Begini Cara Melewati Tanjakan Curam Menggunakan Mobil Matic

posted in: Artikel Mobil | 1 | Author : Ahmad Nur Ubaidah

matic

OTOmart – Ketika mengemudikan kendaraan diperlukan keterampilan serta respon yang cukup cekatan agar tidak terjadi kesalahan fatal bagi pengemudi dan para penumpangnya. Terutama jika Anda merupakan penggemar mobil matic yang pada dasarnya mempunyai tingkat kemudahan dan kenyamanan yang cukup mumpuni saat mengemudi.

Bagi para pengemudi mobil matic, salah satu medan tersulit adalah ketika kondisi jalan menanjak, ditambah lagi kondisi arus lalu lintas sedang mengalami kemacetan. Bahkan, tidak jarang banyak orang yang kebingungan ketika mengemudikan mobil matic pada jalan yang menanjak. Hal ini disebabkan karena rasa khawatir mobil akan mundur ke belakang sehingga membahayakan kendaraan lain yang berada di bagian belakang mobil.

Baca Juga: 3 Proses yang Harus dikenali Pengendara Mobil Matic Pemula

Terdapat beberapa tips yang dapat Anda lakukan saat mengendarai mobil matic ketika kondisi jalan menanjak, antara lain yaitu:

Memperhatikan tingkat kecuraman tanjakan

Hal pertama yang harus Anda lakukan ketika sedang mengemudikan mobil matic di jalan menanjak adalah tingkat kecuraman tanjakan, sebab hal ini akan mempengaruhi tuas yang Anda gunakan. Perlu Anda ketahui bahwa tuas transmisi pada mobil matic terdapat beberapa macam, yaitu P untuk posisi ketika sedang parkir, R yang berarti reverse yang merupakan posisi ketika mobil sedang melaju mundur, D ketika mobil sedang dalam kondisi melaju ke depan, kemudian ada D2, D1 atau L yang posisinya tepat berada di bawah posisi D.

Lakukan pencocokan tuas transmisi dengan kondisi jalan

Jika Anda sedang berada di jalan yang menanjak, seperti daerah pedesaan atau daerah pegunungan tentu akan menemukan medan yang lebih curam, Anda tentunya tidak akan cukup jika hanya menggunakan mode D saja, gunakanlah transmisi D2 agar dapat melaluinya dengan cukup mudah. Meskipun begitu, jika tanjakan yang Anda lalui semakin curam, maka Anda juga dapat menggunakan posisi D1. Posisi tersebut sama seperti gigi 1 pada mobil dengan transmisi manual sehingga dapat digunakan untuk melalui tanjakan yang sangat curam atau saat terjebak kemacetan atau berjalan merayap di jalan yang menanjak.

Jangan menginjak rem ketika melakukan perpindahan tuas dari D ke posisi D2 atau D1

matic

Baca Juga: Lakukan Cara Merawat Mobil Matic Ini Biar Mobil Anda Awet

Ketika akan melakukan perpindahan tuas dari posisi D ke D2 atau D1 sebaiknya menghindari menginjak rem terlalu dalam. Untuk itu, gunakan tombol yang berada pada tuas persneling ketika akan memindahkan gigi.

Teruslah melatih menggunakan matic di jalan yang menanjak

Untuk dapat dengan mudah melewati jalan yang menanjak menggunakan mobil matic, maka hal yang perlu sering Anda lakukan adalah dengan terus berlatih dan membiasakan diri Anda. Sebab dengan melakukan hal tersebut, maka akselerasi mobil matik akan menjadi lebih bertahap dan akan menyamai kondisi saat Anda mengendarai mobil dengan transmisi manual.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

3 Langkah Mudah Usir Udara Panas Pada Kabin Mobil Anda

OTOmart – Pernahkah Anda memarkir mobil Anda di lahan terbuka? Apalagi saat waktu siang...

Punya Tombol Tersembunyi, Begini Cara Mematikan Sistem Alarm C-HR

OTOmart – Seperti kebanyakan mobil pada umumnya, Toyota C-HR juga tentunya telah dibekali dengan...

Selain Pedal Rem, Ini Beberapa Jenis Rem Yang Perlu Anda Tahu!

OTOmart – Seperti rem pada umumnya, rem tangan atau sering disebut juga dengan rem...

4 Faktor Penyebab Kendaraan Jadi Boros Konsumsi Bahan Bakar

OTOmart – Bagi pengendara kendaraan bermotor, baik kendaraan beroda dua maupun beroda empat, tentunya...

Mobil Sudah Gunakan Emisi Euro 4, Sebaiknya Gunakan BBM Jenis Ini

OTOmart – Sejak menerapkan standar emisi Euro 4 di Indonesia sejak Oktober 2018 kemarin...

Begini Cara Membedakan Mobil Bekas Taksi Online Dengan Yang Tidak

OTOmart – Saat Anda membeli mobil bekas, tentunya Anda ingin mendapatkan mobil bekas dengan...