Tips Mudah Mengetahui Kondisi Aki Soak Atau Tidak

posted in: Artikel Mobil | 1 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
aki soak
Tips mudah mengetahui kondisi aki mobil soak atau tidak (Youtube)

OTOmart – Saat Anda sedang berkendara lalu tiba-tiba mengalami mogok akibat dari aki soak tentunya hal tersebut sangat menjengkelkan, apalagi ketika Anda sedang berada dalam aktivitas yang sangat penting. Padahal, hal tersebut dapat Anda hindari dengan cara memahami batas usia pakai aki yang sedang Anda gunakan.

Seperti komponen mobil lainnya, aki rupanya mempunyai batas usia pemakaian. Aki soak dapat terjadi kapan pun dan dimana pun. Karena itu, sangat perlu bagi pemilik kendaraan untuk memahami batas pemakaian aki, apalagi jika aki tersebut telah lewat masa pakainya.

Baca Juga: Tips Membedakan Antara Aki Asli dengan Aki Rekondisi

Untuk mobil dengan transmisi manual, solusi yang dapat dilakukan adalah dengan menyalakan mesin tanpa menggunakan aki, yaitu dengan cara mendorong mobil. Namun, bagi mobil dengan transmisi otomatis, cara tersebut tidak dapat dilakukan. Solusinya adalah dengan mengganti aki mobil tersebut atau mencari pertolongan dengan cara melakukan jumper setrum dari aki mobil lainnya.

Untuk mengukur usia pemakaian aki, cara yang paling tepat adalah dengan menggunakan alat-alat bengkel. Meski begitu, ternyata terdapat cara mudah yang bisa Anda lakukan guna mengetahuinya, yaitu dengan melihat keterangan jadwal penggunaan aki tersebut pertama kali. Biasanya para pabrikan aki merekomendasikan aki untuk dipakai setidaknya selama setahun. Jika telah lewat masanya, maka para pemilik kendaraan diharuskan selalu mengecek kondisi aki tersebut secara rutin.

Jika aki yang Anda gunakan bertipe basah, maka cara mengeceknya adalah dengan memperhatikan ambang batas atas dan bawah cairan elektrolit pada aki. jika batas cairan elektrolit mendekati batas bawah, maka harus secepatnya ditambah. Sedangkan jika aki yang Anda gunakan bertipe kering, maka sebaiknya Anda memperhatikan indikator warna aki tersebut. Jika berwarna biru, menandakan bahwa aki tersebut masih oke, jika berwarna putih, menandakan aki tersebut membutuhkan tambahan setrum dan jika berwarna merah, menandakan aki soak sehingga wajib diganti.

“Yang perlu dilakukan pertama kali adalah mengetahui terlebih dahulu jenis aki yang digunakan, sebab beda aki tentu berbeda gaya pengecekannya. Selain itu, pada merek-merek tertentu, indikator yang digunakan menggunakan warna serta simbol,” ucap Head of Product Planning Sokonindo Automobile, seperti dilansir laman CNN Indonesia, Jum’at (24/8) kemarin.

Baca Juga: Lakukan Cara Merawat Mesin Mobil Ini Agar Performa Tetap Stabil

Selain mengecek langsung kondisi aki, para pemilik kendaraan juga dapat memperkirakan apakah kondisi aki soak atau tidak dari pengamatan kondisi kendaraan seperti, sinar lampu yang mulai meredup atau saat proses menyalakan mesin berjalan dengan lambat. Jika kedua kondisi tersebut Anda dapati pada kendaraan Anda, maka besar kemungkinan aki soak sehingga perlu diganti.

“Jika berbicara gejala, maka komponen mobil yang paling banyak menggunakan energi aki paling besar adalah motor starter. Jika dalam menyalakan mesinnya saja sudah tersendat alias motor starter tidak mendapatkan cukup energi untuk melakukan hal tersebut, maka bisa dipastikan bahwa aki Anda soak. Ketika mesin mati dan energi dari aki telah habis, maka nyala lampu akan meredup,” terang Ricky lagi.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Ingin Mudik Aman dan Nyaman? Sebaiknya Cek 7 Komponen Mobil Ini

OTOmart – Menjelang Hari Raya Idul Fitri, sebagian besar masyarakat tentunya akan menjalankan salah...

Tips Hindari Pecah Ban di Jalan Tol Saat Mudik Lebaran

OTOmart – Sebagian besar kondisi jalan Tol Trans Jawa menggunakan jenis beton cor untuk...

Tips Merawat Radiator Mobil Agar Tidak Jebol Karena Overheat

OTOmart – Radiator adalah salah satu komponen pada mobil yang sangat penting agar suhu...

Tips Mengemudi Mobil Yang Aman di Malam Hari

OTOmart – Bagi sebagian orang berkendara di malam hari dianggap mempunyai sensasi tersendiri, mulai...

Tips Membersihkan Ruang Mesin Yang Aman Dan Benar

OTOmart – Ruang mesin merupakan salah satu area mobil bekas yang paling jarang dibersihkan...

Sering Lupa Ganti Oli? Siap-Siap Transmisi Matik Sering Nyangkut

OTOmart – Salah satu hal yang paling sering dilakukan oleh pembeli mobil bekas adalah...