Tips Beli Mobil Bekas Agar Tidak Tertipu Showroom Mobil Nakal

posted in: Artikel Mobil | 5 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
showroom mobil
Sumber: Getty Images

OTOmart – Peminat mobil bekas semakin lama semakin bertambah setiap tahunnya, akan tetapi tidak sedikit orang yang kecewa setelah membeli mobil bekas tersebut. Hal ini terjadi akibat ulah dari penjual mobil bekas atau pemilik showroom mobil yang tidak jujur.

Bukan hal mudah memang untuk dapat membeli mobil bekas dengan kualitas yang baik. Apalagi saat ini makin banyak cara yang dilakukan oleh para oknum-oknum showroom mobil bekas yang nakal dan tidak jujur dengan cara merubah mobil bekas yang berkualitas buruk menjadi nampak bagus. Kondisi ini menyebabkan banyak para konsumen mobil bekas yang kecewa, padahal mereka telah mengeluarkan uang yang cukup besar untuk mendapatkan mobil impiannya.

Baca Juga: Ingin Beli Mobil Bekas Jakarta, Sebaiknya Lakukan Tips Ini

Karena itu, pembeli harus semakin waspada agar jangan sampai kecewa dan rugi karena tertipu oleh oknum showroom mobil yang nakal. Berikut ini adalah beberapa tips yang harus diperhatikan oleh para konsumen mobil bekas agar tidak kecewa dan tertipu seperti dilansir laman Merdeka.com, antara lain:

  1. Jangan tergiur dengan harga murah

Saat ini banyak iklan yang menawarkan mobil bekas dengan harga murah dengan tujuan untuk menarik minat para konsumen, padahal mobil bekas yang di jualnya mempunyai kualitas yang buruk. Karena itu, jangan pernah sekalipun Anda tergiur dengan harga miring yang ditawarkan.

  1. Belilah di tempat yang terpercaya

Dalam membeli mobil bekas, sebaiknya Anda tidak membelinya di sembarang tempat, apalagi pada tempat-tempat penjualan mobil bekas yang illegal dan tidak resmi. Sebaiknya Anda membeli mobil bekas pada tempat penjualan mobil yang telah mempunyai brand dan dapat dipercaya. Pada umumnya tempat yang telah mempunyai brand akan berusaha menjaga nama baiknya agar tidak ingin mendapatkan komplain dari pelanggannya.

Baca Juga: Bingung Pilih Mobil Bekas? Lakukan Tips Beli Mobil Bekas Ini

Selain itu, tempat yang dipercaya biasanya berani memberikan jaminan, bahkan hingga 100 persen uang kembali jika mobil yang dibeli oleh konsumen dari tempat penjualannya cacat.

  1. Jangan tergesa-gesa dalam membeli

Dalam membeli mobil bekas, sebaiknya Anda tidak terlalu tergesa-gesa apalagi sampai tergoda dengan tampilannya yang bagus. Sebab beberapa kasus dalam membeli mobil bekas yang berkualitas buruk adalah mudah tergoda dengan tampilan yang bagus dan menarik.

  1. Cek kondisi bodi mobil

Untuk mendapatkan mobil bekas dengan kualitas yang bagus, sebaiknya Anda memperhatikan secara mendetail bagian-bagian bodi mobil tersebut. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu melakukan pencarian di Google untuk mengecek kondisi mobil baru yang telah Anda pilih, kemudian bandingkan dengan mobil bekas yang akan Anda pilih. Cek mulai dari bagian dalam hingga bagian luar mobil secara perlahan dan hati-hati.

  1. Cek kondisi mesin mobil

Untuk mengecek kondisi mesin mobil memang membutuhkan kemampuan teknikal yang bagus, namun ternyata ad acara mudah yang dapat Anda lakukan untuk mengeceknya. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mendengarkan suara deru mesin saat mobil dinyalakan. Jika suaranya lebih keras dari mobil normal, maka kemungkinan mesin mobil tersebut tidak sehat atau kurang bagus, atau Anda juga dapat mengajak seorang teknikal yang Anda percaya untuk mengecek mobil bekas tersebut.

  1. Cek dokumen kendaraan

Setelah Anda memilih mobil bekas yang akan Anda beli, sebaiknya jangan melupakan hal ini, yaitu mengecek kelengkapan dokumen kendaraan. Sebab sekarang sudah banyak mobil bekas dengan dokumen yang telah dipalsukan. Karena itu, sebaiknya Anda jeli dalam mengeceknya, periksa secara seksama STNK, BPKB serta surat-surat lainnya.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda dalam mendapatkan mobil bekas yang telah lama Anda impikan.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Tips Merawat Radiator Mobil Agar Tidak Jebol Karena Overheat

OTOmart – Radiator adalah salah satu komponen pada mobil yang sangat penting agar suhu...

Tips Mengemudi Mobil Yang Aman di Malam Hari

OTOmart – Bagi sebagian orang berkendara di malam hari dianggap mempunyai sensasi tersendiri, mulai...

Tips Membersihkan Ruang Mesin Yang Aman Dan Benar

OTOmart – Ruang mesin merupakan salah satu area mobil bekas yang paling jarang dibersihkan...

Sering Lupa Ganti Oli? Siap-Siap Transmisi Matik Sering Nyangkut

OTOmart – Salah satu hal yang paling sering dilakukan oleh pembeli mobil bekas adalah...

Tips Mencegah Warna Putih Pada Cat Mobil Berubah Menguning

OTOmart – Pernahkah Anda mengalami atau melihat mobil yang dulunya berwarna putih namun kini...

Tips Memilih Cairan Carbon Cleaner Yang Bagus Untuk Mesin Anda

OTOmart – Dalam membersihkan jeroan mesin, seorang teknisi pada umumnya menggunakan cairan pembersih yang...