Wuling Confero Cuma Dapat 1 Bintang Dari Uji Tabrak Asean NCAP

posted in: Berita Mobil | 2 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
tabrak
Confero S hanya mendapatkan 1 bintang dari uji tabrak Asean NCAP (Oto Bisnis)

OTOmart – Dalam menentukan tingkat keselamatan pada sebuah mobil biasanya para pabrikan akan melakukan uji tabrak atau crash test. Sebab, melalui cara ini, para pabrikan dapat mengetahui secara langsung bagaimana fitur serta desain mobil penumpang miliknya menjaga pengemudi dan penumpang yang berada di dalam mobil saat terjadinya kecelakaan.

Selain pabrikan mobil, asosiasi juga berhak melakukan uji tabrak atau crash test yang nantinya akan dipublish ke public untuk diketahui hasilnya. Sehingga seluruh masyarakat mengetahui hasil dari fitur keselamatan yang diberikan oleh pabrikan mobil terhadap mobil unggulannya tersebut.

Baca Juga: Luncurkan Mobil Komersial, Wuling Anggap Formo dan Confero Berbeda

Salah satu yang menjadi sorotan saat ini adalah kendaraan Low MPV milik Wuling, yaitu Confero yang hanya mendapatkan 1 bintang dari salah satu lembaga uji kelayakan mobil terkemuka di Asia Tenggara, yaitu Asean New Car Assessment Program (Asean NCAP).

Raihan yang kurang baik tersebut tentu membuat Confero menjadi salah satu mobil dengan fitur keselamatan dan keamanan terlemah jika dibandingkan dengan para rivalnya, seperti Toyota Avanza, Suzuki Ertiga, Daihatsu Xenia dan Nissan Grand Livina yang kesemuanya berhasil mendapatkan 4 bintang saat diuji tabrak oleh lembaga yang sama.

Lalu bagaimana tanggapan PT SGMW Motor Indonesia (Wuling Motors) menanggapi hal ini?

tabrak
Uji tabrak Wuling Cortez (Oto Plasa)

Dian Asmahani, Brand Manager Wuling Motors menyatakan bahwa pihaknya sama sekali tidak menyangkal hal tersebut. Dirinya menyebut jika unit yang digunakan oleh Asean NCAP pada saat uji tes tabrak tersebut merupakan varian terendah, bukan seluruh varian yang ada.

Menurut Dian, seluruh produk mobil Confero yang dijual di Indonesia telah melalui tahap uji tabrak yang berlaku. Namun memang tidak seluruh varian mempunyai fitur keselamatan dan fitur keamanan yang lengkap, hanya varian tertinggi saja yang diberikan fitur keselamatan dan fitur keamanan terlengkap.

“Kalau untuk Confero, seperti standar pengujian pada umumnya, kami telah mengikuti seluruh aturan yang ditetapkan pemerintah Indonesia untuk keamanannya, seperti ada safety belt, door lock, ISO FIX itu sudah ada semuanya. Mulai dari Confero S varian tengah dan atas juga sudah kami lengkapi semuanya,” terang Dian, seperti dilansir laman Viva News, Kamis (15/11/2018).

Baca Juga: Confero Bertahan Di Tengah Sengitnya Persaingan Mobil LMPV

Dian juga mengatakan, apabila ada hasil crash test yang dilakukan pada Confero model standar lalu hasilnya diumumkan ke publik, maka hal tersebut dilakukan secara independent dan bukan termasuk bagian dari pengujian yang dilakukan oleh Wuling Motors Indonesia.

“Kalau untuk Confero yang mendapatkan bintang satu untuk fitur keamanannya, itu yang diujikan adalah varian terbawah dan bukan varian terlaris. Yang paling laris kan varian atas. Namun, kalau untuk Confero tetap ada pengujian internal. Tapi kalau NCAP (New Car Assessment Program) melakukan tes pada Confero, ya saya coba cek dulu ya,” terangnya lagi.

Jika Anda sedang mencari mobil bekas berkualitas dengan cicilan kredit yang mudah, aman dan transparan, segera kunjungi website www.otomart.id. Karena kami selalu siap membantu mewujudkan impian Anda untuk mendapatkan mobil bekas berkualitas terbaik.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Harga Nissan Grand Livina 2019 Usai Lebaran Masih Rp 200 Jutaan

OTOmart – Nissan Grand Livina merupakan salah satu produk keluaran PT Nissan Motor Indonesia...

Panduan Cari Avanza 2004 Biar Tidak Tertipu Oknum Nakal

OTOmart – Toyota Avanza 2004 merupakan generasi pertama dari seri Avanza yang pertama kali...

Baru Meluncur, Suzuki New Carry Jadi Tulang Punggung Penjualan Suzuki

OTOmart – Suzuki New Carry merupakan produk unggulan dari PT Suzuki Indomobil Sales yang...

Tips dan Panduan Mendapatkan Suzuki Ertiga Bekas Terbaik

OTOmart – Sejak pertama kali meluncur pada tahun 2012 lalu, Suzuki Ertiga hingga kini...

Mau Swap Engine? Ketahui Dulu Harga Mesin Mobil Baru dan Bekasnya

OTOmart – Swap engine atau mengganti mesin yang lama ke mesin baru merupakan hal...

Resmi Dirilis, Ini Spesifikasi Renault Triber 2019

OTOmart – Renault akhirnya secara resmi telah meluncurkan produk terbaru mereka yang diberi nama...