Tips Memilih Kaca Film Mobil Murah Namun Berkualitas

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
kaca film mobil
Ilustrasi (Morguefile)

OTOmart – Salah satu aksesoris yang sering dicari dan banyak beredar di pasaran adalah kaca film mobil. Aksesoris ini berfungsi sebagai penyaring sinar matahari, sebagai penutup agar bagian dalam kabin tidak dapat dilihat dari luar, serta sebagai daya tarik eksterior dari mobil Anda.

Saat ini, kaca film banyak beredar dengan beragam harga, mulai di bawah Rp 1 juta hingga di atas Rp 1 juta. Lalu adakah tips untuk mengetahui manakah kaca film mobil yang berkualitas dan tidak?

Baca Juga: Pasang Kaca FIlm, Hemat BBM 3%

Presiden Direktur Makko Group selaku Agen Pemegang Merek (APM) Masterpiece mengatakan bahwa dibutuhkan tingkat ketelitian dan kejelian yang tinggi untuk memilih kaca film di pasaran, terutama yang dibanderol dengan harga murah.

“Untuk tahu mana yang berkualitas dan tidak, dibutuhkan beberapa hal, di antaranya adalah tentang kekuatan merek dari kaca film tersebut. Biasanya kaca film yang lapis kedua merupakan turunan dari brand-brand yang sudah hadir terlebih dahulu, seperti Masterpiece yang berada di papan atas, kemudian produk terjangkau lainnya, ada O2 dan Signature,” ucap Christoper, seperti dilansir laman Otodriver.com.

Faktor lain yang perlu Anda perhatikan dalam memilih kaca film adalah mengenai ketersediaan layanan purna jual. Faktor ini cukup penting, sebab berkaitan dengan pengelupasa, keretakan, ataupun cacat fisik pada kaca film mobil tersebut, bahkan hingga risiko terjadinya perubahan warna dari kaca film tersebut.

“Cara paling mudah untuk mengetahuinya itu bisa dilihat dari pameran aksesori atau gerai aksesori yang biasanya akan menampilkan brosur lengkap mengenai fitur hingga alamat kantor resmi dari kaca film tersebut,” terang Christoper lagi.

Tips selanjutnya dalam memilih kaca film adalah memperhatikan ketersediaan spesifikasi untuk bagian depan mobil, terutama tingkat kegelapannya. Termasuk juga untuk kaca film yang berada di bagian kanan dan kirinya. Hal ini karena di bagian tersebut cukup vital sebab bagian depan sangat berpengaruh pada pandangan Anda saat berkendara. Namun sangat direkomendasikan untuk memilih jenis kaca dengan tingkat kegelapan maksimal mencapai 40 persen.

Baca Juga: V-Kool Siapkan Kaca Film Khusus LCGC

Dengan tingkat kegelapan mencapai 40 persen tersebut, pengemudi akan mempunyai jarak pandang yang cukup jauh dan mampu melihat dengan baik saat siang hari. Meskipun dibanderol dengan harga yang cukup murah, kaca film perlu juga untuk dapat terlihat dengan jelas, terutama saat dilihat dari dalam mobil.

Sangat direkomendasikan agar kaca film yang Anda pilih mempunyai kemampuan untuk melindungi Anda dan penumpang dari sinar UV (Ultra-Violet) untuk menjaga kulit dari teriknya sinar matahari.

Itulah beberapa tips memilih kaca film untuk mobil impian Anda. Semoga informasi ini bermanfaat.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Tips Agar Performa Turbo Kijang Innova Diesel Meningkat

OTOmart – Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan performa mesin Toyota...

Ketahui Ciri-Ciri Mobil Yang Terendam Banjir Dengan Trik Ini

OTOmart – Di hari pertama tahun 2020, banjir melanda sebagian besar wilayah di Jakarta...

Mau Campur Angin Nitrogen Dengan Angin Biasa? Ini Penjelasannya

OTOmart – Anda biasa mengisi tekanan ban mobil Anda dengan angin nitrogen dan ingin...

Interior Mobil Anda Rusak Akibat Banjir, Segini Biaya Perbaikannya

OTOmart – Salah satu mimpi buruk para pemilik mobil yang terendam banjir adalah kotoran...

Pertolongan Pertama Saat Mobil Matik Bekas Anda Terendam Banjir

OTOmart – Saat banjir melanda wilayah Anda dan merendam mobil matik bekas Anda, maka...

Mobil Kena Water Hammer? Segini Biaya Perbaikannya!

OTOmart – Water hammer merupakan istilah di dunia otomotif dimana kondisi air dengan jumlah...