Toyota Avanza dan Rush Masih Jadi Mobil Idaman di Vietnam

posted in: Berita Mobil | 1 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
toyota avanza
Sumber: Kaskus

OTOmart – Tiga unit mobil asal Indonesia dinyatakan oleh General Statistics Office of Vietnam telah didatangkan secara utuh atau completely built up pada Maret 2018. Ketiga mobil tersebut antara lain yaitu, Toyota Avanza, Rush dan Vigo.

Hal ini diungkapkan oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Vietnam, Ibnu Hadi yang mengatakan bahwa tiga kendaraan yang diimpor oleh Toyota Vietnam bertujuan untuk penelitian dan pengujian setelah sebelumnya berdiskusi antara Toyota Vietnam dengan Toyota Motor Manufacturing Indonesia melalui regional office yang berlokasi di Singapura namun tetap dengan sepengetahuan principal Jepang.

Baca Juga: Hampir Disalip New Rush, Bagaimana Nasib Toyota Avanza?

Ibnu sendiri mengakui bahwa dirinya mendengar adanya rencana impor kendaraan bermotor ketiga mobil tersebut sudah sejak tahun lalu, mengingat terdapat tarif bea impor sebesar 0 persen untuk kendaraan roda empat. Namun, pemerintah Vietnam justru mengeluarkan Decree 116 di bulan Oktober 2017.

“Terkait dengan adanya 3 mobil impor pada Maret 2018, setelah berdiskusi antara TMMIN dengan Toyota Vietnam, ternyata 3 mobil ini sengaja diimpor oleh mereka demi tujuan penelitian dan pengujian. Adapun ketiga mobil tersebut, yaitu Toyota Avanza (1 unit), Rush (1 unit), dan Wigo (1 unit),” ucap Ibnu seperti dilansir laman Tempo.co, Rabu (16/5).

Warih Andang Tjahjono, Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) enggan menanggapi dengan banyaknya kabar mengenai pengapalan ketiga tipe kendaraan tersebut pada Maret 2018 lalu. Dirinya juga enggan untuk memberitahukan hasil pengujian terhadap tiga unit mobil dengan tiga tipe berbeda yang telah dikirimkan ke Vietnam pada Maret 2018 yang lalu. “Toyota Indonesia akan selalu berusaha untuk meningkatkan kontribusinya untuk bangsa, terutama untuk peningkatan volume ekspor,” ucap Warih.

Warih juga mengatakan bahwa pihaknya saat ini telah menargetkan untuk melakukan peningkatan ekspor produk kendaraannya secara utuh sekitar 10 persen sepanjang tahun ini.

Hal senada juga diungkapkan oleh Marketing Director PT Astra-Daihatsu Motor, Amelia Tjandara yang enggan mengomentari terkait adanya pengapalan ketiga tipe mobil tersebut dari Indonesia ke Vietnam. “Iya hingga saat ini masih proses, nanti kalau sudah sukes pasti diinfokan.”

Baca Juga: Sepanjang Tahun 2017, Toyota Cetak Rekor Ekspor Tertinggi

Seperti yang diketahui, pengapalan kendaraan bermotor mobil bermerek Toyota yang berasal dari Indonesia sejak awal tahun ini telah terhenti sebab adanya kebijakan Decree 116 yang menyebabkan seluruh pemeriksaan terhadap tipe kendaraan bermotor yang berasal dari negara lain dilakukan secara lot by lot atau setiap melakukan kegiatan aktivitas pengapalan.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Daftar Harga Toyota Sienta Bekas Agustus 2018

OTOmart – Toyota dikenal sebagai pabrikan otomotif yang mempunyai banyak pilihan model mobil, mulai...

Toyota Berikan Diskon Besar Bagi Avanza di GIIAS 2018

OTOmart – Momen pameran otomotif GIIAS 2018 tidak disia-siakan oleh para pabrikan otomotif untuk...

Siapa Sangka Ternyata Hawa Udara Pemicu Bodi Mobil Berkarat

OTOmart – Karat atau korosi yang terjadi pada mobil merupakan salah satu masalah yang...

5 Mobil City Car Terpopuler di Gelaran GIIAS 2018

OTOmart – Walaupun bukan termasuk ke dalam pasar utama otomotif Indonesia, city car serta...

Suzuki Jimny Jadi Bintang di Gelaran GIIAS 2018

OTOmart – Sebagai salah satu mobil klasik di era 80-an, Suzuki Jimny tampil kembali...

Keistimewaan Daihatsu Terios Custom di GIIAS 2018

OTOmart – Dalam gelaran GIIAS 2018 kemarin, Terios Custom untuk pertama kalinya ditampilkan oleh...