Tips Mengetahui Gearbox Matic Mobil Anda Sehat Atau Tidak

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
gearbox
Transmisi Otomatis (Source: Melek Otomotif)

OTOmart – Saat ini, sistem transmisi otomatis tidak lagi menjadi anak tiri. Bahkan di pasar mobil bekas, penjualan unit mobil dengan gearbox otomatis mulai menggusur dominasi mobil yang masih menggunakan sistem transmisi manual.

Meski begitu, Anda perlu berhati-hati jika ingin mendapatkan mobil menggunakan gearbox otomatis tersebut. Sebab, saat membeli sebuah mobil bekas, tentunya Anda berharap agar kondisi unit gearboxnya dalam kondisi yang prima.

Baca Juga: Tips Gunakan Gigi Rendah Pada Sistem Transmisi Otomatis

Jika kondisi gearbox otomatis mobil bekas Anda kurang segar, maka tentunya akan membuat Anda mengeluarkan biaya. Sebab, harga perbaikan gearbox tidaklah murah.

“Untuk kenyamanan menggunakan transmisi matik, dibutuhkan biaya sparepart dan perbaikan yang tentunya cukup untuk merogoh kocek Anda. Karena itu, dalam memilih mobil matik bekas, Anda harus lebih memperhatikan detail transmisinya,” ucap Edward Adiwinata, pemilik bengkel mobil yang berada di wilayah Blok S, Jakarta Selatan, seperti dilansir laman Otodriver.com.

“Jangan pernah ragu untuk memeriksa segala sesuatunya, baik secara fisik maupun fungsinya,” terang Edward lagi.

Edward pun mengatakan bahwa pengecekan fisik diperlukan untuk mengetahui apakah ada kebocoran oli berupa tetesan oli pada mesin mobil Anda. Hal ini merupakan bagian dari standar pengecekan. Karena itu pastikan bahwa oli mesin mobil bekas Anda tidak mengalami kebocoran, terutama pada bagian gearbox ataupun piranti pendukung lainnya.

Baca Juga: Ingin Transmisi Otomatis Anda Awet? Sebaiknya Lakukan Tips Ini

Selain melakukan pengecekan fisik, Anda juga perlu melakukan pengetesan fungsi melalui test drive atau jajal unit. Pengetesan unit ini wajib dan tidak boleh Anda lakukan. Beberapa tes ringan yang perlu Anda lakukan antara lain, yaitu:

1. Melakukan pengujian pada seluruh perpindahan gigi transmisi otomatis di semua posisi. Pastikan bahwa perpindahannya presisi dan halus, baik saat shift up ataupun saat shift down.

2. Coba masukkan tuas R ke D. Injak pedal rem dan perhatikan secara seksama hentakan gearboxnya apakah masih cukup kuat atau tidak. Pastikan bahwa respons dan hentakan gearboxnya cukup kuat.

3. Pastikan bahwa ada jeda waktu saat perpindahan gigi. Pada umumnya posisi D itu normal dan punya jeda respons maksimal ½ detik. Sedangkan untuk R, maksimal jeda respon waktunya itu sekitar 1 detik.

4. Carilah jalan menanjak dan perhatikan kinerja dari gearboxnya. Pastikan bahwa gearboxnya responsive dan tidak selip saat menanjak.

5. Perhatikan jadwal penggantian oli matiknya. Hal ini wajib Anda lakukan, jika perlu segera ganti oli mesin matiknya dengan yang baru berikut dengan filter olinya.

Jika Anda ingin mendapatkan berita-berita terbaru seputar Otomotif atau ingin mencari dan melakukan kredit mobil bekas berkualitas terbaik di seluruh dealer mobil bekas di Indonesia, kunjungi situs Otomart.id. Kami siap membantu Anda mewujudkan impian Anda.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Kartu Tol Hilang Saat Berada Di Jalan Tol? Ini Cara Penyelesaiannya

OTOmart – Diberlakukannya sistem pembayaran cashless pada pengguna jalan tol, tentunya perlu disadari secara...

Ford Everest Bekas, Tenaga Badak Harga Mulai Rp 70 Jutaan

OTOmart – Meski telah lama hengkang dari pasar otomotif tanah air, beberapa produk dari...

Chevrolet Trax Bekas Kini Harganya Mulai Dari Rp 150 Jutaan

OTOmart – Anda sedang mencari mobil SUV bekas namun tidak ingin agar bodinya tidak...

Resmi Meluncur, Berikut Spesifikasi dan Harga Lengkap KIA Seltos

OTOmart – Di awal tahun 2020, PT Kreta Indo Artha (KIA) melakukan gebrakan dengan...

Model Mobil Ini Harganya Anjlok Tapi Banyak Peminat

OTOmart – Sejumlah model mobil baik MPV ataupun SUV yang berasal dari berbagai merek...

Ini Perubahan Yang Dilakukan Suzuki Pada All New Ertiga 2020

OTOmart – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) di awal tahun 2020 melakukan gebrakan dengan...