Toyota C-HR Diluncurkan Tahun Ini?

posted in: Artikel Mobil | 1 | Author : Editor Otomart

OTOMART, Jakarta – Beberapa pekan ini, pasar otomotif digegerkan dengan kabar terkait peluncuran Toyota C-HR, yang mana kendaraaan ini sudah pernah dipamerkan di Indonesia tahun lalu. Apalagi, Toyota C-HR diprediksi akan menggantikan posisi Rush yang telah dipasarkan sejak 2006. Jika benar adanya, maka Toyota C-HR akan menjadi crossover pesaing produk seperti Nissan Juke, Honda HR-V dan Mitsubishi Outlander.

toyota-c-hr-diluncurkan-tahun-ini
http://www.toyota-global.com/

Adapun kelebihan yang dimiliki Toyota C-HR yakni diproduksi menggunakan Toyota New Global Architecture (TNGA). Platform yang digunakan ini, merupakan pengembangan terbaru Toyota dan digunakan pada mobil barunya seperti C-HR dan Prius. Kemungkinan, jika Toyota ingin memproduksi C-HR di Indonesia, maka bakal ada penyesuaian jalur produksi.

Edward Otto Kenter, Direktur Senior PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) menyatakan, pihaknya tengah melakukan studi untuk dapat memproduksi kendaraan dengan menggunakan platform TNGA seperti C-HR. “Kita sedang mempelajari, dan itu semua tidak bisa didapat begitu saja, harus dibuktikan, apakah pasar bisa menerima,” tegas Edward sebagaimana dilansir OTO.com di Jakarta, Rabu (8/3).

Lantas saat ditanya lebih jauh apakah C-HR akan diproduksi di Indonesia dan menggantikan posisi Rush di pasar Indonesia? Edward tidak memberikan jawaban pasti. Ia bilang, Toyota secara global telah menjual C-HR sementara penjualan Rush tetap dilakukan.

“Toyota C-HR kan sudah ada di luar, tapi Rush masih ada kan, jadi nanti kita lihat saja apa yang akan terjadi segmennya masuk atau enggak. Sekali lagi market yang menentukan. Kita lihat nanti seperti apa,” jelas Edward seakan memberikan jawaban yang terkesan rahasia.

Ia juga bilang, ada beberapa tahapan yang harus dilalui sebelum TMMIN memutuskan untuk memproduksi unit baru. “Market yang harus kita lihat seperti apa, konsumennya itu mau apa tidak produk itu, dan pertimbangan lain adalah bagaimana produk itu untuk di lokal kontenkan. Lalu siapa pemasok Q1, Q2 dan Q3, mampu atau tidak untuk memproduk komponen itu, jadi pertimbangannya banyak,” tambah Edward.

Lalu muncul pertanyaan, sejauh apa persiapan TMMIN untuk memproduksi mobil itu? “C-HR itu kan bagian dari platform baru, kita lihat marketnya dulu bisa terima atau enggak, kemudian kita mampu gak untuk kompetitif. Jadi untuk itu kita berjuang terus gak boleh lengah dan berlomba untuk terus cari peluang, dan kita juga berharap untuk dapat terus meningkatkan kapasitas produksi kita yang ada saat ini,” tambahnya.

Sebagai informasi, Toyota membuat C-HR dengan menggunakan mesin turbocharged berkapasitas 1.2 liter yang mampu menghasilkan daya hingga 114 tenaga kuda. Untuk pilihan penggerak lainnya tersedia C-HR yang menggunakan sistem hybrid dan digabungkan dengan mesin bensin serta motor listrik bertenaga 120 tenaga kuda. Diprediksi, saat gelaran IIMS 2017 bulan April nanti, TAM akan memperkenalkan versi produksinya, dan mulai dijual di GIIAS 2017

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Sabun Bayi, Cara Murah Merawat Jok Mobil Berbahan Kulit

OTOmart – Jok mobil berbahan kulit pada dasarnya jauh lebih mudah dirawat. Akan tetapi,...

Knalpot Keluar Air dari Mobil Setiap Pagi? Ini Penyebabnya

OTOmart – Jika Anda sering menyalakan mobil di pagi hari dan menemukan knalpot keluar...

Tips Terbaik Membersihkan Setir Mobil Usai Mudik Lebaran

OTOmart – Salah satu komponen mobil yang selalu bersentuhan dengan tangan Anda adalah setir....

Ingin Mudik Aman dan Nyaman? Sebaiknya Cek 7 Komponen Mobil Ini

OTOmart – Menjelang Hari Raya Idul Fitri, sebagian besar masyarakat tentunya akan menjalankan salah...

Tips Hindari Pecah Ban di Jalan Tol Saat Mudik Lebaran

OTOmart – Sebagian besar kondisi jalan Tol Trans Jawa menggunakan jenis beton cor untuk...

Tips Merawat Radiator Mobil Agar Tidak Jebol Karena Overheat

OTOmart – Radiator adalah salah satu komponen pada mobil yang sangat penting agar suhu...