Toyota Yaris 2016 Sedang Dalam Masa “Pendaftaran”

posted in: Artikel Mobil | 0 | Author : OTOMART

OTOMART, Jakarta – PT Toyota Astra Motor (TAM) terpantau tengah mempersiapkan produk baru bagi masyarakat tanah air. Sebelumnya, Toyota baru saja meluncurkan Toyota Sienta dan Toyota Calya, dimana keduanya mampu menarik minat pasar dan berhasil menambah total penjualan TAM. Nampaknya, Toyota akan meluncurkan produk baru dalam waktu dekat.

Dilansir dari beberapa laman otomotif, Toyota Yaris 2016 dikabarkan akan segera diluncurkan. Hal ini terlihat dari data yang tercantum di Tanda Pedaftaran Tipe (TPT) Kementerian Perindustrian. Pendaftaran itu dilakukan oleh PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia pada 24 dan 29 Agustus 2016. Saat ini, tipe Yaris yang didaftarkan masih dalam proses. Beberapa tipe Toyota Yaris yang didaftarkan adalah tipe 1.5 G AT, S  MT, S CVT,  E M/T, E, dan E CVT.

Dengan mengandalkan transmisi CVT, Toyota Yaris akan menawarkan pengalaman berkendara yang lebih baik daripada transmisi konvensional 4-percepatan. Alasannya akselerasi dan perpindahan akan menjadi lebih halus.

Transmisi itu akan dikombinasikan dengan dapur pacu yang sama, yakni 1.5 liter. Hanya saja, jika sebelumnya mengandalkan mesin 1NZ-FE 4 silinder DOHC, pada Toyota Yaris terbaru akan menggunakan mesin 2NR-FE DOHC berkapasitas sama. Yang menarik, mesin tersebut sudah mengadopsi teknologi Dual VVT-i seperti pada mobil Toyota terbaru.

Perlu diketahui, mesin dan transmisi ini sama seperti yang dipakai pada model MPV Toyota Sienta yang hadir beberapa waktu lalu. Sebagai gambaran, mesin Toyota Sienta dapat mengeluarkan daya hingga 107 dk dengan torsi puncak 14,3 kgm. Sedangkan mesin lama Yaris berkapasitas sama dan belum dual VVT-i memiliki tenaga puncak 109 dk dengan torsi 14,4 kgm.

Dengan berbekal teknologi Dual VVT-i, tenaga Toyota Yaris terbaru nantinya diharapkan bisa lebih besar sekitar 2 hingga 3 dk. Sebab bobot Yaris lebih ringan dari Sienta maupun Avanza/Veloz.

Toyota Yaris Indonesia 2016 bukanlah satu-satunya mobil yang akan mendapat penyegaran. Dari sumber informasi yang sama, disebutkan bahwa pabrikan mobil raksasa asal Negeri Samurai itu juga menyiapkan Vios terbaru dengan dukungan fitur dan teknologi serupa.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Ingin Mudik Aman dan Nyaman? Sebaiknya Cek 7 Komponen Mobil Ini

OTOmart – Menjelang Hari Raya Idul Fitri, sebagian besar masyarakat tentunya akan menjalankan salah...

Tips Hindari Pecah Ban di Jalan Tol Saat Mudik Lebaran

OTOmart – Sebagian besar kondisi jalan Tol Trans Jawa menggunakan jenis beton cor untuk...

Tips Merawat Radiator Mobil Agar Tidak Jebol Karena Overheat

OTOmart – Radiator adalah salah satu komponen pada mobil yang sangat penting agar suhu...

Tips Mengemudi Mobil Yang Aman di Malam Hari

OTOmart – Bagi sebagian orang berkendara di malam hari dianggap mempunyai sensasi tersendiri, mulai...

Tips Membersihkan Ruang Mesin Yang Aman Dan Benar

OTOmart – Ruang mesin merupakan salah satu area mobil bekas yang paling jarang dibersihkan...

Sering Lupa Ganti Oli? Siap-Siap Transmisi Matik Sering Nyangkut

OTOmart – Salah satu hal yang paling sering dilakukan oleh pembeli mobil bekas adalah...