V-Kool Jelaskan Ciri-Ciri Kaca Film yang Baik Untuk Mobil

posted in: Artikel Mobil | 0 | Author : OTOMART

V-kool

OTOMART, Jakarta – Tak bisa dipungkiri, industri kaca film terus berkembang pesat seiring dengan pertumbuhan populasi kendaraan roda empat di Indonesia. Salah satu imbasnya adalah kebutuhan kaca film yang terus meningkat. Kaca film saat ini memang menjadi kewajiban utama karena untuk mereduksi panasnya sinar matahari dan sebagai pendukung faktor keselataman untuk mencegah serpihan kaca saat terjadi insiden kecelakaan. Namun yang perlu diperhatikan adalah seperti apa kaca film yang baik itu? Pemegang merek V-Kool mencoba menjelaskannya.

Dikatakan Nur Laelasari, Marketing Support Supervisor PT V-Kool Indo Lestari, setidaknya terdapat 3 ciri-ciri kaca film yang memiliki kualitas baik. “Paling penting adalah kaca film tersebut mampu mereduksi panas dari sinar matahari. Ciri berikutnya, kaca film yang baik sifatnya seperti cermin yang memantulkan chaya panas dan bukan menyerapnya seperti spons,” ujarnya di kantor pusat V-Kool, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Wanita yang akrab disapa Ella ini melanjutnya, kaca film yang bagus juga memiliki kemampuan dalam menolak sinar infra merah dari matahari. Sinar ini tak tampak tapi mampu dirasakan oleh kulit/tubuh manusia berupa panas. Panas jika berlebih tak baik yang bisa membuat komponen mobil mudah aus dan bagi kesehatan. Suhu optimal berkisar 15 hingga 20 derajat Celsius, tetapi panas matahari di Indonesia bisa mencapai 40 derajat celsius yang berdampak buruk untuk kesehatan.

Kemudian sinar Ultra Violet, cahaya ini tak tampak akan tetapi bisa menyebabkan dampak buruk pada kesehatan manusia. Antara lain menyebabkan mata lelah, kanker kulit, penuaan dini, katarak dan mampu memudarkan warna jika intensitasnya tinggi dan dalam waktu lama. Memarkir mobil di terik sinar matahari selain merusak cat juga bisa membuat warna dashboard/ dalam mobil menjadi buram akibat sinar ultraviolet yang tak tampak ini.

Ella menambahkan, V-Kool sendiri memiliki teknologi kaca film yang sanggup untuk memenuhi syarat dari kaca film baik tersebut. Hal ini karena lapisan kacanya minimal mencapai 7 lapis. Terakhir, kaca film yang baik adalah tetap mampu membuat pengemudinya melihat dengan baik, atau dengan kata lain, mampu mempertahankan visibilitas. “Kaca film V-Kool sendiri sudah mengaplikasi teknologi keempat ini. Bisa menolak 94% panas infra red, menolak 99% sinar ultraviolet dan meneruskan 70% cahaya tampak,” lanjutnya.

Ditambahkannya, teknologi kaca film juga terus berkembang. Dimulai dari teknologi Dye Film (dibuat dengan metode pencelupan), yang dikenal dengan istilah kaca film antigores, lalu muncul teknologi Evaporation (penguapan), selanjutnya Infra Red Dye Film (dikenal sebagai Hybrid Films) yang memiliki sifat menyerap panas, bukan menolak panas. “Saat ini sudah memasuki teknologi keempat dimana kaca film sudah memakai teknologi Multi-Layer Sputtering Film, seperti yang dimilliki V-Kool,” sambung Nur Laelasari.

Terakhir Ella menyebutkan, idealnya kegelapan kaca di bagian depan mencapai 20%, sementara kaca samping dan belakang 60%.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Mau Beli Mobil LCGC? Ini Daftar Harga Mobil LCGC Terbaru

OTOmart – Salah satu segmen mobil yang termasuk ke dalam program pemerintah atau yang...

Ngantuk? Sebaiknya Bawa Camilan Sehat Ini Di Mobil Anda

OTOmart – Banyak orang yang mengatakan bahwa makan berlebihan dapat membuat Anda menjadi gampang...

7 Barang Yang Wajib Ada Di Dalam Mobil Anda

OTOmart – Bagi Anda yang kesehariannya selalu menggunakan mobil, seperti kuliah, bekerja, pergi ke...

Ini Manfaat Baby Oil Bagi Perawatan Mobil Anda

Otomart, Jakarta – Ternyata untuk merawat kendaraan tidak memerlukan bahan kimia yang sangat mahal....

Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Anda Membeli Honda Brio

OTOmart – Honda Brio merupakan salah satu kendaraan unggulan Honda di segmen LCGC. Selain...

Spesifikasi dan Harga Agya September 2018

OTOmart – Sejak dirilis pada tahun 2013 lalu, Toyota Agya Motor akhirnya kembali merilis...