Lakukan Ekspansi, Toyota Kirimkan 800 Unit Fortuner ke Vietnam

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
toyota
Toyota kirimkan 800 unit Fortuner ke Vietnam (Carmudi)

OTOmart – Setelah sempat tertunda akibat adanya pengetatan aturan impor kendaraan sejak bulan Januari 2018 kemarin, Toyota kembali mengekspor mobilnya ke Vietnam.

Hal ini dilakukan setelah Toyota lulus dari uji coba ekspor pada Mei kemarin. Hal ini tentu mendorong Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dapat kembali melakukan aktivitas ekspor mobil dalam bentuk utuh atau yang dikenal dengan sebutan CBU ke Vietnam. Pada tahap awal, Toyota akan mengirimkan 800 unit Fortuner selama periode Mei-Juli 2018 ke negara tersebut.

Baca Juga: Fortuner Jadi Armada Tambahan Toyota Home Service

“Benar, kami sudah kirim sejak Mei kemarin,” ucap Bob Azzam, Director Administration Corporate & External Affairs TMMIN, seperti dilansir laman CNN Indonesia, Senin (16/7) kemarin.

Dirinya juga menuturkan jika pengiriman tersebut dapat dilakukan setelah sebelumnya Toyota berhasil mendapatkan sertifikat laik jalan atau vehicle type approval (VTA) kendaraan-kendaraan dari dalam negeri yang telah disetujui oleh pemerintah Vietnam.

Pemerintah Vietnam sebelumnya telah mengeluarkan regulasi impor melalui “Decree On Requirements for Manufacturing, Assembly and Import of Motor Vehicles and Trade in Motor Vehicle Warranty and Maintenance Service” yang mulai berlaku pada 1 Januari 2018 lalu atau yang lebih dikenal dengan nama Dekret 116.

Dekret 116 mengatur mengenai persyaratan manufaktur perakitan dan impor kendaraan bermotor antar kedua negara, mulai dari perdagangan jasa jaminan serta pemeliharaan kendaraan bermotor di Vietnam.

Untuk menindaklanjuti Dekret 116 tersebut, pemerintah Indonesia pun menuruti permintaan untuk membuat sertifikat persetujuan mengenai tipe kendaraan (vehicle type approvall VTA) CBU guna menyesuaikan ketentuan impor yang telah diberlakukan di negara tersebut.

Baca Juga: Siap-Siap Toyota Avanza Terbaru Meluncur Akhir Tahun Ini

TMMIN yang merupakan produsen otomotif terbesar di Indonesia mampu mengekspor produk unggulannya Fortuner ke Vietnam hingga mencapai angka 12.222 unit pada tahun 2017 lalu. Itu juga belum termasuk pengiriman Rush dan Vigo (Agya). Dimana jika ditotal, maka TMMIN mampu mengekspor sebanyak 2.000 unit per bulannya.

Namun, Bob hingga saat ini belum dapat memastikan apakah pihaknya akan mengurangi jumlah kendaraan untuk melakukan ekspor tujuan ke Vietnam setelah pemerintah setempat memberlakukan ketentuan impor yang baru dan telah ditetapkan, yaitu mengenai pengecekan per pengiriman.

“Nah, makanya itu sekarang tinggal lot by lot checking, dan saya juga sekarang masih mempersiapkan seluruh datanya,” terang Bob lagi.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Daftar Mobil Test Drive Di Gelaran GIIAS 2019

OTOmart – Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 hari ini telah secara resmi...

Suzuki Luncurkan Program Trade-In Saat GIIAS 2019 Besok

OTOmart – Menjelang digelarnya pameran otomotif terkemuka Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019,...

Airbag Mobil Toyota Rush Bermasalah, Toyota Lakukan Recall

OTOmart – Salah satu pabrikan otomotif terkemuka asal Jepang, Toyota Motor Corporation melalui PT...

Teaser Mobil Juke Terbaru Resmi Dirilis, Ini Prediksi Perubahannya

OTOmart – Jelang peluncuran perdananya pada September 2019 mendatang, Nissan Motors telah membocorkan sedikit...

Tengah Naik Daun, Ini Harga Kamera 360 Aftermarket Xpander dan Livina

OTOmart – Di antara berbagai macam fitur yang disematkan pada beberapa bagian mobil, fitur...

Dilengkapi Voice Command, Almaz 7 Seater Bisa Dipesan Hanya Rp 5 juta

OTOmart – Almaz 7 Seater baru saja diperkenalkan oleh produsennya, Wuling Motors Indonesia, kemarin,...