Tips Optimalkan Fitur Kenyamanan Saat Libur Natal dan Tahun Baru

posted in: Artikel Mobil | 4 | Author : Ahmad Nur Ubaidah

natal

OTOmart – Saat libur panjang seperti Natal dan Tahun Baru nanti tentu banyak dari masyarakat yang melakukan perjalanan panjang ke luar kota untuk liburan dan bersantai bersama keluarga. Jika perjalanan yang Anda lakukan sangat panjang tentu menjadikan Anda lelah, tidak hanya untuk pengemudi namun juga kepada para penumpang.

Kelelahan yang dialami oleh pengemudi dan penumpang saat ingin melakukan perjalanan libur Natal dan Tahun Baru dapat disebabkan oleh banyak hal, mulai dari kemacetan yang membuat Anda merasa bosan, posisi duduk yang tidak nyaman sehingga membuat Anda pegal serta perjalanan panjang dan jauh yang menguras stamina Anda. Untuk mengurangi hal tersebut, para produsen mobil membuat beberapa fitur kenyamanan yang sengaja disematkan agar Anda dapat menikmati perjalanan.

Meskipun begitu, banyak orang yang lupa atau bahkan tidak tahu mengenai fungsi utama dari fitur kenyamanan tersebut. Karena itu akan kami paparkan bagaimana cara mengoptimalkan fitur kenyamanan pada mobil agar Anda merasa nyaman di dalam perjalanan terutama saat libur Natal dan Tahun Baru nanti.

  1. Pengaturan Kursi

natal
Sumber: Bijibersemi

Saat libur Natal dan Tahun Baru tentunya akan dimanfaatkan oleh sebagian masyarakat untuk bepergian bersama keluarga untuk sekedar menghilangkan penat setelah bekerja selama setahun penuh. Karena itu posisi tempat duduk bagi para pengemudi sangat penting. Karena itu sebelum Anda berlibur sebaiknya atur posisi tempat duduk Anda selama mengemudi dengan posisi yang ergonomis, dimana tangan, badan serta kaki tepat pada posisinya. Jangan lupa untuk mengatur jarak antara kaki dengan pedal, dimana patokan yang tepat adalah kaki harus dapat menginjak pedal kopling secara penuh bagi mobil dengan transmisi manual. Pada mobil bertransmisi otomatis, kaki harus dapat menekan pedan rem secara penuh.

Untuk sandaran punggung, sebaiknya Anda atur sedikit lebih tegak sehingga tangan akan membentuk sedikit sudut (tidak lurus penuh) sehingga lebih rileks. Lalu atur ketinggiannya sehingga Anda dapat dengan mudah melihat bagian ujung depan mobil serta kondisi di sekitarnya.

Bagi penumpang di bagian depan, atur posisi duduk Anda sehingga Anda merasa nyaman, jangan biarkan terlalu tegak agar tidak mudah lelah serta selalu perhatikan ruang kaki penumpang di bagian belakang agar posisi Anda tidak sampai menyita ruang kaki bagi penumpang belakang.

Penumpang di baris kedua diusahakan agar tidak membawa banyak barang bawaan sebab akan menghalangi ruang kaki. Selain itu, sisakan ruang kaki untuk penumpang bagian belakang agar dapat diluruskan. Jika perlu sediakan bantal kecil dan menaruhnya pada bagian belakang punggung agar posisi duduk menjadi lebih nyaman.

Tempatkan anak-anak di baris ketiga sebab bangku baris ketiga mempunyai ruang yang terbatas, dengan postur yang kecil tentu tidak memerlukan ruang kaki yang banyak. Selain itu, jangan pernah lupa menggunakan sabuk pengaman dimanapun Anda duduk.

  1. Air Conditioning (AC)

natal

Saat melakukan liburan Natal dan Tahun Baru, maka fitur pendingin udara merupakan fitur penting yang dapat memberikan kenyamanan selama melakukan perjalanan jauh. Dengan suhu yang tepat maka stamina Anda akan selalu prima dan tidak mudah lelah. Karena itu pastikan fitur ini berfungsi dengan baik sebelum Anda melakukan liburan dengan keluarga Anda.

