Toyota Siapkan SUV Kompak 1.500cc, Dirilis 2020 Mendatang

posted in: Berita Mobil | 2 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
kompak
Toyota Rush Compact (Youtube)

OTOmart – Jika berbicara mengenai sebuah SUV kompak dalam satu dekade ke belakang, maka mobil milik pabrikan berlogo tiga elips dengan kubikasi mesin sebesar 1.500cc tentu akan terlintas dalam pikiran Anda. Yap, Toyota Rush yang merupakan pengembangan dari sosok Daihatsu Be-Go merupakan kendaraan milik Toyota yang terbilang cukup sukses dalam hal penjualannya.

Namun yang cukup disayangkan adalah tidak adanya suksesor yang mumpuni setelah produksi kendaraan ini dihentikan pada tahun 2016 silam di Jepang. Akan tetapi, setelah munculnya kabar mengenai suksesor mobil ini, memberikan secercah harapan bagi para penggemar mobil compact SUV dari Toyota.

Baca Juga: Interior Diubah, Penampilan Toyota Rush Jadi Lebih Premium

Di Jepang, Toyota Rush mempunyai bentuk yang lebih mungil atau short wheelbase. Bentuknya pun sama dengan kembarannya, yaitu Daihatsu Be-Go. Sedangkan di Indonesia, All New Toyota Rush yang saat ini ada merupakan versi LWB yang sengaja dikembangkan khusus untuk varian LWD atau long wheelbase sehingga membuat penampilannya tidak lagi kompak. Kondisi inilah yang membuat kami mengatakan jika hingga saat ini belum ada suksesor Toyota Rush dengan dimensi yang mungil.

Akan tetapi, berdasarkan kabar yang dilansir dari Chukei News Japan menunjukkan bahwa Toyota kembali akan menghadirkan sebuah SUV kompak berkubikasi 1.500cc. Sumber tersebut juga mengatakan jika mobil ini akan diluncurkan pada tahun 2020 mendatang.

Pabrik Toyota yang berada di wilayah Tohoku, Prefektur Miyagi yang berada di sisi timur wilayah Jepang mendapat kabar bahagia, sebab di tempat tersebutlah, Toyota akan memproduksi kendaraan ini di masa depan. Dengan diproduksinya sosok SUV kompak Toyota, maka tentu hal ini akan menambah panjang deretan SUV kompak Toyota yang sebelumnya ada sejak generasi Toyota Cami dan Rush SWB.

kompak
Toyota Rush Compact (St. Luciais Paradise)

Lalu apakah SUV kompak dari Toyota ini akan menggunakan basis yang sama dengan Toyota Rush yang ada di Indonesia? Jawabannya mungkin tidak, kecuali jika membahas urusan mesin. Sebab, SUV ini dikabarkan akan menggunakan mesin berkubikasi 1.500cc.

Buka hanya itu, salah satu alasan munculnya SUV kompak terbaru ini di Indonesia karena pasar SUV Tanah Air sedang mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Padahal tren penjualan mobil di Jepang sedang mengalami penurunan akibat makin berkurangnya jumlah populasi di negara tersebut. Selain itu, terdapat juga tren peralihan generasi mudah di negara tersebut yang nampak tidak tertarik untuk membeli mobil di sana.

Baca Juga: Toyota Avanza dan Rush Masih Jadi Mobil Idaman di Vietnam

Walau begitu, Toyota masih sangat yakin jika demand SUV masih sangat baik di Jepang sehingga mereka memutuskan untuk menambah produk pada segmen ini. Sebelumnya, Toyota sendiri telah memperkenalkan produk SUV kompak miliknya pada saat yang bersamaan dengan diberhentikanya produksi dari Toyota Rush, yaitu Toyota C-HR. Akan tetapi, sepertinya sosok tersebut belum dapat menjadi sosok pengganti yang pas untuk Toyota Rush di negara tersebut.

Karena itu, patut kita tunggu kehadiran kendaraan ini untuk dapat melihat seperti apakah SUV kompak milik Toyota yang digadang-gadang menjadi penerus dari Toyota Rush.

Jika Anda ingin cari mobil bekas yang berkualitas dengan harga yang murah, OTOmart siap melayani Anda. Kunjungi OTOmart sekarang juga untuk mendapatkan mobil impian Anda sekarang.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Ini Perubahan Yang Dilakukan Suzuki Pada All New Ertiga 2020

OTOmart – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) di awal tahun 2020 melakukan gebrakan dengan...

Tips Agar Performa Turbo Kijang Innova Diesel Meningkat

OTOmart – Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan performa mesin Toyota...

Ketahui Ciri-Ciri Mobil Yang Terendam Banjir Dengan Trik Ini

OTOmart – Di hari pertama tahun 2020, banjir melanda sebagian besar wilayah di Jakarta...

Mau Campur Angin Nitrogen Dengan Angin Biasa? Ini Penjelasannya

OTOmart – Anda biasa mengisi tekanan ban mobil Anda dengan angin nitrogen dan ingin...

Interior Mobil Anda Rusak Akibat Banjir, Segini Biaya Perbaikannya

OTOmart – Salah satu mimpi buruk para pemilik mobil yang terendam banjir adalah kotoran...

Pertolongan Pertama Saat Mobil Matik Bekas Anda Terendam Banjir

OTOmart – Saat banjir melanda wilayah Anda dan merendam mobil matik bekas Anda, maka...