Toyota Motor Buka Pemagangan Untuk Anak SMK di Indonesia

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah

pemagangan

OTOmart – Untuk melakukan kontribusi nyata untuk Sumber Daya Manusia Indonesia agar mempunyai daya saing tinggi terutama di bidang otomotif, membuat Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mempunyai agenda bertemakan ‘Toyota Indonesia Berbagi Ilmu’ yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat. Agenda kegiatan ini merupakan wadah dari empat agenda utama, yaitu ‘Kaizen Goes to School’, Kompetisi ‘Robotic Training’, Program Pemagangan dan Sertifikasi, dan Donasi Alat Peraga Pendidikan.

“Untuk menjadikan para generasi penerus bangsa memahami dan mencari pengetahuan mengenai manufaktur kendaraan di Indonesia, kami lakukan program ini untuk sekedar berbagi pengetahuan dan keahlian kami di bidang otomotif. Selain itu, untuk menjadikan TMMIN sebagai salah satu referensinya. Karena itulah, kami membuka diri semaksimal mungkin agar kami dapat melakukan transfer keterampilan kepada para generus sebagai upaya untuk mendukung peningkatan kualitas SDM di Indonesia,” ucap Wakil Presiden Direktur TMMIN, Edward Otto Kanter, seperti dilansir laman Oto.co.id.

Baca Juga: Sepanjang Tahun 2017, Toyota Cetak Rekor Ekspor Tertinggi

Untuk memuluskan rencananya ini, TMMIN telah mengganding berbagai institusi Pendidikan, mulai dari SMK, Balai Latihan Kerja dan Universitas serta Institusi vokasi lainnya demi menciptakan kurikulum yang tepat berbasis industri serta membangun laboratorium dan ruang praktik industry, terutama di bidang otomotif. Rencananya program ini akan dimulai dari 9 institusi yang ada di Pulau Jawa, termasuk 2 SMK yang berada di wilayah Karawang. Toyota Indonesia berharap, kedepannya dapat masuk ke 69 Universitas, SMK, Balai Latihan Kerja serta institusi vokali lain.

Selain itu, Toyota Indonesia juga memfasilitasi minat serta bakat generasi muda terutama di bidang robotik melaui berbagai proyek perdana Kompetisi Robotik. TMMIN sendiri telah melakukan penyaringan beberapa SMK yang ada di Karawang terutama yang telah memiliki jurusan Elektronika. Dari hasil penyaringan tersebut, terpilihlah 3 SMK terbarik, yaitu SMKN 1 Karawang, SMKN 1 Cikampek dan SMK Texar Klari. Ketiga SMKN tersebut kemudia diberikan pelajaran mengenai robotic secara general dan selanjutnya akan memperoleh pelatihan di PENS (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya).

Komitmen lain TMMIN dalam peningkatan kualitas SDM untuk dapat menciptakan seluruh tenaga kerja Indonesia dapat tersertifikasi pada tahun 2020 mendatang yang nantinya akan bekerja sama dengan Kamar Dagang Indonesia (KADIN). Sebagai bentuk kepedulian terhadap lulusan yang siap untuk berkontribusi di dunia kerja, dilakukan TMMIN dengan program pemagangan tersertifikasi yang berkoordinasi dengan Disnaker (Dinas Tenaga Kerja) Karawang.

Baca Juga: Toyota Resmi Hentikan Produksi Toyota Etios Valco

Nantinya para lulusan pemagangan TMMIN akan mendapatkan sertifikasi yang secara resmi telah diakui di tingkat nasional karena telah bekerja sama dengan LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi). TMMIN setiap tahunnya akan memfasilitasi 120 pencari kerja untuk ikut serta pada program pemagangan TMMIN dimana pemagangan ini nantinya akan mendapatkan sertifikat resmi dari LSP TMMIN. Sertifikasi ini sendiri telah diakui sebab selevel dengan sertifikasi yang dikeluarkan oleh BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi).

Program lainnya, yaitu pengembangan kemampuan SDM Indonesia, juga diwujudkan TMMIN dalam bentuk donasi kendaraan berupa 10 unit mobil yang nantinya akan digunakan sebagai alat peraga Pendidikan dan pembelajaran. Donasi tersebut terdiri dari 6 unit Kijang Innova, 3 unit Avanza dan 1 unit Fortuner sebagai alat untuk mengembangkan dan memudahkan para pengajar dalam memberikan pelatihan bagi para siswanya.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Sejak Diluncurkan, Pesanan All New Honda Brio Membludak

OTOmart – Setelah resmi diluncurkan dan diperkenalkan ke publik pada ajang Gaikindo Indonesia Motor...

Penjualan Mobilio Turun, Honda Bakal Siapkan Mobil Low MPV Terbaru?

OTOmart – Dikenal sebagai salah satu produk unggulan dari Honda untuk segmen mobil low...

Hanya Bulan Ini, Pembelian Mobil di Auto2000 Cuma Rp73 Ribuan

OTOmart – Demi memberikan kemudahan kepada para konsumen setianya untuk dapat mempunyai kendaraan Toyota...

Selama Bulan September, Rush-Terios Kuasai Pasar Mobil Low SUV

OTOmart – Mobil low SUV (Sport Utility Vehicle) dalam beberapa bulan terakhir tengah mencuri...

Gara-Gara Mobil China, Pesona Avanza-Xenia Bekas Mulai Hilang

OTOmart – Sejak diluncurkan dan telah termasuk ke dalam segmen mobil terlaris sepanjang masa...

Penampakan Sedona Versi Terbaru di Vietnam, Ini Perubahannya

OTOmart – Salah satu produsen otomotif asal Korea Selatan, KIA, baru-baru ini telah meluncurkan...