Tips Menentukan Oli Mobil Yang Bagus Untuk Kendaraan Anda

posted in: Artikel Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
oli mobil yang bagus
Sumber: Getty Images

Otomart – Sampai saat ini masih saja ada beberapa pengemudi yang kebingungan dalam memilih oli mobil yang bagus. Hal ini disebabkan karena kurangnya pengetahuan pengemudi mengenai jenis oli yang bagus. Karena itu, kali ini bung OTO akan memberikan informasi mengenai oli mobil yang bagus untuk mobil Anda.

Saat ini telah banyak beredar beberapa merek oli di pasaran, dengan begitu banyaknya oli yang berseliweran tentu membuat Anda kebingungan dalam menentukan oli mana yang bagus untuk mobil kesayangan Anda tersebut. Oli dengan harga mahal belum tentu baik, sementara oli murah bisa saja memang murahan sehingga membuat performa mobil Anda menjadi berkurang.

Nah, berikut ini adalah beberapa tips bermanfaat untuk Anda dalam memilih oli mobil yang bagus, yaitu:

Baca Juga: Perbedaan Antara Oli Mobil Manual Dan Oli Mobil Matic

  1. Kenali karakter kendaraan Anda

Untuk mendapatkan oli mobil yang bagus, pertama kali yang harus Anda ketahui adalah spesifikasi mesin kendaraan serta lingkungan Anda berkendara mulai dari suhu, kelembapan udara, debu dan lain-lain. Sebaiknya Anda membaca buku manual yang Anda dapatkan saat membeli mobil untuk mengetahui teknologi mesin serta jenis oli yang cocok untuk mobil Anda.

  1. Perhatikan tingkat kekentalan oli

Tingkat kekentalan pelumas atau yang biasa disebut dengan Viskosity Grade adalah ukuran kekentalan serta kemampuan pelumas agar dapat tetap mengalir pada temperature tertentu. Untuk mengetahui kekentalan oli, Anda dapat menemukannya pada pelumas berupa huruf SAE (Society of Automotive Engineers). Angka yang mengikuti dibelakang huruf tersebut merupakan tingkat kekentalan oli. Sedangkan huruf W dibelakang angka awal merupakan singkatan dari Winter. Contoh: SAE 15W-50, menandakan bahwa oli tersebut mempunyai tingkat kekentalan SAE 10 untuk kondisi suhu dingin sedangkan SAE 50 merupakan oli untuk kondisi suhu panas.

Baca Juga: Inilah Spesifikasi Oli yang Bagus Untuk Kendaraan Anda?

Menurut standar SAE, oli akan bekerja pada kisaran angka kekentalan 40-50 jika dalam kondisi panas normal. Namun, untuk mobil masa kini terutama yang telah menggunakan mesin VVT, VVT-I dan sejenisnya minimum menggunakan oli yang tingkat kekentalannya 10/40 atau 5/30. Hal ini dikarenakan mesin tersebut tidak cocok pada oli dengan tingkat kekentalan 20/50 atau yang lebih kental.

  1. Perhatikan kualitas oli melalui kode API (American Petrolium Institute)

Agar Anda dapat menemukan oli yang bagus untuk mobil Anda, sebaiknya Anda memperhatikan kualitas oli melalui kode API yang biasanya tertera pada pelumas. Contoh: SL, Kode S menandakan bahwa pelumas mesin tersebut untuk kendaraan yang menggunakan bahan bakar bensin, sedangkan huruf kedua menunjukkan nilai kualitas dari olit tersebut, semakin mendekati huruf Z, maka mutu oli akan semakin baik dalam melapisi komponen dengan lapisan film serta kebutuhan mesin saat ini. API SM biasanya digunakan untuk mobil dengan teknologi terbaru yang dirancang untuk memberikan kontrol endapat temperatur tinggi menjadi lebih baik.

Sedangkan untuk generasi sebelumnya, sangat dianjurkan memakai oli dengan kode SL untuk mobil keluaran 2004 ke bawah, dan kode SJ untuk mobil keluaran 2001 ke bawah.

Itulah beberapa tips menentukan oli yang bagus untuk mobil Anda sehingga performa mobil Anda tetap seperti mobil baru. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Sumber: Montirgw.com

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Spesifikasi dan Harga Mobil Toyota Agya 2017 Terbaru

OTOmart – Sejak dirilis pada tahun 2013 lalu, Toyota Agya Motor akhirnya kembali merilis...

Spesifikasi dan Harga Mobil Sienta Terbaru November 2017

OTOmart – Pernahkah Anda mendengar mengenai salah satu mobil buatan Toyota di segmen compact...

Lihat Harga Mobil Sigra Terbaru November 2017 OTR Jakarta

OTOmart – Perlahan tapi pasti, salah satu produk unggulan yang merupakan gabungan antara pabrikan...

Nissan X-Trail vs Toyota Fortuner, Mana Yang Lebih Unggul?

OTOmart – Nissan dan Toyota sama-sama mempunyai produk andalan di segmen SUV (Sport Utility...

Kenali Fitur serta Harga Panther Touring Sebelum Membelinya

OTOmart – Sejak awal kemunculannya Panther memang dikenal sebagai rajanya mesin mobil diesel, hal...

Ketahui Spesifikasi Serta Harga Ertiga Terbaru November 2017

OTOmart – Suzuki kabarnya akan melakukan peluncuran generasi baru Ertiga yang saat ini tengah...