Salah Masang Busi Mobil Bikin Rusak Mesin, Begini Trik Pemasangannya

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
busi mobil
Ilustrasi

OTOmart – Salah satu perangkat penting bagi mesin kendaraan adalah busi. Karena itu, perangkat ini perlu dirawat secara berkala agar kinerja mesin dapat selalu prima. Hal ini dapat dilakukan di bengkel, ataupun dapat Anda lakukan sendiri, terutama untuk busi mobil.

Namun yang perlu Anda ketahui, memasang busi mobil itu tidak bisa sembarangan. Dibutuhkan teknik yang tepat agar komponen tersebut dapat bekerja dengan baik. Hal ini dikatakan langsung oleh Technical Support PT NGK Busi Indonesia, Diko Octavian.

Baca Juga: Waktu Yang Tepat Untuk Melakukan Ganti Busi Kendaraan Anda

“Kebanyakan masyarakat selama ini berasumsi kalau mengencangkan busi mobil sekeras-kerasnya merupakan hal yang paling benar. Padahal, anggapan seperti itu salah dan justru membahayakan,” ucap Diko, seperti dilansir laman Oto.com.

Jika pengaplikasiannya tidak tepat, maka kemungkinan akan terjadi banyak masalah. Sedangkan jika terlalu kencang, maka dapat merusak ulir sehingga nantinya bakal sulit dilepaskan. Namun yang paling parah adalah bagian tersebut dapat terpisah dari metal shell dan dapat tertinggal di mesin.

“Kalau sampai begini tentunya bakal susah, dimana mesin harus dibubut sehingga akhirnya membuat mesin rusak,” ucap Diko lagi.

Namun jika kondisi busi mobil kurang kencang, maka akan berpengaruh pada performa pembakaran yang menjadi tidak sempurna. Hal ini akan tentu akan merusak elektroda yang terdapat pada busi mobil karena kontak yang terjadi antara komponen kecil dengan kepala silinder tidak mencukupi sehingga membuat panas menjadi abnormal.

Agar pemasangan busi mobil benar, sebaiknya Anda menggunakan kunci momen meskipun harganya terbilang cukup mahal, apalagi jika Anda kurang suka dalam mengotak-atik kendaraan, tentunya berpikir dua kali untuk membeli perangkat ini. Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir, karena terdapat trik mudah yang bisa Anda lakukan tanpa menggunakan alat khusus, yaitu dengan mengukur putaran.

“Kalau bengkelnya mampu, kemungkinan bisa beli kunci momen, dimana harga satuannya itu sekitar Rp 4 jutaan. Sedangkan ukurannya sendiri ada lima macam, jadi kalau di total biaya yang dikeluarkan Rp 20 jutaan,” terang Diko.

Baca Juga: Tips Membersihkan Ruang Mesin Yang Aman Dan Benar

Sebelum Anda menggunakan metode ini, terdapat beberapa kriteria yang perlu Anda perhatikan, seperti kondisi dan ukuran diameter ulir. Hal ini bertujuan untuk dapat mengetahui besar sudut putar. Jadi misalkan busi mobil berukuran 18 dan 14 mm, jika belum pernah digunakan sama sekali, maka sudut putarannya bisa setengah atau 180 derajat, ditambah dua pertiganya (240 derajat) untuk sekedar memastikan. Sebaliknya, Jika busi tersebut telah digunakan, maka sudut putarnya cukup 30 derajat saja.

“Namun sebelum dikencangkan, masukkan dan puntir terlebih dahulu busi mobil dengan tangan sampai tidak bisa diputar lagi. Atau dengan menggunakan selang yang ukurannya sama. Karena itu, pastikan agar tidak miring karena beresiko dapat merusak komponen,” ucap Diko.

Sedangkan mobil yang punya luas penampang 12 dan 10 mm, maka sudut putarannya juga setengah atau 180 derajat dan tidak perlu dilebihkan, seperti pada ukuran 18 dan 14 mm. Namun, bagi yang telah terpakai, sudut putarannya hanya 30 derajat saja. Setelan ini juga berlaku juga untuk busi dengan diameter sebesar 8 mm yang sebelumnya pernah dirapatkan. Namun, bagi yang baru, cukup digerakkan dengan membentuk sudut 120 derajat.

“Untuk indikatornya sendiri dapat dilihat dari ukuran gasket (ring). Komponen ini akan mengecil ketika dipasang dan tertekan. Rage-nya tersebut diantara 1,4 mm hingga 1,6 mm,” terangnya lagi.

Jika Anda sedang mencari mobil bekas berkualitas dengan cicilan kredit yang mudah, aman dan transparan, segera kunjungi website www.otomart.id. Karena kami selalu siap membantu mewujudkan impian Anda untuk mendapatkan mobil bekas berkualitas terbaik.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Ternyata Ini Alasan Mengapa Kijang LGX Banyak Dicari!

OTOmart – Di antara banyak varian model Kijang yang beredar di pasar mobil bekas...

Banyak Dicari, Segini Harga Hyundai Santa Fe Sekarang!

OTOmart – Jika Anda ingin memiliki mobil SUV bekas dengan tampilan yang gagah, mempunyai...

Cari Honda Mobilio Bekas 2018? Ini Harga Bekasnya Sekarang!

OTOmart – Di pasar mobil bekas, Honda Mobilio bekas 2018 adalah yang paling banyak...

Harga Daihatsu Terios Bekas Kini Mulai Dari Rp 85 Juta

OTOmart – Hingga kini, Daihatsu Terios masih menjadi salah satu mobil primadona di pasar...

Harga Xenia Bekas Semakin Terjangkau, Mulai Rp 50 Jutaan

OTOmart – Hingga kini Daihatsu Xenia bekas masih banyak menjadi incaran para pemburu mobil...

Daftar Lengkap Harga Sparepart Fast Moving Nissan Grand Livina

OTOmart – Salah satu alasan bagi para pemburu mobil bekas adalah tingkat ketersediaan suku...