DAIHATSU AYLA

Ayla merupakan mobil ramah lingkungan dan irit bahan bakar, yang dirancang berukuran kecil dengan tenaga yang cukup memadai untuk dapat bersaing dengan mobil murah lainnya. Meskipun Ayla tergolong mobil murah, tapi ia tetap dapat mempertahankan kualitasnya. Mobil yang juga dijual dengan nama Agya dibawah naungan Toyota ini, pertama kali diluncurkan dan dipamerkan pada gelaran Indonesian International Motor Show 2012, dan tersedia dalam 4 varian yang berbeda – D, D+, M dan X.

Seri mobil DAIHATSU AYLA

Model Produksi (2012 - sekarang)

Harga Mobil Daihatsu Ayla Bekas dan Baru, serta Spesifikasi

Ayla merupakan mobil kompak termurah di Indonesia. Meski dikatakan sebagai saudara dari Toyota Agya, Daihatsu Ayla menyediakan versi termurah yakni mulai 92 juta rupiah saja. Varian yang disediakan juga sangat banyak, sehingga semakin banyak alternatif bagi masyarakat untuk memiliki mobil murah LCGC Daihatsu Ayla.

Daihatsu Ayla merupakan mobil LCGC yang diciptakan sesuai dengan permintaan pemerintah. Hanya dengan 1 liter bensin, dapat menempuh jarak 16 kmpl untuk daerah perkotaan, dan mencapai 20 kmpl untuk dikendarai di jalan tol. Daihatsu Ayla diciptakan untuk menjawab tantangan pemerintah akan mobil yang ramah lingkungan, irit bahan bakar, serta dengan jarak tempuh yang tinggi. Desain bodi yang kompak dan berat mobil yang ringan menjadikan Ayla memiliki jarak tempuh yang lumayan tinggi meski dengan kapasitas tangka 33L.

Mesin

Ada 5 varian Ayla dengan transmisi manual 5 kecepatan dan otomatis 4 kecepatan. Varian D, D+, M dan X nya menggunakan mesin tipe 1KR-DE, DOHC berkapasitas 998cc, 3 silinder segaris dengan 12 katup. Mesin tipe tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 65Ps/6000Rpm serta torsi maksimum 86Nm/3600Rpm.

Varian lainnya, yakni varian X dan R menggunakan tipe mesin lebih tinggi, yakni mesin kapasitas 1197cc, tipe 3NR-VE, DOHC, dan kali ini dengan kehadiran teknologi Dual VVT-i, dengan 4 silinder segaris dan 16 katup. Daya yang dihasilkan lebih besar dari varian sebelumnya, yakni hingga maksimal 88ps/6000rpm dan torsi puncak 108Nm/4200rpm.

Meski memakai dua tipe mesin, tetapi semua varian Ayla telah menggunakan sistem pemasukan bahan bakar EFI (Electronic Fuel Injection), sehingga dapat dipastikan Ayla adalah mobil murah LCGC yang irit bahan bakar. Kapasitas tangki maksimal 33L, sehingga Ayla lebih cocok dipakai di jalanan perkotaan yang rata dan halus, serta banyak tersedia SPBU.

Sistem kemudi telah dilengkapi teknologi EPS (Electronic Power Steering), walau untuk tipe D dan D+ nya masih menggunakan sistem Rack&Pinion. Pengereman depan menggunakan ventilated disc, serta ventilated drum dan leading-trailing untuk pengereman belakang, adapun rem parkir menggunakan rem mekanis pada roda belakang.

Suspensi depan mengunakan MacPherson Trut dan bagian belakang menggunakan suspensi semi independen Torsion Axle Beam.

Eksterior

Daihatsu Ayla merupakan mobil hatchback yang sangat compact, terbukti dari dimensinya yang termasuk kecil, hanya berukuran 3.640mm x 1.600m x 1.520mm (varian D, D+, M, dan X) dan 3.660mm x 1.600mm x 1.520mm (varian X dan R).

