Sepanjang Tahun 2017, Toyota Cetak Rekor Ekspor Tertinggi

posted in: Berita Mobil | 1 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
rekor
Sumber: Youtube

OTOmart – Sepanjang tahun 2017 kemarin, pabrikan Toyota di Indonesia yang dikomandoi oleh PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) berhasil mencatatkan rekor baru untuk urusan ekspor kendaraan utuh atau yang biasa dikenal dengan CBU. Berdasarkan data yang tercatat, mobil Toyota yang berhasil di ekspor mencapai angka 199.600 unit, naik sebesar 18% jika dibandingkan tahun 2016 lalu yang hanya mencapai angka 169.100 unit. Angka pengiriman produk ke negara luar ini merupakan pencapaian ekspor tertinggi yang diraih Toyota sejak tahun 1987.

Selain faktor eksternal, seperti membaiknya perekonomian dari sejumlah negara tujuan eksport, meningkatnya daya saing perekonomian Indonesia melalui percepatan pembangunan infrastruktur serta kebijakan deregulasi juga amat berperan dalam meraih pencapaian tersebut. Selain itu, Toyota juga menyebutkan bahwa peranan pemerintah melalui berbagai kebijakan yang bertujuan untuk mendorong perbaikan dalam daya saing ekonomi saat ini juga turut ikut andil dalam keberhasilan ekspor Toyota.

Baca Juga: Ekspor Toyota Naik Pesat Di Kuartal Pertama 2017!

“Berkat usaha terus menerus yang dilakukan oleh semua pihak yang terlibat di dalam grup Toyota, serta rantai bisnis Toyota di Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi, produktivitas dan kualitas kerja, akan membuat produk buatan Indonesia semakin diterima pada beberapa negara tujuan ekspor. Karena itu kami menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah membantu Toyota sehingga mencatatkan rekor baru untuk ekspor kendaraan,” ucap Presiden Direktur TMMIN, Warih Andang Tjahjono, seperti dilansir laman oto.co.id.

Rekor pencapaian ekspor Toyota di sumbangkan oleh model SUV (Sport Utility Vehicle) mereka, yaitu Toyota Fortuner dengan total ekspor mencapai angka 69.700 unit yang merupakan angka dengan rekor ekspor tertinggi Toyota Fortuner dalam 5 tahun terakhir. Selain itu, terdapat juga beberapa produk lain yang diproduksi di pabrik TMMIN dengan kontribusi yang besar dalam pencapaian rekor ini, yaitu sedan Vios dengan jumlah total mencapai 28.450 unit.

Produk lain dari Toyota yang juga turut serta melengkapi performa ekspornya dengan total sebanyak 18.700 unit, antara lain yaitu Sienta, Yaris dan Kijang Innova. Berdasarkan data yang tercatat, Sienta mencatatkan pertumbuhan tertinggi hingga mencapai 51,0%, lalu diikuti oleh Fortuner sebesar 42,2%, dan Vios sebesar 19,3%. Selain itu, kendaraan tersebut, Toyota rupanya juga mengekspor model lainnya, seperti Avanza, Rush, Town/ Lite Ace, Agya (Wigo) yang diproduksi sendiri oleh grup Toyota Indonesia, yaitu Astra-Daihatsu Motor dengan jumlah total sebanyak 82.700 unit.

Baca Juga: Mitsubishi Tunda Ekspor Mobil Xpander Ke Filipina dan Thailand

“Komposisi ekspor kendaraan Toyota yang pada umumnya didominasi oleh model SUV ini sekaligus merupakan pembuktian bahwa ternyata kapabilitas industry otomotif Indonesia mampu bersaing dalam memenuhi keinginan para konsumen global. Akan tetapi di sisi lain, model sedan Vios yang telah kami produksi secara lokal sejak tahun 2013 menjadi produk unggulan kami di pasar ekspor dengan total produksi mencapai 97%,” ungkap Warih.

Selain CBU, ternyata di tahun 2017 kemarin, TMMIN juga telah mengekspor 47.600 unit kendaraan dalam bentuk terurai atau CKD (Completely Knock Down), mesin utuh bertipe TR dengan bahan bakar bensin sebanyak 123.200 unit serta mesin TR dengan bahan bakar etanol sebesar 5.700 unit. Sedangkan untuk mesin NR dengan bahan bakar bensin, Toyota berhasil mengekspor sebanyak 93.300 unit dan NR dengan bahan bakar etanol sebanyak 3.700 unit.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Bunuh Virus Corona di Kabin Dengan Proses Sterilisasi Ini

OTOmart – Salah satu bagian mobil yang berpotensi menjadi media penyebaran virus Corona atau...

Bagian Mobil Ini Perlu Dibersihkan Agar Terhindar Dari Virus Corona

OTOmart – Salah satu upaya dalam melindungi diri dari penyebaran virus corona atau covid-19...

Scuto Indonesia Sediakan Jasa Penyemprotan Disinfektan Gratis

OTOmart – Dengan semakin berkembangnya penyebaran wabah virus corona atau Covid-19, tentu membuat para...

Suzuki Klaim Biaya Perawatan Suzuki XL7 Cuma Rp 3.800 Per Hari

OTOmart – Sebagai salah satu pemain baru di pasar otomotif Indonesia, Suzuki XL7 telah...

Layar MID Agya Baru Kini Ada Indikator ECO, Ini Fungsinya

OTOmart – Toyota akhirnya telah secara resmi meluncurkan Agya baru berdesain facelift. Mobil ini...

Toyota Agya 2014 Jadi Mobil LCGC Paling Laris, Segini Harganya!

OTOmart – Di pasar mobil bekas, Toyota Agya menjadi salah satu mobil berjenis LCGC...