5 Tips Pintar Untuk Mengecek Kondisi Mesin Mobil Bagus dan Tidak

posted in: Artikel Mobil | 3 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
mobil bagus
Sumber: Getty Images

Otomart – Ketika Anda membeli mobil bekas, tentu selain harga murah ada beberapa pertimbangan yang harus Anda perhatikan. Salah satunya adalah faktor Engine. Jika kondisi mesin mobil bagus, maka tentu Anda akan merasa senang dan nyaman. Namun, jika kondisi mesin mobil tidak bagus, maka tentu akan sangat mengecewakan bagi Anda.

Mesin yang sehat tentunya mempunyai peranan yang cukup penting, namun banyak yang mengabaikan hal ini. Para pemilik kendaraan cenderung menggunakan mobil saja tanpa memperdulikan perawatannya. Lalu apa sih ciri-ciri mesin mobil yang bagus dan sehat?

Baca Juga: Begini Cara Membersihkan Mesin Mobil Dengan Baik dan Benar

Tidak semua pemilik kendaraan yang sangat memperhatikan setiap detailnya, termasuk mengenai masalah kesehatan mesin. Pada mobil bekas, tentunya pembeli ingin membeli mobil dengan mesin yang sehat dan bagus. Namun kenyataannya, beberapa mobil bekas justru dijual karena mesin yang bermasalah. Karena itu, Anda harus cermat dalam memilih mobil bagus atau tidak, dengan cara mengecek mesin mobilnya.

Berikut ini adalah cara mengetahui mesin mobil yang masih bagus dan sehat, seperti dilansir laman auto expose.org.

  1. Lihat kebersihan mesin

Untuk melihat apakah ada permasalahan pada mesin mobil, langkah awal untuk mengetahuinya adalah dengan mengecek kebersihan dari mesin tersebut. Perhatikan secara mendetail komponen-komponen yang terlihat dengan mudah dari kotoran dan kerak, karena biasanya pada komponen kepala silinder terdapat beberapa bercak yang sulit dibersihkan akibat dari uap baterai yang mengenai head cylinder.

Komponen lainnya yang harus diperhatikan adalah kondisi baterai. Periksa secara menyeluruh permukaan baterai, sebab pada bagian tersebut sering mengendap kerak dan kotoran. Jika ditemukan kerak menyelimuti baterai, maka pemilik kendaraan dipastikan kurang memahami perawatan mesin.

Kerak dan kotoran yang menempel pada mesin harus segera dibershkan, sebab dapat mempengaruhi putaran pulley yang dihubungkan dengan belt, sehingga potensi slip dan belt putus dapat terjadi.

  1. Perhatikan semua komponen sambungan dari kebocoran

Di dalam sebuah mesin terdapat berbagai sistem, diantaranya yaitu sistem pendingin dan sistem steering. Untuk mengetahui apakah mesin mobil bagus atau tidak, Anda dapat memperhatikan seluruh sambungan antar selang dari kebocoran yang biasanya terjadi. Pada umumnya kebocoran dapat terdeteksi dengan mudah, yaitu dengan melihat apakah ada rembesan yang terjadi atau tidak. Jika kondisi seluruh sambungan kering, maka dapat dipastikan bahwa tidak ada kebocoran fluida mesin, sehingga dapat dikatakan bahwa mesin dalam kondisi sehat.

  1. Perhatikan stick oli

Perhatikan stick oli dengan seksama, lalu cek secara mendetail kualitas oli serta volume oli yang ada di dalam mesin. Jika warna oli menghitam, berarti oli perlu diganti, sebaliknya jika oli masih berwarna bening, berarti oli masih dalam kondisi yang bagus.

Baca Juga: Tips Mematikan Mesin Mobil Dengan Baik dan Benar Agar Mobil Awet

  1. Dengarkan suara mesin

Hal ini penting untuk Anda, jika suara mesin tenang dan stabil, maka dapat dikatakan mesin mobil dalam keadaan bagus, sebaliknya jika muncul suara kasar, masa kemungkinan terjadi kebocoran kompresi atau rantai timming kendor.

  1. Perhatikan asap kendaraan yang muncul

Secara visual, mesin yang sehat tentu asapnya akan berwarna bening. Namun, jika asap yang keluar berwarna hitam atau putih, berarti mesin dalam kondisi yang bermasalah.

Itulah beberapa tips untuk mengetahui mesin mobil bagus atau tidak. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Tips Mengurangi Rasa Mual Saat Melakukan Perjalanan Jauh

OTOmart – Melakukan perjalanan jarak jauh, seperti mudik tentunya akan membuat sebagian orang merasa...

Hati-hati Overheat Mesin Saat Liburan, Begini Cara Mencegahnya

OTOmart – Saat liburan menggunakan mobil pibadi, kemacetan merupakan pemandangan yang lumrah dan biasanya...

Tips Lewati Tanjakan Kali Kenteng dengan Mudah dan Aman

OTOmart – Bagi para pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi dan hendak menempuh perjalanan mudiknya...

Lakukan Tips Perawatan Ini Setelah Mobil Digunakan Mudik

OTOmart – Pada saat liburan akhir tahun pada umumnya dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk...

Hati-Hati! Kondisi ‘Microsleep’ Ketika Berkendara di Jalan Tol

OTOmart – Seperti biasanya, banyak orang yang menjalankan tradisi mudik Lebaran menggunakan kendaraan pribadi....

Tips Membedakan Antara Aki Asli dengan Aki Rekondisi

OTOmart – Pernahkah Anda ketika membeli aki tapi ternyata sudah soak? Padahal belum setahun...