Nissan X-Trail vs Toyota Fortuner, Mana Yang Lebih Unggul?

posted in: Artikel Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
x-trail
Sumber: OTO

OTOmart – Nissan dan Toyota sama-sama mempunyai produk andalan di segmen SUV (Sport Utility Vehicle) berkapasitas 7 penumpang, yaitu Nissan X-Trail dan Toyota Fortuner. Harga kedua mobil ini pun juga tidak berbeda jauh. Namun siapakah yang lebih unggul dari keduanya?

Untuk membandingkan Nissan X-Trail dengan Toyota Fortuner terlebih dahulu harus merasakan performa dan rasa berkendaranya. Seperti yang diketahui, Fortuner dibuat berdasarkan konstruksi chasis ladder-frame atau body-on-frame yang berarti bodi mobil ditempelkan di atas struktur rangka. Kontruksi ini mempunyai kelebihan pada fleksibilitas struktur rangkanya yang sengaja dibuat bertingkat. Struktur semacam ini biasanya digunakan oleh truk atau mobil offroad.

Namun, struktur rangka yang bergerak secara fleksibel ternyata memberikan efek negative terhadap stabilitas berkendara, apalagi saat menikung pada kecepatan tinggi. Hal ini tentu membuat mobil menjadi sedikit kurang lincah, apalagi dengan bobot kendaraan yang berat karena bodi mobil yang terpisah dari strukturnya.

Baca Juga: Ketahui Spesifikasi dan Harga Fortuner Bulan November 2017

Itulah yang menyebabkan Toyota menyematkan Fortuner dengan mesin bensin berkapasitas 2,7 liter yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 163 PS pada kecepatan 3.400 rpm dengan torsi maksimal mencapai 242,2 Nm pada kecepatan 4.000 rpm yang digunakan untuk dapat menggerakkan mobil dengan bobot mencapai lebih dari 1,8 ton ini.

Karena mempunyai bobot yang lebih berat serta mempunyai mesin berkapasitas besar, maka tentu konsumsi bahan bakarnya akan jauh dari kata irit alias boros. Namun, mobil ini mempunyai kemampuan yang hampir sepadan dengan mobil offroad. Maka itu sebabnya mobil Fortuner mempunyai sistem penggerak empat roda hanya untuk mesin diesel.

x-trail
Sumber: OTO

Lain halnya dengan X-Trail SUV, mobil besutan Nissan ini mempunyai konstruksi rangka berjenis unibody atau monocoque, dimana seluruh bagian bodi mobil adalah struktur rangka yang dapat menyokong bobot kendaraan itu sendiri. Konstruksi rangka seperti ini biasanya dipakai pada semua mobil perkotaan karena mampu menghasilkan stabilitas berkendara yang baik.

Konstruksi rangka Nissan ini juga terbilang ringan sehingga tidak membutuhkan mesin besar untuk mampu menghasilkan performa yang memadai. Mesin mobil buatan Nissan ini mempunyai bobot sekitar 1,5 ton atau berselisih 300 kg dari Fortuner, jadi secara tidak langsung mesin mobil ini yang hanya berkapasitas 2,5 liter mampu untuk mengimbangi performa dari Toyota Fortuner.

Baca Juga: Lihat Spesifikasi Serta Harga Mobil Nissan Terbaru 2017

Meskipun mempunyai kapasitas mesin yang terbilang kecil jika dibandingkan Fortuner, namun tenaga yang mampu dihasilkan lebih besar, yaitu sekitar 171 PS pada kecepatan 6.000 rpm dengan torsi puncak mencapai 233,3 Nm pada kecepatan 4.000 rpm. Mobil ini juga mempunyai varian mesin 2.0 liter dengan konsumsi bahan bakar yang ternyata lebih irit jika dibandingkan dengan Fortuner.

Salah satu yang menunjang tenaganya lebih besar adalah transmisi otomatis pintar CVT (Continuous Variable Transmission) sedangkan Fortuner masih memakai transmisi otomatis konvensional dengan 6 percepatan. Jika Anda menginginkan varian yang lebih irit lagi, Anda dapat membeli varian hybrid yang mampu melaju dengan mode elektrik dan tentu saja harganya jauh lebih mahal.

Harga mobil Nissan X-Trail dan Fortuner tidak terpaut jauh, yaitu Rp 464,7 juta untuk tipe 2.5 CVT dan Rp 480,2 juta untuk tipe Xtremer. Sedangkan untuk Fortuner bermesin bensin dibanderol dengan harga Rp 541,3 juta dan Rp 553,3 juta untuk TRD Sportivo.

Nah jika Anda ingin membeli mobil Nissan X-Trail bekas atau Fortuner bekas, Anda dapat melihat harga mobil bekasnya di sini.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Spesifikasi dan Harga Mobil Avanza Bekas Juli 2018

OTOmart – Tidak dapat dipungkiri lagi jika mobil Avanza merupakan salah satu mobil buatan...

Jaga Persaingan, Mitsubishi Luncurkan Pajero 2019 di Cina

OTOmart – Guna menjaga pasar agar tetap kondusif hingga munculnya model terbaru, membuat Mitsubishi...

Perbedaan Mesin Avanza dan Mesin Xenia yang Perlu Diketahui

OTOmart – Ketika Anda berkendara di jalanan, tentu Anda tidak akan asing lagi dengan...

Mau Beli Mobil? Sebaiknya Lakukan Simulasi Kredit Mobil Dulu

Otomart – Pengaturan sistem keuangan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari tidaklah mudah, semua membutuhkan pengalaman...

Waspada! Bahaya Menaruh Botol Plastik Dalam Kabin Mobil

OTOmart – Jika Anda seringkali meninggalkan air minum dalam kemasan botol plastik di dalam...

5 Etika Pemasangan Lampu Kabut Yang Wajib Dipenuhi

OTOmart – Lampu kabut (fog lamp) merupakan salah satu komponen tambahan (aksesori) yang biasanya...