Tips Agar Tidak Mudah Lelah Saat Berkendara Jarak Jauh

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
tidak mudah lelah
Ilustrasi (Garda Oto)

OTOmart – Ketika berkendara, para pengemudi harus terus waspada terutama dengan kondisi disekelilingnya. Bukan hanya dari luar mobilnya saja, namun juga dari diri sendiri atau kendaraan yang digunakannya tersebut. Faktor terakhir ini seringkali disepelekan oleh para pemilik kendaraan. Salah satunya adalah bagaimana agar kondisi tubuh tidak mudah lelah saat bepergian jauh.

Salah satu praktisi keselamatan dalam berkendara dari komunitas Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sonny Susmana mengatakan bahwa faktor internal inilah yang seringkali menjadi pemicu kecelakaan akibat ban pecah serta faktor kelelahan dari pengemudi.

Baca Juga: Tips Memilih Head Unit Bekas Terbaik Untuk Interior Mobil Anda

Sonny pun menjelaskan bahwa ternyata kondisi pecah ban terjadi akibat ban yang tidak layak digunakan serta kekurangan angin.

“Sedangkan kelelahan itu sendiri (fatigue) terjadi akibat pengemudi yang mengabaikan sinyal dari dalam tubuh yang memberikan tanda agar Anda beristirahat,” ucap Sonny seperti dilansir laman Dream.co.id.

Sonny pun menuturkan jika kelelahan yang dialami pengemudi, biasanya terjadi akibat pengemudi yang memaksakan dirinya untuk sampai ke tempat tujuan.

Untuk mengatasi hal ini, menurut Sonny terdapat tiga hal yang dapat dilakukan oleh para pengendara mobil.

Istirahat Yang Cukup

Dirinya pun menyarankan agar sopir dapat sejenak untuk mengistirahatkan ini jika telah berkendara selama lebih dari tiga jam. Bukan hanya itu saja, pengemudi juga disarankan agar tetap tidur meskipun telah meminum kopi yang dianggap oleh sebagian orang berkhasiat untuk mengusir kantuk. Menurutnya, tidur tetap diperlukan oleh pengemudi karena efek dari kafein baru dapat dirasakan setelah pengemudi meminum kopi satu jam setelahnya.

“Ketika telah bangun, maka tubuh akan segera fresh kembali karena telah beristirahat yang cukup, serta dikarenakan karena efek kafein kopi,” terang Sonny lagi.

Memperhatikan Kondisi dan Asupan Makanan

Baca Juga: Jelang Musim Penghujan, Perhatikan Tips Berkendara Berikut Ini!

Sebelum melakukan perjalanan jauh, sebaiknya Anda memperhatikan asupan makanan saat berkendara agar tidak mudah lelah. Sebaiknya Anda memakan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi serta gas. Selain itu, perbanyak juga mengkonsumsi sayur dan jus yang mengandung banyak vitamin C agar kondisi Anda tetap bisa fit saat berkendara.

Menentukan Waktu Berkendara

Agar tidak mudah lelah, sebaiknya Anda menentukan waktu berkendara yang baik. Namun, pada umumnya banyak pengemudi yang lebih memilih waktu di pagi dan siang hari untuk berkendara. Namun tidak sedikit juga yang memilih waktu malam hari dengan alasan tidak terkena macet dan kepadatan lalu lintas.

Namun, jika Anda merupakan pengendara dengan jam terbang rendah dan belum pernah pergi jauh, sebaiknya memilih waktu berkendara di pagi dan siang hari karena tingkat risikonya jauh lebih kecil. Sebaliknya jika Anda telah mempunyai jam terbang yang tergolong tinggi dan telah terbiasa berkendara jarak jauh, maka waktunya bisa disesuaikan dengan kondisi tubuh Anda.

Jika Anda sedang mencari mobil bekas berkualitas dengan cicilan kredit yang mudah, aman dan transparan. Segera kunjungi website www.otomart.id. Karena kami selalu siap membantu mewujudkan impian Anda untuk mendapatkan mobil bekas berkualitas terbaik.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Daihatsu Rancang Strategi Agar Daihatsu Ayla Turbo Laku di Indonesia

OTOmart – Meski telah melakukan pengujian mesin Daihatsu Ayla turbo berkapasitas 1000cc di jalanan...

Daftar Harga Mobil Grand Livina Di Bawah Rp 150 Juta

OTOmart – Anda punya dana Rp 150 juta dan ingin mendapatkan mobil berkapasitas 7...

Spesifikasi dan Harga Resmi Mitsubishi Xpander Cross

OTOmart – Setelah hanya muncul di dunia maya saja dengan berbagai spekulasi yang menyertainya,...

Toyota Fortuner Bekas, Pilihan Terbaik Untuk ‘Naik Kelas’

OTOmart – Bagi sebagian masyarakat Indonesia, membeli mobil bekas dengan harga yang terjangkau merupakan...

Ternyata Ini Alasan Peminat Mobil Yaris Mengalami Penurunan

OTOmart – Penjualan mobil berjenis hatchback di pasar otomotif Indonesia tengah mengalami penyusutan sepanjang...

Musim Hujan Tiba, Sebaiknya Segera Ganti Karet Wiper Anda!

OTOmart – Setelah didera musim kemarau yang berkepanjangan, kini tanah air mulai memasuki musim...