Toyota Lakukan Kerjasama Ke Taksi Online Grab

posted in: Berita Mobil | 2 | Author : Ahmad Nur Ubaidah

taksi online

Otomart, Jakarta – Salah satu pabrikan otomotif terbesar asal Jepang, Toyota mengumumkan bahwa mereka telah menggelontorkan investasi dengan salah satu perusahaan ride-sharing (ojek/ taksi online) terbesar di Asia Tenggara, Grab. Namun pihak Toyota belum mau menginformasikan berapa jumlah total investasi yang dikeluarkan.

Sebelumnya, rival Toyota, yaitu Honda Motor (roda dua) telah terlebih dahulu melakukan kerjasama dengan Grab pada 2016 lalu. Bemitranya Honda-Grab bertujuan untuk memperluas operasi ojek online di seluruh wilayah Asia Tenggara.

Rencana Honda dan Grab tersebut, sepertinya tidak berbeda jauh dengan yang akan dilakukan oleh Toyota. Terjadinya kesepakatan Toyota-Grab terjadi setelah Toyota berhasil membeli beberapa saham Uber Technologies setahun lalu sehingga menjadi bagian dari aliansi yang sedang dijahit oleh Toyota untuk dapat mengeksplorasi jenis pendapatan baru.

“Melalui kerjasama ini, kami ingin mencari cara baru untuk dapat menghadirkan layanan mobilitas yang aman, mudah dan menarik bagi pelanggan armada kami yang berada di Asia Tenggara,” ujar Shigeki Tomoyama, Pejabat Senior Toyota, seperti dilansir Autonews, Rabu (30/8).

Kerjasama Toyota dan Grab ini rupanya merupakan strategi baru yang ingin dilakukan oleh Toyota untuk dapat bersaing dengan perusahaan teknologi. Selain itu, juga untuk mencari tahu bagaimana cara menghasilkan uang dari taksi online, elektrifikasi dan model transportasi yang mulai akan menggeser pola kepemilikan mobil secara individu atau dari ownership menjadi sharing.

Program Kerjasama dengan Grab

Dengan program kerjasama dengan Grab, Toyota akan mulai mencatat serta menganalisa pola mengemudi di 100 mobil Grab yang berada di Singapura dan selanjutnya akan menawarkan rekomendasi mengenai connected services yang dapat diberikan oleh Toyota pada supir Grab.

Toyota selain bekerjasama dengan Grab, ternyata juga mempunyai saham daring lainnya, yaitu Uber. Selain itu, Toyota juga akan berkolaborasi dengan perusahaan asal Amerika Serikat, Getaround untuk menguji sistem car-sharing terbaru dengan salah satu perusahaan teknologi Servo Pacific Inc. yang direncanakan akan dilakukan pada bulan Agustus 2017 di Honolulu, Hawai.

Saat ini, Grab yang telah mempunyai 1,2 juta pengemudi taksi online yang berada di tujuh negara juga sedang memperluas kemitraannya. Selain dengan beberapa produsen otomotif, seperti Honda dan Toyota, mereka saat ini juga telah menggandeng Tokyo Century Corp. yang merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang bisnis pembiayaan dan penyewaan mobil untuk para driver.

Grab yang saat ini tengah bersaing dengan Gojek juga telah mengintegrasikan layanannya yang berada di Singapura dengan merangkul berbagai jaringan pusat perbelanjaan, apartemen dan berbagai kantor servis CapitaLand. Sedangkan di Indonesia, saat ini Grab tengah merangkul Grup Lippo, yang didirikan oleh salah satu konglomerat Indonesia, Mochtar Riady.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Penjualan Daihatsu Sirion Facelift 2020 Tunjukkan Tren Positif

OTOmart – Setelah meluncur secara resmi pada bulan lalu yang dilakukan melalui live streaming...

Suzuki Ignis Facelift 2020 Siap Meluncur Pada 9 April 2020

OTOmart – Setelah sebelumnya telah kepergok akan kehadirannya di jalan tol lingkar luar Cakung...

Ternyata Begini Loh Cara Bayar Pajak Mobil Online

OTOmart – Dengan semakin meluasnya pandemic virus corona di Indonesia, serta mendorong agar masyarakat...

Nissan Indonesia Resmi Telah Menutup Pabriknya di Indonesia

OTOmart – Sebagai bagian dari rencana untuk melakukan optimasi produksi serta re-organisasi operasi bisnisnya,...

Mobil Matic Murah Ini Dibanderol Mulai Dari Rp 100 Jutaan

OTOmart – Saat ini, terdapat dua jenis sistem transmisi yang digunakan di mobil, yaitu...

Daftar Harga Lengkap Daihatsu All New Terios 2018

OTOmart – Salah satu pilihan mobil yang tepat untuk Low SUV bekas tahun muda...