Ayla terbaru hadir dengan bumper depan dan belakang yang dilengkapi AEROKIT, sehingga membuatnya tampak sporty dan dinamis dengan bentuk bodi yang lebih tegas. Lampu kepala dilengkapi dengan LED Position Lamp untuk menampilkan kesan mewah, DRL (Daylight Running Light), gril dengan aksem krom untuk kesan mewah dan sporty.

Belum lagi spionnya dilengkapi dengan lampu sein, foglamp untuk penerangan saat cuaca berkabut, velg alloy berukuran 14”, wiper untuk kaca belakang, reflektor, lampu belakang dengan LED, kaca belakang dengan aksen krom di bagian bawahnya, lampu belakang dengan LED, bahkan knalpot dengan lapisan krom.

Interior

Interior Ayla lebih stylish dengan kemudi yang dilengkapi tombol switch untuk audio, fitur pengaturan audio canggih hanya dengan sekali sentuh, doortrim desain baru dengan ornamen fabric semakin stylish, joknya didesain dengan lebih sporty, bagasi dilengkapi tray untuk dapat memaksimalkan fungsi penyimpanan, AC yang lebih optimal, glove box di bagian depan sebagai tempat penyimpanan benda-benda penting, tempat botol minuman untuk penumpang bagian depan, serta kantong di belakang kursi untuk menyimpang benda-benda.

Fitur Keamanan dan Keselamatan

Dari segi keamanan dan keselamatan, Ayla termasuk lengkap. Ayla terbaru telah menyematkan Dual SRS Airbag untuk mengurangi risiko cedera pada penumpang depan, back sonar untuk mempermudah pengemudi ketika ingin parkir, rangka bodi berteknologi side impact beam untuk mengurangi risiko tabrakan dari arah samping, kunci immobilizer dan dilengkapi dengan alarm, rear stabilizer, serta pedal rem yang akan patah ketika terjadi tabrakan (supaya kaki pengemudi tidak terjepit).

Sabuk pengaman dengan teknolog pretensioner dan force limiter untuk mengurangi risiko cedera saat terjadi tabrakan.

Harga Mobil Daihatsu Ayla Bekas dan Mobil Baru di Tahun 2017

Sekarang mari kita lihat berapa harga mobil baru dari Daihatsu Ayla di tahun 2017 ini. Dari 8 varian dari Daihatsu Ayla, tipe R merupakan yang paling mahal, tapi ia takkan sampai di angka 200 juta karena mobil LCGC memang dirancang murah dan ramah lingkungan.

Harga Daihatsu Ayla termurah untuk mobil barunya adalah 92 juta an, yaitu Ayla tipe D. Sedang yang paling mahal adalah Ayla tipe R Deluxe dengan harga 146 juta an. Bila anda ingin mencari mobil Daihatsu Ayla bekas, untuk tipe D harganya masih sekitar 70 juta an dan yang termahal adalah Daihatsu Ayla tipe R Deluxe dengan harga 136 juta an.

Varian Kapasitas Mesin Tenaga / Torsi Harga OTR*
1.0 D M/T 998 cc 87 hp / 85 Nm Rp 92.550.000 Cek Harga
1.0 D+ M/T 998 cc 87 hp / 85 Nm - Cek Harga
1.0 M A/T 998 cc 87 hp / 85 Nm Rp 118.050.000 Cek Harga
1.0 M M/T 998 cc 87 hp / 85 Nm Rp 109.050.000 Cek Harga
1.0 M SPORTY A/T 998 cc 87 hp / 85 Nm - Cek Harga
1.0 M SPORTY M/T 998 cc 87 hp / 85 Nm - Cek Harga
1.0 X A/T 998 cc 87 hp / 85 Nm Rp 125.450.000 Cek Harga
1.0 X M/T 998 cc 87 hp / 85 Nm Rp 116.400.000 Cek Harga

*) Harga mobil di atas merupakan merupakan harga OTR Jakarta

rekomendasi showroom