Ini Tips Menangani Mesin Mobil Bergetar yang Benar

posted in: Artikel Mobil | 1 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
mesin mobil bergetar
Sumber: Getty Images

Otomart – Mengecek kondisi mobi secara rutin merupakan hal yang sangat perlu dilakukan agar kondisi mobil tetap prima dan baik terutama mesin mobil Anda. Jika Anda tidak rutin melakukan perawatan dan pengecekan secara berkala justru akan menyebabkan beberapa komponen mobil Anda menjadi tidak berfungsi dengan baik atau rusak. Jika mesin mobil bergetar, sebaiknya Anda berhati-hati sebab hal itu mungkin saja pertanda bahwa mesin mengalami kelainan atau kerusakan sehingga sudah tidak layak untuk digunakan.

Baca Juga: Perbedaan Mesin Avanza dan Mesin Xenia yang Perlu Diketahui

Mesin mobil bergetar tentu akan menimbulkan suara berisik sehingga mengganggu kenyamanan Anda saat berkendara, apalagi jika mobil tersebut terjebak kemacetan sehingga getaran yang timbul akan sangat terasa sekali bahkan hingga ke dalam kabin mobil Anda. Selain itu suara yang timbul akan sangat mengganggu pendengaran.

Cara menangani mesin mobil bergetar

  1. Lakukan pengecekan kondisi mesin mobil

Jika kondisi mesin mobil Anda bergetar, sebaiknya Anda mengecek kondisi busi mobil Anda apakah sudah rusak atau mati, sebab hal itu dapat menyebabkan mesin mobil menjadi bergetar. Sebaiknya Anda mengecek kondisi pengapian busi tersebut apakah masih maksimal atau tidak untuk digunakan.

Cara mengeceknya cukup  mudah, Anda hanya perlu membuka busi dan menempelkannya ke bagian logam yang terdapat pada bagian mobil Anda. Amati secara cermat busi ketika mobil di starter. Jika nyala api pada busi berwarna biru maka busi masih dalam kondisi normal, sebaliknya jika nyala busi berwarna merah sedikit kekuningan, maka dapat dipastikan bahwa busi tersebut sudah tidak layak untuk digunakan dan harus diganti dengan busi yang baru.

  1. Cek bagian engine mounting mobil Anda

Cara kedua yang harus Anda lakukan apabila mesin mobil bergetar adalah dengan mengecek kondisi engine mounting yang terdapat pada mobil Anda apakah masih dapat bekerja dengan baik atau tidak. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menghidupkan mobil dan melihat karet serta baut yang terdapat pada engine mounting tersebut. Jika kedua benda tersebut stabil dan tidak goyang, maka engine mounting masih dalam kondisi normal.

Hal terpenting untuk mengetahui penyebab mesin mobil bergetar adalah ketika bagian karet dan baut engine mounting penyanggah mesin ke sasis bergetar ketika posisi mesin dalam keadaan hidup. Jika kondisi ini terjadi, sebaiknya Anda segera mengganti engine mounting tersebut dengan yang baru.

Baca Juga: 5 Tips Pintar Untuk Mengecek Kondisi Mesin Mobil Bagus dan Tidak

  1. Cek bagian karbunator mesin

Jika mobil Anda menggunakan sistem karbunator, sebaiknya Anda mengecek karbunator tersebut terutama di bagian valve dan idle. Caranya dengan menyetel secara perlahan valve dan idle yang terdapat di bagian karbunator tersebut dengan memposisikan mobil dalam keadaan hidup lalu dimatikan kembali, lalu lihatlah ke bagian valve karbunator.

Jika terdapat bensin yang berlebih masuk ketika posisi kunci dalam keadaan off dan jika terlihat ada bensin lebih pada mesin mobil Anda, maka sebaiknya Anda perbaiki karbunator tersebut dengan cara membawa ke bengkel langganan Anda untuk dilakukan pembersihan agar kondisi menjadi baik sehingga tidak menimbulkan getaran pada mesin yang dapat mengganggu pendengaran.

Demikianlah tips mengatasi mesin mobil bergetar yang dapat Anda lakukan dengan benar. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

3 Langkah Mudah Usir Udara Panas Pada Kabin Mobil Anda

OTOmart – Pernahkah Anda memarkir mobil Anda di lahan terbuka? Apalagi saat waktu siang...

Punya Tombol Tersembunyi, Begini Cara Mematikan Sistem Alarm C-HR

OTOmart – Seperti kebanyakan mobil pada umumnya, Toyota C-HR juga tentunya telah dibekali dengan...

Selain Pedal Rem, Ini Beberapa Jenis Rem Yang Perlu Anda Tahu!

OTOmart – Seperti rem pada umumnya, rem tangan atau sering disebut juga dengan rem...

4 Faktor Penyebab Kendaraan Jadi Boros Konsumsi Bahan Bakar

OTOmart – Bagi pengendara kendaraan bermotor, baik kendaraan beroda dua maupun beroda empat, tentunya...

Mobil Sudah Gunakan Emisi Euro 4, Sebaiknya Gunakan BBM Jenis Ini

OTOmart – Sejak menerapkan standar emisi Euro 4 di Indonesia sejak Oktober 2018 kemarin...

Begini Cara Membedakan Mobil Bekas Taksi Online Dengan Yang Tidak

OTOmart – Saat Anda membeli mobil bekas, tentunya Anda ingin mendapatkan mobil bekas dengan...