Ingin Transmisi Otomatis Anda Awet? Sebaiknya Lakukan Tips Ini

posted in: Artikel Mobil | 1 | Author : Ahmad Nur Ubaidah

transmisi otomatis

OTOmart – Saat ini sudah banyak para produsen mobil yang telah mengusung transmisi otomatis atau disebut juga transmisi matik sebagai penyalur tenaga untuk berbagai produknya. Hal ini dikarenakan selain mudah digunakan dan dipahami, ternyata penggunaan transmisi matic semakin membuat tingkat kenyamanan mobil menjadi bertambah. Namun, meskipun mempunyai segala kelebihan yang ditawarkan, jenis transmisi ini nyatanya cukup rentan mengalami kerusakan jika tidak dirawat dengan baik.

Jika sampai transmisi matic atau mesin mobil matik bermasalah, maka Anda harus segera bersiap untuk merogoh kocek yang cukup dalam untuk memperbaikinya. Karena itu, sebelum hal itu terjadi, alangkah baiknya Anda mengetahui cara termudah dalam merawat transmisi otomatis mobil Anda agar tetap awet, antara lain yaitu:

Lakukan Pemeriksaan dan Ganti Oli Secara Teratur

Pada umumnya penggantian oli dihitung berdasarkan jarak atau lamanya penggunaan mobil. Namun, idealnya untuk oli transmisi otomatis diganti setiap 50.000 km setelah digunakan, itupun jika mobil sering digunakan dan seringkali melewati wilayah yang macet. Karena itu, melakukan penggantian oli secara rutin dengan penggunaan merek oli yang disarankan oleh pabrikan mobil Anda akan membuat transmisi matik mobil Anda menjadi lebih awet.

Baca Juga: Xpander Gunakan Transmisi Otomatis Konvensional, Mengapa?

Akan tetapi sebelum Anda menggantinya, sebaiknya periksa terlebih dahulu kondisi serta warna oli mobil Anda. Jika warna oli terlihat hitam, maka sebaiknya segera Anda lakukan penggantian. Sebaliknya jika warna oli mobil Anda cokelat susu, maka hal itu menandakan bahwa oli mobil Anda telah tercampur dengan air, untuk menjaga agar tidak timbul karat serta merusak berbagai komponen lainnya, sebaiknya segera ganti oli mobil Anda tersebut. Jika oli berada pada posisi di bawah garis, maka besar kemungkinan telah terjadi kebocoran sehingga perlu segera diperbaiki secepatnya.

Posisikan transmisi secara tepat

Saat menggunakan transmisi otomatis, selalu pastikan bahwa Anda telah menempatkan posisi tuas transmisi di posisi netral (N) ketika mobil dalam keadaan berhenti. Jika Anda seringkali membiarkan tuas mobil berada pada posisi Drive (D), maka hal itu menandakan bahwa Anda membiarkan kanvas kopling mobil terus menerus bergesekan. Hal ini tentunya akan menyebabkan kinerja transmisi matik mobil menjadi tidak optimal.

Hindarilah menancap gas secara tiba-tiba

Ketika akan menjalankan mobil matik selalu pastikan untuk tidak langsung menginjak pedal gas secara dalam. Hal ini dilakukan agar tidak mengganggu kualitas katup solenoid. Namun, yang perlu Anda perhatikan adalah sistem yang terdapat di perangkat transmisi pada mobil matik memerlukan beberapa detik untuk dapat menghasilkan tekanan dari oli ke konverter torsi. Karena itu, jika proses tersebut belum selesai dan Anda telah memberikan tekanan yang cukup besar akan membuat katup solenoid pada mobil Anda cepat rusak.

Baca Juga: Keunggulan Transmisi AMT Pada Wuling Cortez Yang Perlu Diketahui

Panaskan mobil sebelum bepergian

Hal ini mungkin terdengar sepele, tapi jika dibiarkan malah akan membuat mesin mobil matik Anda terganggu. Karena itu, sebelum bepergian alangkah baiknya untuk memanaskan mesin mobil di pagi hari dan pastikan bahwa tuas transmisi mobil matik Anda telah berada pada posisi N ketika sedang dipanaskan.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

3 Mobil Pick-Up Terbaik dan Termurah di Indonesia

OTOmart – Bagi para pengusaha, bisnis akan berjalan dengan lancar jika ditunjang dengan sarana...

Daftar Harga Grand Max Minibus Daihatsu Agustus 2018

OTOmart – Hingga kini, Daihatsu Grand Max masih menjadi primadona di kalangan masyarakat Indonesia....

Daftar Harga Toyota Kijang Innova Bekas Agustus 2018

OTOmart – Salah satu produk unggulan Toyota di mobil bersegmen medium MPV, Toyota Kijang...

Kelebihan dan Kekurangan Lampu LED Pada Kendaraan Anda

OTOmart – Saat ini telah banyak mobil yang menggunakan lampu berjenis light emitting diode...

Komparasi Brio RS dengan Ignis Sport Edition, Mana Yang Lebih Baik?

OTOmart – GIIAS 2018 baru saja berakhir namun terdapat beberapa produk baru yang muncul...

Jazz vs Yaris, Manakah Yang Lebih Unggul? Berikut Perbandingannya

OTOmart – Di pasar mobil nasional, persaingan dua pabrikan mobil asal Jepang, PT Honda...