Tips&Trik Ala Astra Antisipasi Kondisi Mobil di Musim Hujan

posted in: Artikel Mobil | 0 | Author : Editor Otomart

OTOMART, Jakarta – Kali ini Asuransi Astra akan memberikan beberapa tips dan trik mengantisipasi kondisi mobil saat musim penghujan tiba. Hal ini dilakukan agar aktifitas para pengguna kendaraan tak terganggu selama musim hujan tiba. Berikut beberapa tips yang disampaikan Asuransi Astra.

Pastikan rute perjalanan yang akan kita lalui bebas banjir. Hindari bepergian ke tempat-tempat yang rawan banjir. Jika kondisinya terjebak dalam banjir, maka segera matikan mesin mobil, cabut accu, dorong mobil ke tempat yang aman.

Jika mobil tidak bisa dievakuasi saat banjir, segera tutup ujung knalpot, cabut accu, dongkrak mobil dan ganjal dengan jack stand.

“Jangan langsung menyalakan mobil yang sempat terendam banjir. Periksa saringan udara, perlengkapan kelistrikan, oli, hingga pengapian. Agar lebih aman hubungi teknisi atau asuransi,” pesan Laurentius Iwan Pranoto, Head of Communication and Event Department Asuransi Astra.

tipstrik-ala-astra-antisipasi-kondisi-mobil-di-musim-hujan

Tips berkendara saat hujan tiba?

Asuransi Astra juga memberikan nasehat yang perlu dipertimbangkan. Antara lain segera mengurangi kecepatan saat berkendara di bawah guyuran hujan. Pastikan mengemudi pada kecepatan yang disesuaikan dengan kondisi jarak pandang dan lingkungan sekitar.

Jangan lupa perhatikan jarak aman pengereman, karena proses pengereman saat kondisi hujan membutuhkan jarak yang lebih panjang dari pada saat kondisi kering. Jarak pengereman harus diatur lebih jauh dari biasanya.

Hidupkan lampu day time (lampu kecil) saat berkendara di bawah hujan. Seringkali para pengemudi mobil menggunakan lampu hazards saat kondisi hujan. Ini tidak dibenarkan!! Karena lampu hazards dapat mengganggu pandangan pengemudi lainnya, apalagi saat hujan.

Pastikan mobil Anda sudah diasuransikan. Cek polis asuransi Anda apakah sudah ada perluasan jaminan untuk risiko angin topan, badai, banjir dan tanah longsor. Jika belum ada, segera hubungi perusahaan asuransi. Jangan lupa simpan nomor telepon penting untuk bantuan darurat di jalan. Untuk pelanggan Garda Oto bisa menghubungi nomor 1 500 112 selama 24 jam.

Khusus untuk pelanggan Garda Oto, tak perlu khawatir saat beraktivitas di bawah guyuran hujan. Produk asuransi mobil dari Asuransi Astra ini telah mempersiapkan beberapa tindakan pencegahan menghadapi musim hujan seperti mengingatkan pelanggan melalui SMS blast dan aplikasi Garda Mobile Otocare tentang kiat mengamankan kendaraan dari banjir, pembentukan tim darurat banjir, hingga penyiagaan bantuan darurat di jalan Garda Siaga Emergency Roadside Assistance (ERA) dan Emergency Medical Assistance (EMA). Sehingga diharapkan komitmen pelayanan ini dapat membuat pelanggan tetap tenang meski banjir menggenang.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Ingin Beli Mobil Bekas Jakarta, Sebaiknya Lakukan Tips Ini

Otomart – Bagi masyarakat kalangan menengah ke bawah, membeli mobil bekas merupakan pilihan terbaik jika dibandingkan dengan membeli mobil baru. Apalagi dengan kondisi jalanan Jakarta yang terkenal macet, tentu akan membuat Anda berpikir untuk membeli mobil bekas saja yang murah … Lihat Selengkapnya

Mau Beli Mobil? Sebaiknya Lakukan Simulasi Kredit Mobil Dulu

Otomart – Pengaturan sistem keuangan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari tidaklah mudah, semua membutuhkan pengalaman dan pembelajaran. Apalagi jika kita melakukan pembelian beberapa barang mewah, seperti rumah, motor, mobil atau barang bernilai tinggi lainnya. Khusus untuk mobil, Anda dapat mengantisipasi rasa … Lihat Selengkapnya

Di Situs Jual Beli Mobil Bekas, Mobil Avanza Masih Merajai

Otomart – Meskipun saat gelaran GIIAS 2017, Mitsubishi dengan Xpandernya menjadi mobil yang paling diminati oleh para konsumen. Namun, berdasarkan data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) periode Januari-Juli 2017, mobil Avanza masih menjadi LMPV terlaris di Tanah Air. … Lihat Selengkapnya