Mitsubishi Siapkan Xpander AP4 Concept di IIMS 2019

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
ap4
Mitsubishi Xpander AP4 Concept (Otospirit)

OTOmart – Menyambut gelaran IIMS 2019, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) telah menyiapkan sebuah kejutan dengan menampilkan mobil reli namun berbasis Xpander. Mobil tersebut diberi nama Xpander AP4 Concept.

Sekedar informasi, Xpander AP4 Concept merupakan sebuah mobil reli baru yang dikhususkan untuk kejuaraan Asia Pasific. Kompetisi ini diawali dari pemikirian para pereli yang berkeinginan untuk menghidupkan kembali kompetisi reli setelah Grup N.

Baca Juga: Kampas Rem Livina Baru Bisa Untuk Xpander Kok, Malah Lebih Murah!

Berdasarkan aturan FIA, untuk kejuaraan reli di Eropa, R5 merupakan kelas utama dan menjadi kelas mobil terpopuler . Akan tetapi untuk membangunnya dibutuhkan biaya yang tidak sedikit. Karena itu, hal ini dianggap kurang efisien jika diterapkan di kawasan Asia Pasific.

Akhirnya muncul kelas baru bernama AP4. Kelas ini menggunakan mobil reli yang lebih ekonomis serta efisien jika dilihat dari banyak aspek. Beberapa mobil yang tergolong ke dalam kelas AP4 ini adalah Mazda 2 AP4.

Kendaraan ini pernah dipakai oleh salah satu pereli kebanggaan Indonesia, yaitu Rifat Sungkar. “Untuk kelas AP4, mobil ini sebenarnya bisa apa saja, namun yang jelas untuk gardan, tower suspense bagian depan-belakang dan cross member di bagian depan dan belakangnya itu harus one make. Apapun itu mobilnya, harus menggunakan barang yang sama. Termasuk juga untuk gearbox, dimana telah disediakan pilihan merek Sadev lima atau enam speed, serta XTrac dengan lima atau enam speed. Semuanya sama, yang membedakan hanyalah pada bagian bodi serta mesin bawaan yang berasal dari mobil masing-masing. Bagian kopelnya pun juga telah ditentukan untuk wheelbasenya,” terang Rifat, seperti dilansir laman Oto.com.

Bagimana dengan mesin dan tenaga dari mobil kelas AP4 ini?

Menurut Rifat, mesin mobil kelas AP4 ini terbagi menjadi dua pilihan, yaitu 1.600 cc dengan empat silinder turbo dan 1.800 cc juga dengan empat silinder turbo. Jadi kalau mobil mempunyai kapasitas 2.000 cc, wajib untuk menurunkan kapasitas mesinnya sesuai regulasi yang telah ditentukan.

Bukan hanya mesin yang diatur oleh regulasi, bobot mobilnya pun juga telah ditentukan, dimana regulasi mengharuskan mobil reli untuk kelas AP4 berada di angka 1.230 kg untuk kapasitas mesin 1.600 cc dan 1.300 kg untuk kapasitas mesin 1.800 cc.

Baca Juga: Harga Xpander Naik, Banten Jadi Yang Paling Tinggi Kenaikannya

Hal ini bertujuan untuk menjaga power to weight ratio per HP dan per Kg dari masing-masing mobil agar tetap sama. Mesin berkapasitas 1.600 cc ini mampu melontarkan tenaga hingga 330 hp dengan torsi sebesar 400 Nm. Sedangkan untuk kapasitas 1.800 cc, mampu mengeluarkan tenaga sebesar 350 hp dengan torsi sebesar 500 Nm.

Sekilas perbedaan kedua mesin tidak terlalu mencolok. Namun jika diperhatikan, terdapat perbedaan signifikan pada rpm maksimal yang dihasilkan, dimana mesin berkapasitas 1.800 cc, rpm maksimumnya berada di kisaran 6.400 hingga 6.500 rpm. Sedangkan untuk mesin berkapasitas 1.600 cc, rpm maksimumnya berada di angka 7.000 rpm.

Lalu bagaimana dengan Mitsubishi Xpander yang nantinya bakal dijadikan basis mobil reli kelas AP4 ini? Mengingat kebanyakan mobil reli kelas AP4 ini menggunakan model hatchback? Karena itu, patut kita tunggu saja penampilannya pada gelaran IIMS 2019, mengingat potensi basis mesin Xpander yang kapasitasnya mirip dengan spesifikasi mobil reli kelas AP4.

Jika Anda sedang mencari mobil bekas berkualitas dengan cicilan kredit yang mudah, aman dan transparan. Segera kunjungi website www.otomart.id. Karena kami selalu siap membantu mewujudkan impian Anda untuk mendapatkan mobil bekas berkualitas terbaik.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Aplikasi e-Uji Emisi, Tampilkan Lokasi Resmi Uji Emisi Kendaraan

OTOmart – Setelah mengeluarkan instruksi gubernur beberapa hari yang lalu mengenai uji emisi kendaraan...

Mau Lulus Uji Emisi Kendaraan? Coba Lakukan Tips Ini

OTOmart – Setelah DKI Jakarta masuk ke dalam kota dengan kualitas udara terburuk di...

Auto2000 Usulkan Toyota HiAce Jadi Kendaraan Pengganti Angkot

OTOmart – Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta telah mulai mensosialisasikan perluasan sistem ganjil genap...

Ini Keuntungan Menggunakan Garansi Mobil Bekas

OTOmart – Hingga kini masih banyak masyarakat Indonesia yang salah kaprah mengenai perbedaan antara...

Dalam Proses Pengembangan, Toyota Luncurkan Innova Hybrid 2021

OTOmart – Kijang Innova merupakan salah satu kendaraan unggulan Toyota berjenis medium MPV yang...

Mau Beli Livina Bekas? Berikut Ini Panduan Lengkapnya

OTOmart – Di pasar mobil bekas, Nissan Grand Livina bekas menjadi salah satu kendaraan...