Toyota Dan Mazda Siapkan Mobil Listrik?

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Editor Otomart

OTOMART, Tokyo – Perpaduan antara dua produsen mobil untuk menciptakan mobil baru kembali dilakukan. Toyota bersama Mazda mendiskusikan beberapa jenis mobil yang potensial untuk digarap bersama, salah satunya adalah mobil listrik.

Toyota Dan Mazda Siapkan Mobil Listrik?
http://otomotif.news.viva.co.id/

Berita mengenai kerja sama ini sebetulnya telah berhembus sejak tahun lalu. Saat itu, Mei 2015, sebagaimana dikutip dari The Guardian, Kamis (3/11/2016), keduanya baru dalam tahap akhir pembicaraan. Itu artinya sepanjang tahun lalu hingga kini telah ada kemajuan-kemajuan berarti tentang kesepakatan yang dimaksud.

Saat itu diisukan bahwa keduanya akan bersama-sama membuat mobil ramah lingkungan. Langkah ini dilakukan sebagai usaha untuk mengurangi emisi gas karbon. Kerja sama ini pula dilakukan supaya keduanya mampu bersaing dalam hal produksi kendaraan ramah lingkungan. Sebagaimana diketahui, banyak pabrikan otomotif yang juga sdng membangun mobil jenis ini.

Executive Vice President Mazda Akira Marumoto mengakui hal tersebut. Namun ia menolak untuk membeberkan topik pembicaraan yang sudah berlangsung sejak tahun lalu itu. Pada 2015, kedua perusahaan pernah menandatangani kesepakatan di mana Toyota akan memberikan teknologi canggih fuel-cell dan hybrid kepada Mazda. Sebagai gantinya Mazda memberitahukan informasi terkait teknologi mesin bensin dan diesel SkyActive.

Sebelumnya, dua perusahaan ini telah bekerja sama di beberapa bidang. Toyota pernah menyediakan teknologi hibrida untuk Madza pada 2010, Mazda juga pernah memasok mobil sub-kompak dari pabrik di Meksiko untuk Toyota pada 2012.

Kolaborasi antara Toyota dan Mazda ini adalah cerminan dari kecenderungan pabrikan otomotif di Jepang. Dalam beberapa waktu ke belakang banyak pabrikan memang bekerja sama, atau malah diakuisisi.

Toyota misalnya, telah resmi menjadi perusahaan induk Daihatsu yang dianggap mumpuni di segmen mobil kecil. Lalu Toyota juga bekerja sama dengan Suzuki. Bahkan bulan lalu dua bos perusahaan itu saling melakukan pembicaraan.

Presiden Toyota Motor Corporation (TMC) Akio Toyoda dan Chairman Suzuki Osamu Suzuki menyepakati kerjasama guna mengurangi biaya produksi serta untuk mengembangkan produk sesuai tuntutan zaman seperti mobil listrik dan otonom. Sementara itu Toyota berharap dapat mengambil manfaat dari spesialisasi Suzuki sebagai produsen kendaraan kecil atau keicar.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Bursa Mobil Bekas Non-Jepang Harga Di Bawah Rp.100 Juta

Otomart – Saat ini, mobil bekas banyak diminati oleh para masyarakat kalangan menengah ke bawah, terutama untuk mobil bekas yang mempunyai rentang harga Rp.50 juta – Rp.100 juta. Berdasarkan data dari bursa mobil bekas, terdapat beberapa merek non-Jepang seperti Mercedes-Benz … Lihat Selengkapnya

Kapan Pertamina Terapkan Pembayaran Non Tunai Di Semua SPBU?

Otomart – Penggunaan transaksi uang elektronik (pembayaran non tunai) di SPBU telah mulai dilakukan oleh PT Pertamina (Persero) melalui kerja sama dengan Pemerintah Kota Pontianak dan Bank Indonesia. Bahkan Pertamina mulai merencanakan pemberlakukan non tunai di semua SPBU di Pontianak … Lihat Selengkapnya

Wuling Motor Mulai Kirimkan Mobilnya Ke Bali, Ini Daftar Harganya

Otomart – Setelah pada GIIAS 2017 lalu sempat memberikan kejutan dengan meluncurkan MPV pertamanya, Wuling Confero S yang banyak diminati para konsumen. Saat ini, Wuling Motor mulai berekspansi ke beberapa daerah yang ada di Indonesia, salah satunya adalah dengan mendirikan … Lihat Selengkapnya