Trik Menghilangkan Suara Mesin Mobil Diesel Berisik

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
mesin mobil diesel
Mesin Isuzu Panther (Source: Blackxperience)

OTOmart – Berkembangnya teknologi saat ini semakin membuat suara mesin mobil menjadi lebih hening dibandingkan mesin mobil lawas, terutama mesin diesel. Namun tahukah Anda ternyata ada cara lain yang bisa Anda lakukan agar suara pada mesin diesel menjadi lebih hening.

Seperti diketahui, mesin diesel dikenal sering menimbulkan bunyi gemeretak yang terkadang kerap kali menyusup ke bagian dalam kabin mobil.

Baca Juga: Mau Swap Engine? Ketahui Dulu Harga Mesin Mobil Baru dan Bekasnya

Namun ternyata ada cara lain yang bisa Anda lakukan untuk meredam atau menghalangi suara bising dari mesin diesel agar tidak tembus ke bagian dalam kabin.

Caranya adalah dengan melakukan peredaman suara dengan cara menambah massa pada bagian pelat bodi dengan material yang elastis sehingga getaran suara dapat direduksi.

Saat ini, telah banyak produk peredam suara yang beredar di berbagai toko otomotif. Namun, dari sekian banyak produk peredam suara yang ada, tidak ada yang khusus diciptakan untuk mobil dengan mesin-mesin diesel sehingga diperlukan beberapa trik yang bisa Anda lakukan agar kabin mobil diesel menjadi lebih senyap sehingga suara bisisng bisa segera direduksi.

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengetahui sumber suara bising terlebih dahulu, kemudian mengetahui posisi mesin, dan mengecek kondisi mesin agar “pengobatan” menjadi lebih efektif.

Sedangkan untuk mesin diesel yang menggunakan penggerak belakang dengan posisi mesin agak menjorok, maka yang perlu Anda lakukan adalah dengan memasang peredam tambahan di sepanjang jalur kopel melintang mulai dari girboks mesin hingga ke bagian gardan belakang.

Hal ini dilakukan untuk meredam suara yang timbul yang berasal dari perputaran kopel.

Baca Juga: Cari Mesin Mobil Copotan Berusia Muda? Mampir Kesini Aja!

Sedangkan untuk sisanya, pemasangan peredam sama persis untuk kedua jenis penggerak, yaitu pada bagian Firewall untuk bagian dalam kabinnya, dan bagian engine bay untuk bagian sisi luar kanannya.

Pemasangan peredam ini bertujuan untuk meredam suara mesin diesel agar tidak tembus keluar dari engine bay dan tidak terlalu terdengar nyaring di luar kendaraan.

Nah, berikut ini adalah beberapa trik yang bisa Anda lakukan agar suara mesin diesel tidak terlalu berisik dan masuk ke dalam ruang kabin. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Jika Anda kesulitan dalam menemukan mobil dengan harga terjangkau, Anda dapat mengunjungi situs jual beli mobil bekas terkemuka di Indonesia, yaitu Otomart di www.otomart.id. Di sini, Anda akan mencari mobil bekas pilihan Anda dengan kualitas terbaik dan terpercaya. Segera kunjungi Otomart sekarang juga!

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Daftar Lengkap Harga Toyota Vios Bekas Maret 2020

OTOmart – Sejak dirilis pada tahun 2003 silam di Indonesia, Toyota Vios menjelma menjadi...

Suzuki Ertiga 2014 Kini Dibanderol Mulai Dari Rp 100 Jutaan

OTOmart – Suzuki Ertiga merupakan salah satu mobil berjenis MPV yang tentunya banyak diburu...

Bunuh Virus Corona di Kabin Dengan Proses Sterilisasi Ini

OTOmart – Salah satu bagian mobil yang berpotensi menjadi media penyebaran virus Corona atau...

Bagian Mobil Ini Perlu Dibersihkan Agar Terhindar Dari Virus Corona

OTOmart – Salah satu upaya dalam melindungi diri dari penyebaran virus corona atau covid-19...

Scuto Indonesia Sediakan Jasa Penyemprotan Disinfektan Gratis

OTOmart – Dengan semakin berkembangnya penyebaran wabah virus corona atau Covid-19, tentu membuat para...

Suzuki Klaim Biaya Perawatan Suzuki XL7 Cuma Rp 3.800 Per Hari

OTOmart – Sebagai salah satu pemain baru di pasar otomotif Indonesia, Suzuki XL7 telah...