi dari bahaya pencurian.

Harga Mobil Daihatsu Xenia Bekas dan Mobil Baru di Tahun 2017

Berminat memiliki Daihatsu Xenia? Tentunya Xenia bisa jadi pilihan MPV tepat karena harganya tidak terlalu mahal, bahkan dibanding MPV kelas low Toyota, Daihatsu Xenia masih bisa dibilang MPV termurah saat ini.

Mobil Xenia baru termurah adalah Xenia tipe X MT 1.3 STD dengan harga mulai 180 juta an, sementara yang paling mahal adalah Xenia tipe R AT Sporty dengan harga sekitar 215 juta an. Jika mencari mobil Xenia bekas dijual, anda akan menemukan Daihatsu Xenia bekas dijual mulai harga 65 juta an, tapi tentunya tahun keluaran sudah lumayan lama, yakni mulai tahun 2004. Jika menginginkan Xenia bekas dengan tahun keluaran lebih baru, 2017 misalnya, harganya masih di kisaran 200 juta an (tergantung varian).

Varian Kapasitas Mesin Tenaga / Torsi Harga OTR*
1.0 D M/T 989 cc 62 hp / 90 Nm - Cek Harga
1.0 M M/T 989 cc 62 hp / 90 Nm Rp 170.650.000 Cek Harga
1.0 M M/T 989 cc 62 hp / 90 Nm Rp 170.650.000 Cek Harga
1.3 R M/T 1329 cc 96 hp / 121 Nm Rp 184.750.000 Cek Harga
1.3 R A/T 1329 cc 96 hp / 121 Nm Rp 195.650.000 Cek Harga
1.3 X A/T 1329 cc 96 hp / 121 Nm Rp 191.350.000 Cek Harga
1.3 X A/T 1329 cc 96 hp / 121 Nm Rp 207.550.000 Cek Harga
1.3 X M/T 1329 cc 96 hp / 121 Nm Rp 180.450.000 Cek Harga
1.3 X M/T 1329 cc 96 hp / 121 Nm Rp 180.450.000 Cek Harga
1.3 XI SPORTY M/T 1329 cc 96 hp / 121 Nm Rp 204.100.000 Cek Harga
1.3 XI SPORTY A/T 1329 cc 96 hp / 121 Nm Rp 215.100.000 Cek Harga

*) Harga mobil di atas merupakan merupakan harga OTR Jakarta

oto garansi
info harga mobil terbaru oto
rekomendasi showroom