Untuk mengoptimalkan penggunaan AC, Anda dapat melakukan berbagai hal berikut ini yaitu, Jika mobil Anda terjemur matahari saat parkir, maka secara otomatis suhu kabin akan menjadi lebih tinggi. Oleh karena itu, untuk mempercepat turunnya temperature kabin, jangan nyalakan AC secara maksimal, sebaiknya buka sedikit jendela mobil Anda lalu nyalakan AC dalam kondisi kipas normal selama beberapa menit dengan suhu AC minimal. Jika suhu dalam kabin sudah terasa sejuk barulah Anda dapat menaikkan pengaturan suhu di AC sesuai dengan keinginan Anda.

  1. Pastikan sistem Audio dan Video berfungsi dengan baik

natal
Sumber: Pricebook

Untuk mengusir rasa jenuh saat melakukan perjalanan jauh ketika liburan Natal dan Tahun Baru nanti, maka pastikan fitur hiburan ini berfungsi dengan baik sebab fitur ini sangat penting demi kenyamanan Anda sepanjang perjalanan. Setiap tipe sistem audio pada masing-masing mobil tentu berbeda-beda, namun setidaknya semua sistem audio telah dilengkapi dengan radio sebagai fitur standard.

Radio sangat penting sebab mampu memberikan informasi lalu lintas terupdate selama libur panjang Natal dan Tahun Baru. Selain itu, sistem audio yang telah dilengkapi dengan port USB dapat Anda gunakan untuk memutar musik yang Anda sukai sehingga menambah kenyamanan Anda.

Periksa head unit yang disematkan di dalam kabin Anda, perhatikan kemampuan yang dimilikinya. Sebab beberapa head unit telah dilengkapi dengan sistem navigasi yang dapat dimanfaatkan oleh Anda dalam mengetahui rute yang akan Anda tempuh. Selain itu, jika head unit telah mempunyai kemampuan mirroring, maka Anda dapat memindahkan tampilan yang ada ponsel pintar Anda ke tampilan head unit. Dengan ini, Anda mampu memanfaatkan sistem navigasi yang terdapat di dalam ponsel Anda untuk mengetahui kondisi rute yang ingin Anda tempuh.

  1. Ruang Penyimpanan

natal
Sumber: Modifikasi.com

Saat liburan Natal dan Tahun Baru menggunakan mobil pribadi tentu Anda sekeluarga akan membawa barang yang cukup banyak sehingga berebutan dengan keluarga lainnya. Apalagi pada mobil dengan tiga baris kursi tentu akan menyebabkan ruang bagasi menjadi terbatas. Hal ini tentu akan membuat Anda merasa tidak nyaman. Salah satu solusi yang dapat Anda lakukan adalah dengan memanfaatkan ruang penyimpanan tambahan pada bagian mobil Anda.

Ruang penyimpanan tambahan ini dapat Anda dapatkan pada alat tambahan yang dapat diletakkan pada bagian atas mobil Anda, seperti roofbox, cargo bag atau carrier basket. Agar ruang penyimpanan pada bagian dalam kabin rapih dan teratur, Anda dapat menggunakan cargo net dan fleksible bag.

Itulah beberapa tips menggunakan fitur kenyamanan dalam mobil saat menikmati liburan Natal dan Tahun Baru bersama keluarga.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

3 Mobil Pick-Up Terbaik dan Termurah di Indonesia

OTOmart – Bagi para pengusaha, bisnis akan berjalan dengan lancar jika ditunjang dengan sarana...

Daftar Harga Grand Max Minibus Daihatsu Agustus 2018

OTOmart – Hingga kini, Daihatsu Grand Max masih menjadi primadona di kalangan masyarakat Indonesia....

Daftar Harga Toyota Kijang Innova Bekas Agustus 2018

OTOmart – Salah satu produk unggulan Toyota di mobil bersegmen medium MPV, Toyota Kijang...

Kelebihan dan Kekurangan Lampu LED Pada Kendaraan Anda

OTOmart – Saat ini telah banyak mobil yang menggunakan lampu berjenis light emitting diode...

Komparasi Brio RS dengan Ignis Sport Edition, Mana Yang Lebih Baik?

OTOmart – GIIAS 2018 baru saja berakhir namun terdapat beberapa produk baru yang muncul...

Jazz vs Yaris, Manakah Yang Lebih Unggul? Berikut Perbandingannya

OTOmart – Di pasar mobil nasional, persaingan dua pabrikan mobil asal Jepang, PT Honda...