Tips Merawat Mesin Isuzu Panther Diesel Agar Performa Tetap Stabil

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
isuzu panther
Isuzu Panther (Wikipedia)

OTOmart – Sejak awal kemunculannya, Isuzu Panther yang tergolong ke dalam jenis mobil MPV (Multi Purpose Vehicle) telah menarik minat masyarakat Indonesia karena mengandalkan mesin diesel sebagai dapur pacunya serta irit konsumsi bahan bakar. Lalu bagaimana cara merawat mesin Isuzu Panther ini?

Dengan tagline ‘Si Raja Diesel’, Isuzu Panther telah lama dikenal sebagai mobil yang tangguh dan bandel, terutama untuk melibas seluruh medan jalan yang ada di Indonesia. Apalagi mobil ini belum menggunakan teknologi mesin common-rail dibandingkan para kompetitornya sehingga mampu mengkonsumsi bio solar.

Baca Juga: Ini Alasan Mengapa Isuzu Panther Touring Banyak Dicari

Pada generasi keempat ini, Isuzu Panther masih menggunakan mesin berkode 4JA1L dengan teknologi mesin Turbocharger berkapasitas 2.499 cc.

Tips Mengecek Mesin Isuzu Panther

Agar mesin Isuzu Panther tetap dalam kondisi prima, maka perlu beberapa perawatan. Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan, yaitu:

Mengecek volume oli mesin

Tips pertama yang perlu Anda lakukan agar performa mesin Isuzu Panther tetap prima adalah dengan mengecek kapasitas oli mesin dengan menggunakan dipstick. Jika volumenya berkurang, maka diindikasikan bahwa terdapat oli mesin yang ikut terbakar di ruang pembakarannya. Sedangkan jika oli mesin bertambah, maka dapat dipastikan bahwa telah terjadi kebocoran pada injection pump sehingga mengakibatkan solar masuk ke dalam tangki oli.

Mengecek kepincangan mesin dan klep bocor melalui filter udara

Cek filter udara Anda, jika terdapat kebocoran klep maka akan muncul suara-suara aneh seperti ‘pok pok pok’ yang biasanya terdapat di area filter udara, maka berarti telah terjadi kebocoran pada klep. Sedangkan untuk memastikan apakah mesin mengalami kepincangan atau tidak dengan water pass adalah dengan cara menaikkan rpm dan water pass stabil. Ini menandakan bahwa mesin dalam kondisi yang sangat bagus.

Baca Juga: Terungkap! Alasan Isuzu Tak Kunjung Keluarkan Model Panther Terbaru

Mengecek kondisi mesin melalui emisi gas buang

cek mesin mobil
Ilustrasi (Carmudi)

Untuk merawat mesin Isuzu Panther, sebaiknya melakukan pengecekan dari emisi gas buang. Jika asap knalpot terdapat asap putih pekat, maka hal ini menandakan bahwa pembakaran yang terjadi tidak sempurna.

Sedangkan jika asap knalpot nembak bahkan bersuara ‘pok pok pok’ di knalpot, maka hal ini berarti bahwa telah terjadi kebocoran klep.

Jika asap gas buang knalpot Isuzu Panther nampak berminyak, maka dapat dipastikan bahwa terdapat oli yang turut terbakar.

Melakukan pengecekan silinder head melalui air radiator

Agar performa mesin tetap prima, maka sebaiknya Anda mengecek packing silinder head mesin diesel tersebut apakah masih bagus atau tidak. Caranya dengan membuka penutup air radiator. Jika rpm dinaikkan, lalu air radiator muncrat ke atas, maka dapat dipastikan jika packing silinder head telah pecah atau rusak.

Mengecek kompresi tempat pengisian oli mesin

Untuk merawat mesin Isuzu Panther, maka sebaiknya Anda juga mengecek kompresi mesin diesel tersebut apakah bagus atau tidak. Caranya adalah dengan membuka penutup oli mesin dan dipstick oli mesin. Jika muncul asap saat penutup dipstick oli dibuka, maka berarti kompresi berbalik. Karena itu, sebaiknya cek tempat pengisian oli mesin tersebut. Apabila telah muncul asap, maka dapat diindikasikan bahwa telah ada kompresi yang akan berbalik di karter.

Jika Anda sedang mencari mobil bekas berkualitas dengan cicilan kredit yang mudah, aman dan transparan, segera kunjungi website www.otomart.id. Karena kami selalu siap membantu mewujudkan impian Anda untuk mendapatkan mobil bekas berkualitas terbaik.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Kartu Tol Hilang Saat Berada Di Jalan Tol? Ini Cara Penyelesaiannya

OTOmart – Diberlakukannya sistem pembayaran cashless pada pengguna jalan tol, tentunya perlu disadari secara...

Ford Everest Bekas, Tenaga Badak Harga Mulai Rp 70 Jutaan

OTOmart – Meski telah lama hengkang dari pasar otomotif tanah air, beberapa produk dari...

Chevrolet Trax Bekas Kini Harganya Mulai Dari Rp 150 Jutaan

OTOmart – Anda sedang mencari mobil SUV bekas namun tidak ingin agar bodinya tidak...

Resmi Meluncur, Berikut Spesifikasi dan Harga Lengkap KIA Seltos

OTOmart – Di awal tahun 2020, PT Kreta Indo Artha (KIA) melakukan gebrakan dengan...

Model Mobil Ini Harganya Anjlok Tapi Banyak Peminat

OTOmart – Sejumlah model mobil baik MPV ataupun SUV yang berasal dari berbagai merek...

Ini Perubahan Yang Dilakukan Suzuki Pada All New Ertiga 2020

OTOmart – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) di awal tahun 2020 melakukan gebrakan dengan...