Toyota Fortuner VRZ 4×2 Taklukkan Jalur Gunung Merapi

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : OTOMART

WIL_1984OTOMART, Yogyakarta – Sukses melakukan perjalanan aspal dengan rute Semarang – Jogyakarta, PT. Toyota Astra Motor (TAM) mengajak redaksi dan sejumlah jurnalis otomotif nasional lainnya untuk bermain di kaki Gunung Merapi, Jogyakarta. Bukan varian 4×4 yang dipakai, melainkan tetap menggunakan All New Toyota Fortuner VRZ 4×2. Redaksi sempat khawatir mengingat jalan terjal dengan batu dan berpasir serta menanjak tidak akan bisa ditaklukkan Fortuner anyar ini.

Perjalanan menuju kaki Gunung Merapi ini dirasakan cukup menantang. Jalan aspal berkelok dengan tanjakan tinggi, jadi menu utama. Memposisikan tuas transmisi di ‘D’ sambil mengaktifkan moda berkendara Power Mode, akselerasi Fortuner baru terasa lebih galak dibanding generasi Fortuner sebelumnya. Hentakan torsi begitu menghentak, dan sangat terasa ketika hendak menyalip kendaraan di depan.

WIL_1308Memasuki kaki Gunung Merapi, tantangan sebenarnya dimulai dari sini. Mesin baru GD 2.4 L VNT bertenaga 149 PS dan torsi puncak 40,3 Kgm pada 1.600-2.000 rpm akan dicoba ketangguhannya dengan hanya mengandalkan sistem penggerak roda belakang (4×2). Padahal lintasan ini merupakan track off-road, yang menjadi santapan mobil-mobil dengan penggerak empat roda atau 4×4.

Memasuki lintasan Merapi, Fortuner cukup percaya diri diajak bermanuver. Meski bodinya bongsor, jalur sempit dengan hanya cukup untuk satu mobil, dan tracknya berkarakter berkelok-kelok, ternyata bisa dengan mudah dilalui oleh Fortuner. Bahkan lubang dalam, sampai kubangan air tidak menjadi masalah berarti. Merangkak naik menuju Museum Sisa Hartaku, Fortuner sukses melaluinya.

WIL_1225Perjalanan kemudian dilanjutkan menuju lokasi bernama Batu Alien. Menuju lokasi, redaksi disuguhi jalan berbatuan dengan kontur tidak stabil. Teknik berkendara sangat diuji di sini, tidak boleh terlalu nafsu, tapi juga tidak terlalu pelan. Guna memaksimalkan engine brake, tuas transmisi diposisikan di ‘S’, dan menggunakan ‘paddle shift’ di lingkar kemudi untuk menaikkan atau menurunkan posisi gigi.

Upaya ini dilakukan agar engine brake yang diinginkan optimal sesuai karakteristik turunan yang harus dilalui. Tiba sukses dan selamat di Batu Alien, sosok All New Fortuner langsung menarik perhatian para turis lokal maupun mancanegara untuk mendekat. Wajar saja, untuk sampai di museum, para turis tersebut harus menggunakan jip 4×4 tanpa atap, sementara kami berada dalam mobil yang nyaman dan sejuk.

Berada di dalam Fortuner terbaru melewati medan off road tentunya membuat guncangan di kabin. Namun berkat suspensi yang mengalami pembaruan dengan menggunakan double wishbone with coil spring dan stabilizer di depan dan 4-Link dengan lateral Rod di belakang, sukses meredam setiap kejutan di tantangan tantangan medan off road ini. Di kabin juga terhibur berkat sistem entertainment lengkap dengan head unit layar sentuh 8 inci. Komunikasi telepon seluler juga bisa dilakukan sambil berkendara berkat fitur Miracast. Sementara di lingkar kemudi terdapat switch steering dan MID switch.

Merasakan ketangguhan All New Fortuner 4×2 di jalur merapi, redaksi langsung membayangkan jika model 4×2 saja bisa melewatinya, apalagi mengendarai Fortuner versi 4×4, pastilah akan lebih mudah lagi. Disini juga membuktikan meskipun generasi terbaru Fortuner memiliki tampang yang modern, stylish, sporty dan cocok digunakan di perkotaan, SUV ini juga bisa diajak bermain-main di medan off road ringan. (M. Lulut)

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Wholesales Gaikindo Rilis, Akankah Xpander Saingi Avanza?

Otomart, Jakarta – Mitsubishi Xpander, meskipun baru lahir namun namanya telah berkibar sangat kencang. Bahkan selama 11 hari pameran otomotif nasional, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017, Tangerang, Mitsubishi telah mengantongi pemesanan kendaraan ini sebanyak 5.281 unit. Beberapa produk … Lihat Selengkapnya

Inilah Daftar Jalan Tol Non-Tunai Milik Jasa Marga

Otomart, Jakarta – Mulai tanggal 31 Oktober 2017 nanti, PT Jasa Marga akan memberlakukan transaksi jalan tol non-tunai pada beberapa ruas tol miliknya. Hal ini berdasarkan surat dari Kementrian PUPR Nomor JL.0304.P/232 pada 6 Juli 2017 mengenai Dukungan Pelaksanaan Transaksi … Lihat Selengkapnya

Pameran Otomotif GIIAS 2017 Jual 17.000 Kendaraan

Otomart, Jakarta – Pameran otomotif GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show) 2017 resmi ditutup, Sabtu (19/8) malam. Selama 10 hari diselenggarakannya pameran (10-19 Agustus 2017), tercatat telah belasan ribu unit transaksi terjadi dalam pameran ini. Ketua Bidang Pameran Gaikindo, Rizwan … Lihat Selengkapnya