Tips Merawat Mobil Bekas Agar Harganya Tidak Terjun Bebas

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
merawat mobil bekas
Mengganti oli mesin (Be Quiet n Drive)

OTOmart – Pada umumnya harga mobil bekas yang sudah cukup terjangkau akan terjun bebas jika dijual lagi, apalagi jika penggunanya sama sekali tidak merawat mobil bekas secara telaten yang tentunya akan mempengaruhi tingkat kenyamanan dalam berkendara.

Karena itu, agar harga mobil bekas Anda tidak jatuh lebih dalam lagi, maka dibutuhkan beberapa perawatan dasar yang perlu Anda ketahui agar harga jual mobil bekas milik Anda tetap tinggi. Berikut ini adalah beberapa tips merawat mobil bekas yang bisa Anda lakukan seperti dilansir laman Otodriver, antara lain yaitu:

Baca Juga: 5 Cara Merawat Mobil Tua Agar Performanya Tetap Oke

1. Pastikan agar cairan pada mobil selalu tercukupi

Seperti diketahui, mobil mempunyai beberapa cairan penting yang perlu diperhatikan secara khusus, antara lain yaitu air radiator atau coolant yang fungsinya untuk mendinginkan mesin. Selain itu terdapat juga cairan power steering yang berfungsi sebagai pelumas, serta cairan rem yang berfungsi sebagai sistem hidrolik saat proses pengereman terjadi.

Pastikan seluruh cairan tersebut dalam kondisi tercukupi sehingga dapat berfungsi secara maksimal sehingga mampu melindungi berbagai komponen yang terdapat di dalam mobil Anda.

2. Lakukan pergantian oli mesin secara berkala

Salah satu elemen penting pada mobil adalah oli mesin yang berfungsi untuk mengurangi gesekan antar logam di dalam mesin mobil. Selain mengurangi gesekan antar logam, oli mesin juga berfungsi sebagai pendingin, peredam getaran, pembersih kotoran, hingga anti karat. Usahakan untuk melakukan penggantian oli mesin setiap 5.000 km sekali agar performa mesin mobil bekas Anda tetap optimal.

3. Melakukan servis rutin atau Tune Up

Dalam merawat mobil bekas, hal lain yang perlu Anda lakukan agar harga mobil bekas Anda tidak turun secara drastis adalah dengan melakukan perawatan secara berkala. Jika terdapat masalah pada mobil bekas Anda, maka sebaiknya segera konsultasikan masalah tersebut kepada mekanik agar segera mendapatkan perawatan ekstra sehingga kondisi mobil kembali prima.

4. Memperhatikan kondisi aki

cek aki mobil
Cek Tegangan Aki Mobil (Kaskus)

Aki berfungsi sebagai penyokong daya pada komponen kelistrikan yang ada di dalam mobil. Karena itu, komponen ini kondisinya harus selalu diperhatikan agar sistem kelistrikan tidak terganggu dan dalam kondisi optimal. Cara mengeceknya pun cukup mudah, Anda hanya perlu memastikan jika kondisi air aki berada di level normal, yaitu antara garis batas penanda atau dengan cara melihat tegangan aki menggunakan alat bernama voltmeter. Namun, jika Anda tidak merasa yakin untuk mengeceknya sendiri, maka Anda dapat berkunjung ke bengkel langganan Anda.

Baca Juga: Kenali Cara Merawat Mobil Avanza Ini Agar Tetap Nyaman Digunakan

5. Bersihkan mobil secara teratur

Agar harga mobil bekas Anda tidak terjun bebas, maka hal lain yang perlu Anda lakukan adalah dengan merawat mobil bekas dan menjaga kebersihannya. Salah satu langkah mudah adalah dengan mencuci mobil bekas tersebut agar mobil terlihat lebih bersih, terutama setelah Anda bepergian jauh atau sering melewati jalan yang kotor, rusak dan banjir. Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya karat pada beberapa komponen mobil Anda.

6. Hindari melakukan modifikasi

Agar harga jual mobil bekas Anda tidak terjun bebas, maka sebaiknya Anda tidak melakukan modifikasi mobil berlebih, seperti menggunakan aksesori berlebih, klakson variasi, lampu, serta audio yang tidak sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Meskipun modifikasi yang dilakukan tergolong ringan, namun tetap harus dihindari agar harganya tidak terjun bebas.

Jika Anda sedang mencari mobil bekas berkualitas dengan cicilan kredit yang mudah, aman dan transparan. Segera kunjungi website www.otomart.id. Karena kami selalu siap membantu mewujudkan impian Anda untuk mendapatkan mobil bekas berkualitas terbaik.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Nissan Terrano, SUV Bekas Nan Tangguh Dibanderol Mulai Rp80 Juta

OTOmart – Ketika pertama kali meluncur pada tahun 1995 lalu, Nissan Terrano langsung membuat...

Kaca Depan Mobil Anda Mengalami Baret? Ternyata Ini Penyebabnya!

OTOmart – Ketika musim hujan tiba, visibilitas kaca depan mobil sangatlah penting untuk dapat...

Ignis Facelift Meluncur Di India, Ini Spesifikasi Lengkapnya

OTOmart – Pada awal tahun 2020 ini, beberapa produsen mobil kenamaan mulai menampilkan produk...

Ertiga GL, Mobil Bekas Suzuki Dengan Interior Termewah!

OTOmart – Di pasar mobil bekas, Suzuki Ertiga GL bertransmisi manual lansiran tahun 2014...

Daihatsu Rocky Segera Meluncur, Indonesia Belum Bisa Masuk

OTOmart – Pada ajang Tokyo Motor Show (TMS) tahun 2019 lalu, Daihatsu telah membangkitkan...

Seltos X-Line Meluncur Di India, Berikut Spesifikasinya!

OTOmart – KIA Seltos merupakan salah satu dari beberapa mobil terbaru yang meluncur di...