Toyota CHR Siap Dirilis Semester Pertama Tahun 2018 Ini

posted in: Artikel Mobil | 1 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
toyota chr
Sumber; Toyota

OTOmart – Indonesia sepertinya bukanlah negara prioritas bagi Toyota dalam meluncurkan produk crossover teranyar mereka, yaitu Toyota CHR. Sebelumnya, Toyota telah lebih dulu meluncurkan produk C-HR mereka di Malaysia dan Singapura belum lama ini.

Di Singapura, Toyota memperkenalkan sekaligus meresmikan pemasaran Toyota CHR pada ajang Singapore Motor Show. Toyota memasarkan C-HR di Singapura dalam versi yang berbeda dengan yang ada di Malaysia.

Di Malaysia, Toyota CHR dijual dengan mesin 2ZR-FE naturally aspirated (tanpa turbo) dengan empat silinder menggunakan teknologi mesin Dual VVT-i berkapasitas 1,8 liter. Sedangkan di Singapura, Toyota menyematkan C-HR dengan mesin empat silinder 8NR-FTS 1.2 liter turbocharged. Dengan bantuan induksi, mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 114 hp dengan torsi maksimal sebesar 185 Nm.

Baca Juga: Toyota Siapkan C-HR dan Prius Sebagai Platform TNGA

Bagi para calon konsumen CHR yang berada di Singapura, Toyota menyiapkan dua varian, yaitu Active dan Luxury. Keduanya sudah dilengkapi dengan berbagai fitur standar paket Toyota Safety Sense, antara lain yaitu, Pre-collision System, Adaptive High-beam System, Lane Departure Alert dan Dynamic Radar Cruise Control.

Selain paket standar dari Toyota tersebut, mobil C-HR ini juga dilengkapi dengan fitur VSC, hill start assist, ABS, brake assist, sensor parkir di bagian depan dan belakangnya, blind spot monitor serta rear cross traffic alert. Sedangkan di bagian kaki C-HR versi Singapura menggunakan pelek berukuran 17 inci yang dibalut dengan ban berdimensi 215/60.

Perbedaan lainnya, yaitu pada lampu utama yang digunakan serta beberapa fitur lainnya. Seperti yang terlihat pada varian Active dimana lampu yang digunakan menggunakan lampu proyektor halogen serta dilengkapi dengan DRL, fog lamp, spion elektrik, kontrol iklim dua zone yang telah dilengkapi dengan teknologi NanoE.

toyota chr
Sumber: Edmunds

C-HR juga mempunyai layar berukuran 4,2 inci dimana sebagai pusat hiburan, mobil ini mengadopsi sistem Toyota Telematics System. Sedangkan pada varian Luxury, semua fitur-fitur tadi terdapat di dalamnya, namun juga ditambahkan dengan lampu LED otomatis, jok berbalut kulit, smart start system serta fitur navigasi pada sistem infotainmentnya.

Baca Juga: Bocoran Tentang Toyota C-HR

Harga C-HR di Singapura jauh lebih mahal jika dibandingkan di Malaysia. C-HR di Malaysia dibanderol dengan harga 145.500 Ringgit Malaysia atau setara dengan Rp 489 jutaan. Sedangkan di Singapura, C-HR Active dibanderol dengan harga 119.988 SGD atau seharga Rp 1,2 miliar, dan untuk C-HR varian Luxury dibanderol dengan harga 130,988 SGD atau seharga Rp 1,32 miliar. Jika dilihat maka perbandingan harga di Malaysia dengan Singapura cukup jauh 3x lipat. Hal ini dikarenakan skema perpajakan di Singapura yang memang terkenal galak. Padahal mesin C-HR di Malaysia mempunyai mesin yang lebih besar.

Namun di Singapura, C-HR mempunyai pilihan warna yang cukup banyak, antara lain yaitu Radiant Green Metallic, Red Mica, Yellow, Blue Metallic, Metal Stream Metallic, White Pearl Crystal Shine, Black Mica dan Dark Brown Mica Metallic. Sedangkan untuk varian Luxury mempunyai perpaduan warna dual tone.

Toyota sendiri tampaknya baru akan melego mobil ini di Indonesia dalam waktu dekat. Hal ini diungkap langsung oleh Executive General Manager, PT Toyota Astra Motor (TAM), Franciscus Soerjopranoto. Dirinya mengatakan bahwa C-HR dipastikan akan meluncur di Indonesia pada semester pertama tahun 2018 ini.

“Diperkirakan launching C-HR dilakukan tahun 2018. Namun sampai saat ini kami masih terus melakukan studi terkait peluncurannya. Untuk pastinya kapan, saya belum dapat memberi tahu, sebab memang sampai saat ini masih belum ada,” ucap Soerjo, seperti dilansir laman oto.com.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

3 Mobil Pick-Up Terbaik dan Termurah di Indonesia

OTOmart – Bagi para pengusaha, bisnis akan berjalan dengan lancar jika ditunjang dengan sarana...

Daftar Harga Grand Max Minibus Daihatsu Agustus 2018

OTOmart – Hingga kini, Daihatsu Grand Max masih menjadi primadona di kalangan masyarakat Indonesia....

Daftar Harga Toyota Kijang Innova Bekas Agustus 2018

OTOmart – Salah satu produk unggulan Toyota di mobil bersegmen medium MPV, Toyota Kijang...

Kelebihan dan Kekurangan Lampu LED Pada Kendaraan Anda

OTOmart – Saat ini telah banyak mobil yang menggunakan lampu berjenis light emitting diode...

Komparasi Brio RS dengan Ignis Sport Edition, Mana Yang Lebih Baik?

OTOmart – GIIAS 2018 baru saja berakhir namun terdapat beberapa produk baru yang muncul...

Jazz vs Yaris, Manakah Yang Lebih Unggul? Berikut Perbandingannya

OTOmart – Di pasar mobil nasional, persaingan dua pabrikan mobil asal Jepang, PT Honda...