Mobil Matik Nekat Terjang Genangan Air, Begini Trik Amannya

posted in: Artikel Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
genangan air
trik melewati genangan air bagi mobil matik (Toyota Astra)

OTOmart – Di musim hujan saat ini, pada umumnya di beberapa ruas jalan akan mengalami genangan air yang cukup tinggi atau bahkan banjir. Nah, jika Anda menemukan kondisi jalan seperti itu, maka sebaiknya hindari jalan tersebut dan menggunakan jalan alternatif lain. Apalagi jika mobil yang Anda gunakan merupakan mobil matik.

Salah satu pemilik bengkel mobil yang berada di wilayah Bintari, Tangerang Selatan, Efensi Prabowo mengatakan jika mobil matik sebaiknya tidak menerjang banjir, karena sistem transmisi yang digunakan bekerja secara komputerisasi dan menggunakan perangkat elektrikal, dimana air merupakan musuh utama yang harus dihindari.

Baca Juga: Mobil Mogok Karena Banjir? Begini Cara Menghidupkannya

“Karena transmisi mobil matik itu cara kerjanya secara komputerisasi dan menggunakan berbagai perangkat elektrikal di dalamnya, sehingga harus menghindari air. Karena air merupakan musuh utamanya,” terangnya, seperti dilansir laman GridOto.com.

Jika komponen elektrikal atau kabel listrik pada sistem transmisi yang digunakan pada mobil matik terkena air saat dipaksa untuk menerjang genangan air, maka resiko terjadinya korsleting atau hubungan arus pendek akan semakin besar.

Karena itu, sebaiknya Anda menggunakan beberapa tips aman berikut ini saat mobil matik digunakan untuk menerjang genangan air, yaitu:

1. Mendeteksi seberapa dalam banjir atau genangan air yang akan Anda terjang dan lewati. Cara paling mudah dalam menentukan tingkat kedalaman banjir atau genangan air adalah dengan memanfaatkan mobil yang berada di bagian depan atau berbagai benda yang berada di sekitar area banjir, seperti tiang listrik atau trotoar.

“Jika ketinggian air melewati batas setengah ban, maka sebaiknya dihindari. Namun jika masih berada di bawah itu, maka besar kemungkinannya untuk dapat dilewati,” terang Hermas.

2. Saat melewati banjir, sebaiknya pindahkan transmisi otomatis ke gigi yang paling rendah, yaitu L atau 1. Hal ini bertujuan untuk tetap menjaga putaran mesin agar lebih stabil dan selalu mendapatkan torsi yang optimal pada mesin.

“Jika mobil Anda menggunakan transmisi Tiptronic, maka sebaiknya gunakan mode manual saja dan masuk ke gigi 1 agar transmisi tidak secara otomatis berpindah ke gigi yang lebih tinggi lagi,” ucap Hermas.

3. Pastikan jaga jarak yang cukup aman dan jauh dari kendaraan yang berada di depan mobil Anda. Hal ini bertujuan untuk memberikan ruang menghindar jika kendaraan yang berada di depan mengalami mogok atau berhenti.

Baca Juga: Tips Berkendara Saat Hujan Yang Perlu Diketahui Pengemudi

4. Jika terpaksa berhenti karena terlalu dekat dengan kendaraan yang berada di depan, maka gunakan bantuan seperti rem tangan atau rem menggunakan kaki kiri sembari tetap menginjak pedal gas. Hal ini bertujuan untuk tetap menjaga putaran mesin tetap stabil, yaitu dengan bantuan rem dalam menahan laju mobil tersebut.

“Sistem transmisi manual tentu berbeda dengan transmisi otomatis, dimana Anda dapat bermain setengah kopling untuk tetap menjaga putaran mesin. Namun, di transmisi otomatis, saat kendaraan berhenti, maka secara otomatis putaran mesin akan drop sehingga menyebabkan air masuk melalui lubang knalpot,” tegas Hermas lagi.

5. Mainkan rem tangan atau pedal rem secara halus. Sebab, jika diperlakukan secara keras dan kasar akan menyebabkan terjadinya stall speed atau torque converter masuk ke dalam transmisi maju namun posis mobil dalam keadaan tetap atau diam.

“Namun, jika stall speed dilakukan secara terus menerus, yang ada komponen torque converter jadi jebol,” tutup Hermas sambil tertawa.

Jika Anda ingin cari mobil bekas yang berkualitas dengan harga yang murah, OTOmart siap melayani Anda. Kunjungi OTOmart sekarang juga untuk mendapatkan mobil impian Anda sekarang.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Update Terbaru Harga Avanza Bekas Desember 2019

OTOmart – Hingga saat ini, Toyota Avanza masih menjadi salah satu mobil bekas yang...

Harga Mitsubishi Xpander Bekas Mulai Dari Rp 200 Jutaan

OTOmart – Dibandingkan versi terbarunya, harga jual Mitsubishi Xpander bekas justru lebih menarik. Di...

Sabun Bayi, Cara Murah Merawat Jok Mobil Berbahan Kulit

OTOmart – Jok mobil berbahan kulit pada dasarnya jauh lebih mudah dirawat. Akan tetapi,...

Knalpot Keluar Air dari Mobil Setiap Pagi? Ini Penyebabnya

OTOmart – Jika Anda sering menyalakan mobil di pagi hari dan menemukan knalpot keluar...

Tips Terbaik Membersihkan Setir Mobil Usai Mudik Lebaran

OTOmart – Salah satu komponen mobil yang selalu bersentuhan dengan tangan Anda adalah setir....

Ingin Mudik Aman dan Nyaman? Sebaiknya Cek 7 Komponen Mobil Ini

OTOmart – Menjelang Hari Raya Idul Fitri, sebagian besar masyarakat tentunya akan menjalankan salah...