Waktu Yang Tepat Isi Bensin, Benarkah Saat Malam Hari?

posted in: Artikel Mobil | 0 | Author : Editor Otomart

OTOMART, Jakarta – Sejatinya mengisi bensin kendaraan bisa dilakukan kapan saja, namun nyatanya pemilihan waktu mempengaruhi kulitas dan tingkat kejernihan bensin yang diisikan lho. Mengapa bisa demikian? Hal ini lantaran salah satu sifat bahan bakar minyak (BBM) adalah memuai dan menguap di dalam tangki kendaraan, jika suhunya bertambah.

Dilansir dari ototaiment.com, sebaiknya anda melakukan pengisian bensin pada waktu suhu rendah atau dingin. Karena dengan suhu yang rendah, posisi densitas bahan bakar minyak berada di titik yang paling tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa kondisi partikel bensin dalam kondisi yang paling rapat, jadi dalam takaran volume yang sama, pembeli bisa memperoleh volume bensin yang lebih banyak daripada saat suhu tinggi. Lantas kapan waktu yang tepat mengisi bensin?.

waktu-yang-tepat-isi-bensin-benarkah-saat-malam-hari
http://economy.okezone.com/

Lakukan pengisian bensin tengah malam

Jika anda mencari waktu yang tepat untuk mengisi bensin dengan kualitas terbaik, maka sebaiknya anda membeli bensin saat tengah malam. Saat siang hari tanah sekitar tempat penyimpanan menyerap panas dan akan menyimpannya, lalu kondisi ini akan berangsur-angsur menghilang sampai kira-kira pukul 02.30 WIB. Maka pada jam-jam tersebut anda bisa mendapatkan takaran yang lebih banyak daripada saat siang hari. Tetapi tentu saja tidak semua orang bisa keluar rumah tengah malam hanya untuk mengisi bensin kendaraan. Alternatifnya, anda bisa mengisinya pagi-pagi sebelum beraktifitas saat suhu udara masih dingin.

Baca juga: Pertamax Turbo Akan Hadir di SPBU Tertentu

Jika berbicara masalah selisih volume yang didapatkan saat suhu udara panas dan suhu udara dingin, tentu saja jumlahnya tidak terlalu signifikan, beda dengan pembelian untuk keperluan industri yang jumlah pembelian BBM nya mencapai ukuran kilo liter. Paling tidak, untuk konsumer harian seperti kita bisa mendapat bensin yang lebih jernih, dan minim kotoran. Karena saat suhu panas siang hari terjadi aliran konveksi pada simpanan deposit bensin di dalam tangkinya, yang memudahkan kotoran yang sudah mengendap di bawah pada pagi dan malam justru membuatnya naik ke atas ketika suhu udara naik.

Anda juga disarankan untuk tidak mengisi bensin saat pom yang kita tuju sedang melakukan pengisian ulang tangkinya. Kenapa? Karena aliran bensin yang sedang dimasukkan ke dalam tangki penyimpanan deposit secara tidak langsung mengandung kotoran-kotoran dari dasar tangki truk pengantar.

Baca juga: Beli BBM Kini Semakin Praktis!

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

3 Mobil Pick-Up Terbaik dan Termurah di Indonesia

OTOmart – Bagi para pengusaha, bisnis akan berjalan dengan lancar jika ditunjang dengan sarana...

Daftar Harga Grand Max Minibus Daihatsu Agustus 2018

OTOmart – Hingga kini, Daihatsu Grand Max masih menjadi primadona di kalangan masyarakat Indonesia....

Daftar Harga Toyota Kijang Innova Bekas Agustus 2018

OTOmart – Salah satu produk unggulan Toyota di mobil bersegmen medium MPV, Toyota Kijang...

Kelebihan dan Kekurangan Lampu LED Pada Kendaraan Anda

OTOmart – Saat ini telah banyak mobil yang menggunakan lampu berjenis light emitting diode...

Komparasi Brio RS dengan Ignis Sport Edition, Mana Yang Lebih Baik?

OTOmart – GIIAS 2018 baru saja berakhir namun terdapat beberapa produk baru yang muncul...

Jazz vs Yaris, Manakah Yang Lebih Unggul? Berikut Perbandingannya

OTOmart – Di pasar mobil nasional, persaingan dua pabrikan mobil asal Jepang, PT Honda...