Waspadai Titik Rawan Macet Ini Saat Mudik Lebaran 2019

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
titik rawan macet
Ilustrasi (Pixabay)

OTOmart – Menjelang arus mudik Lebaran 2019, Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan telah memetakan sejumlah titik rawan macet yang kemungkinan dapat terjadi di beberapa ruas jalan tol hingga ke jalan arteri.

“Untuk jalan tol yang menghubungkan antara Jakarta-Cikampek, itu titik rawan macet berada di pintu exit tol, dan di sekitar rest area,” ucap Budi Setiyadi, Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdar), seperti dilansir laman Detik.com.

Baca Juga: Pemerintah Terapkan One-Way System Saat Mudik Lebaran 2019

Budi pun mengungkapkan untuk ruas Tol Trans Jawa, titik rawan macet diprediksi hanya terjadi di sekitar wilayah Tol Cikarang Utama. Sedangkan untuk titik kemacetan lainnya, akan banyak terjadi pada ruas Tol Sumatra, terutama di sekitar wilayah Lampung. Hal ini terjadi karena tol tersebut mulai beroperasi di tahun ini.

“Kalau dari hasil identifikasi kita, kemacetan mungkin akan terjadi di Cikarut (Cikarang Utama), lalu kemungkinan bisa terjadi juga di Lampung, karena exit tolnya itu menghubungkan ke jalan-jalan provinsi, kemarin sempat ada kerusakan, namun sudah diuruk tapi belum dilakukan pengaspalan. Ini pasti akan ada pelambatan hingga ke jalan tol,” terang Budi lagi.

Selain di ruas tol, Budi juga mengungkapkan jika kemacetan diprediksi akan terjadi pada jalur arteri atau disebut dengan jalur non-tol. Budi mengatakan jika titik rawan macet di jalur arteri itu terdapat di beberapa wilayah Jawa Barat dan Jawa Tengah yang berpotensi mengalami kemacetan ketika mudik Lebaran.

“Kalau untuk jalan nasional ke Bandung ya itu di Cileunyi, Nagrek hingga Garut. Kemudian di Bumi Ayu juga. Sedangkan kalau di Jawa Tengah itu titik macetnya berada di sekitar Magelang yang menuju ke Jogja, lalu dari Bawen ke arah Boyolali. Nah, untuk Bandung itu terjadi mungkin bersamaan dengan masyarakat yang ingin berwisata ke puncak juga,” ucap Budi.

Bukan hanya titik rawan kemacetan, Kemenhub juga berupaya untuk mengantisipasi potensi terjadinya kecelakaan lalu lintas akibat dari pengemudi yang kelelahan dalam menempuh perjalanan jauh.

Baca Juga: Tips Hindari Pecah Ban di Jalan Tol Saat Mudik Lebaran

“Yang paling harus diantisipasi oleh masyarakat dari Jakarta itu kecelakaan lalu lintas akibat kelelahan, biasanya terjadi saat di Pekalongan, Semarang hingga ke Jawa Timur. Jadi kita juga harus mengantisipasi untuk masalah kecelakaan lalu lintas ini, kalau sudah capek ya harus istirahat, jangan dipaksakan untuk melanjutkan perjalanan,” pungkasnya.

Jika Anda sedang mencari mobil bekas dengan kualitas terbaikOtomart.id menyediakan beragam mobil bekas dari seluruh dealer mobil bekas di Indonesia. Segera kunjungi Otomart.id dan miliki mobil impian Anda.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Jelang Lebaran, Harga Jual Mobil Bekas Mengalami Peningkatan

OTOmart – Menjelang Hari Raya Idul Fitri, permintaan terhadap mobil bekas semakin meningkat. Hal...

3 Asuransi Yang Perlu Disiapkan Sebelum Melakukan Perjalanan Mudik

OTOmart – Sebelum melakukan mudik, tedapat beberapa hal yang perlu Anda persiapkan. Salah satunya...

Kakorlantas Polri Prediksi Puncak Arus Mudik Lebaran H-3 Hari Raya

OTOmart – Pada mudik Lebaran tahun ini sepertinya pengalaman mudik ke kampung halaman akan...

Tips Memilih Roof Box Untuk Mudik Yang Sesuai Dengan Kendaraan Anda

OTOmart – Dalam beberapa minggu lagi, masa libur Lebaran akan segera tiba. Hal ini...

Ingin Mudik Nyaman, Sebaiknya Perhatikan Komponen Fan Belt Anda

OTOmart – V-belt atau sering disebut juga dengan Fan belt merupakan tali karet yang...

Auto2000 Siapkan 7 Paket Promo Lebaran Jelang Mudik

OTOmart – Menjelang musim mudik Lebaran 2019, beberapa produsen mobil mulai memberikan berbagai promo...