Waspada Kecurangan Penjualan Mobil Bekas

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : OTOMART

OTOMART, Jakarta – Mobil bekas memang kini banyak dilirik para pencari otomotif. Selain karena harga, memilih mobil bekas memang dirasa lebih menyenangkan karena banyaknya pilihan yang tersebar. Hampir di setiap daerah memiliki spot jual beli mobil. Oleh karena itu arus transaksi jual beli mobil bekas melaju semakin pesat.

Dari sekian banyaknya penjual mobil/dealer yang ‘tercecer’ di seluruh daerah. Ada saja oknum nakal yang melakukan kecurungan yang merugikan calon pembeli mobil. Salah satu kecurangan yang kian marak yaitu merubah odometer kendaraan. Cara ini dianggap sakti untuk meninggikan harga jual mobil bekas. Karena semakin kecil odometer mobil, semakin mahal harga jual mobil bekas tersebut.

Para oknum menggunakan kecurangan tersebut dan berhasil meraih laba yang cukup banyak. Tapi bagi pembeli, adanya kecurangan tersebut tentu saja sangat merugikan. Ada dua teknik yang biasa digunakan oleh oknum curang dalam melakukan aksinya:

  1. Untuk mobil yang menggunakan odometer manual:
    Oknum penjual biasanya menggunakan obeng minus kecil. Obeng jenis ini dapat dengan mudah ditemukan. Pelaku hanya membuka spidometer dan menggeser angka dengan obeng kecil tersebut, maka odometer kendaraan dapat dirubah sesuai keinginan pelaku.
    Untuk melihat apakah odometer sudah dicurangi atau belum, teliti kembali dengan kasat mata, apakah terlihat ada bekas obeng, angka tidak sejajar (angka miring).
  1. Untuk mobil yang menggunakan odometer digital.

Sebagian besar mobil baru, kini sudah menggunakan odometer digital. Sehingga untuk merubah nilai pada odometer diperlukan cara khusus. Oknum menggunakan software khusus dan menggunakan laptop untuk mengaplikasikannya. Pelaku hanya perlu membayar sekitar Rp 200 ribuan kepada pakar software dan odometer tercurangi tanpa meninggalkan bekas.

Walaupun odometer digital tak meninggalkan bekas, tapi mobil yang sudah tercurangi juga bisa dilihat dari kondisi kulit jeruk pada setir mobil, masih bagus atau tidak, lalu cek kode produksi ban/keausan pada ban mobil.

Tetap waspada jika membeli mobil bekas ya, jadilah pembeli yang cerdas!

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Daftar Harga Mobil Honda Terbaru Oktober 2017 OTR Jakarta

Otomart – Dengan berbagai produk berkualitas yang dimilikinya membuat produsen otomotif asal Jepang ini dikenal ke seluruh dunia. Hal ini tentu berpengaruh pada penjualan produk-produknya yang dikenal sangat laris di belahan dunia manapun. Nah, dari berbagai produk terbarunya, terdapat beberapa … Lihat Selengkapnya

Honda Jazz dan Civic Kuasai Pasar Hatchback di Indonesia

Otomart – Honda menguasi pasar hatchback Indonesia dengan market share sebesar 53% melalui model Honda Jazz dan Civic Hatchback. Jazz juga disebutkan menjadi market leader dengan menguasai 49% pangsa pasar, dimana angka penjualan pada September tercatat sebanyak 1.173 unit dan … Lihat Selengkapnya

Pertamina Lubricants Lakukan Ekspor Jajaki Pasar Mesir

OTOmart – Pelumas dalam negeri yang diproduksi PT Pertamina Lubricants kembali melakukan terobosan dengan mengekspor produknya ke pasar Timur Tengah. Dengan populasi penduduk mencapai 93,62 juta orang, Mesir menjadi pasar yang cukup potensial bagi Pertamina dan menyatakan keyakinannya bahwa produk … Lihat Selengkapnya