4 Alasan Mengapa Transmisi Manual Jarang Dipilih Konsumen

posted in: Artikel Mobil | 1 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
transmisi manual
Sumber: Wuling.id

OTOmart – Saat ini mobil dengan pilihan transmisi matik semakin digemari oleh masyarakat. Hal inilah yang membuat mobil dengan transmisi manual lambat laun semakin ditinggalkan oleh para konsumen. Para konsumen menganggap jika penggunaan transmisi matik lebih praktis, terlebih saat kondisi jalan macet atau saat menghadapi jalan yang menanjak, dimana Anda tidak perlu lagi secara bergantian menekan pedal gas dan rem menggunakan kaki kanan.

Berbeda dengan transmisi manual, dimana para pengemudi harus lebih berkonsentrasi antara otak dengan kinerja kaki bagian kiri dan kanan, dimana kaki bagian kiri mempunyai fungsi untuk menginjak kopling.

Baca Juga: Ingin Transmisi Otomatis Anda Awet? Sebaiknya Lakukan Tips Ini

Meskipun begitu tidak sedikit orang yang lebih menyukai mobil bertransmisi manual dibandingkan dengan transmisi matik. Hal ini dikarenakan mobil yang menggunakan pedal kopling dianggap mempunyai penampilan yang lebih sporty serta tarikannya yang luwes.

Hal inilah yang membuat salah satu situs otomotif terkemuka di dunia, Carbuzz merangkum beberapa alasan mengapa terkadang transmisi otomatis lebih baik dari pada transmisi manual.

1. Banyak Pilihan

Di beberapa negara maju seperti Amerika Serikat, mobil bertransmisi otomatis ternyata lebih banyak diminati dibandingkan dengan mobil bertansmisi manual. Namun meskipun begitu, para produsen mobil masih akan tetap menawarkan mobil bertransmisi manual sebagai pilihan demi menekan biaya produksi mereka.

2. Pergantian Gigi Lebih Cepat

Banyak orang mengatakan bahwa kecepatan mobil bertransmisi manual lebih unggul jika dibandingkan dengan mobil bertransmisi otomatis. Namun, seiring perkembangan teknologi yang semakin maju, membuat pergantian gigi yang awalnya lambat kini dapat lebih cepat daripada manual. Inilah yang menyebabkan mobil bertransmisi otomatis dapat berlari lebih kencang daripada mobil dengan transmisi manual.

3. Mudah Dicari

Di Amerika Serikat, mobil bertransmisi manual merupakan salah satu kendaraan langka akibat dari peminatnya yang semakin lama semakin berkurang. Hal inilah yang membuat para produsen mobil tidak semuanya menawarkan mobil bertransmisi manual. Jadi, jika Anda menemukan mobil bertransmisi manual diantara mobil matik, maka Anda merupakan orang yang beruntung.

Baca Juga: Keunggulan Transmisi AMT Pada Wuling Cortez Yang Perlu Diketahui

4. Terdapat fitur Adaptive Cruise Control

Pada mobil bertransmisi manual, tidak semua fitur canggih yang disematkan padanya dapat dimaksimalkan. Salah satu fitur yang bisa dimaksimalkan adalah Adaptive Cruise Control. Fitur ini berfungsi untuk membuat mobil Anda dapat berjalan dengan kecepatan konstan seperti cruise control.

Namun, fitur ini kurang asyik jika diterapkan pada mobil bertransmisi manual, sebab dalam menurunkan dan menaikkan kecepatannya dibutuhkan kombinasi kopling sehingga akan membuat pengemudi merasa kurang nyaman.

 

Sumber: Liputan 6

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Harga Mitsubishi Xpander Bekas Mulai Dari Rp 200 Jutaan

OTOmart – Dibandingkan versi terbarunya, harga jual Mitsubishi Xpander bekas justru lebih menarik. Di...

Sabun Bayi, Cara Murah Merawat Jok Mobil Berbahan Kulit

OTOmart – Jok mobil berbahan kulit pada dasarnya jauh lebih mudah dirawat. Akan tetapi,...

Knalpot Keluar Air dari Mobil Setiap Pagi? Ini Penyebabnya

OTOmart – Jika Anda sering menyalakan mobil di pagi hari dan menemukan knalpot keluar...

Tips Terbaik Membersihkan Setir Mobil Usai Mudik Lebaran

OTOmart – Salah satu komponen mobil yang selalu bersentuhan dengan tangan Anda adalah setir....

Ingin Mudik Aman dan Nyaman? Sebaiknya Cek 7 Komponen Mobil Ini

OTOmart – Menjelang Hari Raya Idul Fitri, sebagian besar masyarakat tentunya akan menjalankan salah...

Tips Hindari Pecah Ban di Jalan Tol Saat Mudik Lebaran

OTOmart – Sebagian besar kondisi jalan Tol Trans Jawa menggunakan jenis beton cor untuk...