Upgrade Performa Avanza ke Bengkel Jika Mau Ngacir Saat Mudik

posted in: Artikel Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
bengkel
Sumber: Toyota Samarinda

OTOmart – Dengan semakin dekatnya musim mudik Lebaran, membuat sebagian pemilik mobil melakukan upgrade kendaraan miliknya agar tetap nyaman saat melakukan perjalanan jauh dan tetap irit. Melihat hal ini membuat Sugiyanto yang merupakan pemilik bengkel di wilayah Bogor, Jawa Barat mengatakan bahwa dalam melakukan upgrade performa kendaraan dibutuhkan tiga tahapan yang tidak boleh dilewati.

“Jadi semua prosesnya itu harus tetap step by step, tidak boleh longkap. Ibarat membuat bangunan harus dipersiapkan dulu pondasinya dengan kuat. Sebab kalau tidak, maka pada tahapan selanjutnya tidak akan baik,” ucap Sugiyanto, seperti dilansir laman Tempo, Senin (15/5).

Baca Juga: Toyota Berikan Promo Jelang Mudik Lebaran 2018

Tahapan Upgrade Toyota Avanza

1. Melakukan tune up dan sedot carbon

Tahap pertama ini biasa disebut dengan gurah dan berfungsi untuk membersihkan seluruh sisa-sisa pembakaran. “Bagian Idle Speed Control (ISC) serta injector juga perlu dibersihkan agar mobil mendapatkan efek baru dan merupakan salah satu penunjang di tahap selanjutnya,” terang Sugiyanto.

Dirinya juga memastikan jika melakukan upgrade performa di bengkel miliknya, maka akan ada sedikit penambahan dan penggantian beberapa part tanpa sedikit pun merusak atau menghilangkan part aslinya.

2. Penggantian busi

Pada tahap ini akan dilakukan penggantian busi standard dengan busi iridium, filter standar yang diganti dengan filter apex yang sudah terkenal mempunyai pori-pori lebih besar serta melakukan pengaplikasian turbo ventilator. “Jadi nantinya kendaraan tidak akan ngempos saat cuaca panas di siang hari,” ucapnya lagi.

3. Pemasangan kabel grounding

Tahap selanjutnya adalah pemasangan kabel grounding pada sistem kelistrikan mobil sehingga membuat sistem aliran kelistrikan menjadi lebih lancar. Selain itu, open filter yang telah memakai HKS compressor power yang diyakini dapat melibas jalanan menanjak hanya dengan sedikit sentuhan gas. Volt stabilizer disematkan untuk menstabilkan sistem kelistrikan, strutbar juga mampu membuat ban depan menjadi lebih stabil ketika melewati jalan yang berlubang serta mengganti oli standard yang digunakan dengan menggunakan oli Liqui Moly 5W-40.

Baca Juga: Jelang Mudik Lebaran, Harga Sewa Mobil Alami Peningkatan

Seluruh tahapan ini menurut Sugiyanto tidak akan merusak part original yang ada, justru akan membuat mobil menjadi kencang dan irit. “Kalau untuk bikin mobil jadi kencang tapi boros itu gampang dan semua orang juga bisa. Tapi di bengkel kami, akan kami buat jadi lebih ngacir namun tetap irit,” terang Sugiyanto lagi.

Harga yang ditawarkan untuk melakukan upgrade Toyota Avanza ini berbeda-beda, tergantung tahapannya. Untuk melakukan upgrade tahap pertama, Anda cukup merogoh kocek sebesar Rp450 ribu, upgrade tahap kedua Rp1 juta dan tahap ketiga sebesar Rp3 hingga 5 juta.

Namun, bengkel yang berlokasi di wilayah Bogor ini hanya dikhususkan untuk mengupgrade mobil Toyota Avanza saja dan tidak menutup kemungkinan nantinya akan dikembangkan menjadi bengkel umum. “Sebab hingga saat ini, mobil yang datang ke bengkel itu bukan hanya Toyota Avanza saja,” terangnya.

Berdasarkan testimoni dari Ilham Gunardi, pemilik Toyota Avanza yang mobilnya telah dilakukan upgrade mengatakan jika setelah dilakukan upgrade hingga tahapan ketiga, mobil menjadi sangat enteng. “Pas nanjak terus nginjak gas sedikit saja mobil sudah ngacir,” ucap Ilham.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Update Terbaru Harga Avanza Bekas Desember 2019

OTOmart – Hingga saat ini, Toyota Avanza masih menjadi salah satu mobil bekas yang...

Harga Mitsubishi Xpander Bekas Mulai Dari Rp 200 Jutaan

OTOmart – Dibandingkan versi terbarunya, harga jual Mitsubishi Xpander bekas justru lebih menarik. Di...

Sabun Bayi, Cara Murah Merawat Jok Mobil Berbahan Kulit

OTOmart – Jok mobil berbahan kulit pada dasarnya jauh lebih mudah dirawat. Akan tetapi,...

Knalpot Keluar Air dari Mobil Setiap Pagi? Ini Penyebabnya

OTOmart – Jika Anda sering menyalakan mobil di pagi hari dan menemukan knalpot keluar...

Tips Terbaik Membersihkan Setir Mobil Usai Mudik Lebaran

OTOmart – Salah satu komponen mobil yang selalu bersentuhan dengan tangan Anda adalah setir....

Ingin Mudik Aman dan Nyaman? Sebaiknya Cek 7 Komponen Mobil Ini

OTOmart – Menjelang Hari Raya Idul Fitri, sebagian besar masyarakat tentunya akan menjalankan salah...