Toyota Siapkan C-HR dan Prius Sebagai Platform TNGA

posted in: Berita Mobil | 2 | Author : Ahmad Nur Ubaidah

c-hr

Otomart, Jakarta – Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) telah berulang kali memberikan sinyal kepada masyarakat bahwa Toyota akan memproduksi model yang menggunakan platfom global Toyota Nes Global Architecture (TNGA). Kemungkinan realisasi tersebut akan terjadi paling cepat di tahun 2020 nanti, adalah Toyota C-HR dan Prius yang akan menjadi platformnya.

TNGA merupakan teknologi terbaru dan tercanggih keluaran Toyota. Generasi keempat Prius merupakan model pertama yang menggunakan teknologi ini, sedangkan model kedua yang kemungkinan besar akan disematkan teknologi ini dan akan diproduksi untuk pasar domestik adalah C-HR.

Baca Juga: Bocoran Tentang Toyota C-HR

Untuk dapat memproduksi TNGA, bukan hanya tentang model, akan tetapi juga menyangkut dengan pabrik yang akan memproduksinya. Bob Azam, Direktur Administrasi PT TMMIN seperti dilansir Kompas menyatakan bahwa investasi pada teknologi merupakan nilai tambah atas produksi TNGA.

“Toyota menargetkan TNGA. Namun, bukan hanya itu saja, akan tetapi teknologinya juga baru, selain itu bukan hanya mobil namun pabrik yang digunakan juga harus rendah emisi,” ucap Bob.

Bob menegaskan bahwa fasilitas baru yang akan memproduksi TNGA di Indonesia akan lebih canggih dari pada fasilitas-fasilitas lainnya. Fasilitas ini akan menggunakan kadar otomatisasi (penggunaan robot) yang tinggi, selain itu, fasilitasnya juga akan lebih ringkas dan tampak sederhana.

Saat ini, dari total luas area yang di miliki oleh TMMIN yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat, yaitu seluas 150.000 Ha, baru sekitar 30 persen yang telah digunakan untuk Plant II. Sehingga saat ini TMMIN masih mempunyai area yang belum terpakai seluas 130 Ha.

Baca Juga: Inilah Kendaraan Ramah Lingkungan Antar Pabrikan Mobil

Toyota menghadirkan konsep TNGA sebenarnya bertujuan agar setiap bagian mobil dapat mencapai tingkat optimumnya, sehingga diharapkan dengan teknologi ini dapat menghasilkan platform kendaraan dengan sasis yang kokoh namun juga fun to drive berkinerja sangat tinggi.

Saat ini baru dua mobil Toyota yang memakai TNGA, yaitu Toyota C-HR dan Toyota Prius Gen-4. Kedua mobil ini merupakan mobil Hybrid yang dikeluarkan Toyota sebagai platform dari teknologi ini. Direncanakan untuk penggunaan dalam negeri, Toyota akan menjadikan Toyota C-HR sebagai modelnya. Saat gelaran GIIAS 2017 lalu, Toyota memamerkan kedua mobil ini sebagai salah satu mobil ramah lingkungan.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Mau Beli Nissan Grand Livina 2013 Ultimate, Ini Tips Mengeceknya!

OTOmart – Ketika membeli mobil bekas, jangan hanya tergiur dengan penampilan luarnya saja. Namun...

Ini Jenis Makanan Yang Mampu Meningkatkan Konsentrasi Pengemudi

OTOmart – Ketika mengemudi, hal yang paling penting untuk diperhatikan oleh pengemudi adalah konsentrasi...

Mau Modifikasi Calya? Sebaiknya Ikuti Panduan Berikut Ini!

OTOmart – Anda ingin melakukan modifikasi Calya atau hanya ingin mengubah tampilannya agar terlihat...

Selama Oktober 2019, Harga Mobil Avanza Terbaru Masih Stabil

OTOmart – Sejak pertama kali diluncurkan pada awal tahun 2019, Toyota New Avanza semakin...

Ini Masalah Yang Sering Terjadi Pada Nissan Grand Livina Bekas

OTOmart – Di pasar mobil bekas, Nissan Grand Livina banyak dicari oleh masyarakat karena...

Harga Nissan Livina, Ertiga dan Mobilio Naik Mulai Oktober 2019

OTOmart – Di bulan Oktober 2019, beberapa pabrikan otomotif terkemuka di Indonesia telah merevisi...