Tips Memilih Cairan Carbon Cleaner Yang Bagus Untuk Mesin Anda

posted in: Artikel Mobil | 3 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
carbon cleaner
Tips memilih carbon cleaner yang bagus (Modifikasi.com)

OTOmart – Dalam membersihkan jeroan mesin, seorang teknisi pada umumnya menggunakan cairan pembersih yang dinamakan carbon cleaner. Cairan ini sendiri berfungsi untuk membersihkan ruang pembakaran dari berbagai macam kerak deposit.

Namun ternyata tidak semua cairan carbon cleaner itu bagus loh! Meski begitu, Anda tidak perlu khawatir, sebab terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memilih cairan carbon cleaner yang bagus.

Baca Juga: Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas yang Perlu Diketahui

Hal ini diungkapkan oleh Kuntarto Rachmat, salah satu pemilik bengkel otomotif yang berada di wilayah Bekasi yang menjelaskan secara mendetail bagaimana cara memilih cairan ini dengan tepat bagi kendaraan Anda.

“Cairan carbon cleaner seharusnya dapat membersihkan ruang pembakaran dengan baik sehingga tidak meninggalkan kerak deposit pada ruang pembakaran,” terang Kuntarto.

Selain itu, dalam menggunakannya pun kondisi mesin harus benar-benar cukup panas. Hal ini bertujuan agar kerak deposit dapat segera terangkat secara maksimal.

Meski begitu, Kuntarto tetap mengingatkan jika tidak semua cairan pembersih bagi mesin yang berada di pasaran itu bagus. Hal ini dikarenakan berbagai bahan kimia yang terkandung di dalamnya, dimana di dalamnya tentu terdapat berbagai macam bahan yang bersifat tajam seperti asam dan amoniak.

Zat asam serta amoniak merupakan zat yang paling banyak digunakan pada cairan ini. Padahal, zat seperti ini sebisa mungkin harusnya dihindari dari kedua zat ini.

“Padahal zat-zat seperti itu dapat merusak mesin, sebab karena zat asam ini tidak hanya bereaksi untuk menghilangkan kerak deposit saja, melainkan juga dapat membuat besi berkarat,” ucap Kuntarto lagi.

Perlu Anda ketahui jika zat asam juga akan bereaksi dengan besi yang terdapat pada ring piston serta payung klep. Bukan hanya itu saja, liner silinder yang terbuat dari besi juga akan terkena imbasnya. Bahkan oli yang melapisi liner silinder pun akan hilang terbawa zat-zat tersebut.

Baca Juga: Begini Cara Membersihkan Mesin Mobil Dengan Baik dan Benar

“Yang paling berbahaya itu kalau mesin dihidupkan namun tidak ada oli liner silinder, itu bakal bikin silinder baret, cukup mengerikan bukan?,” terang Kuntarto lagi.

Selain itu, zat amoniak pun jika terus menerus terhirup akan sangat berbahaya bagi kesehatan paru-paru. Dan jika terjadi kontak langsung dengan tangan, maka akan beresiko terjadi iritasi. Karena itu, sebaiknya mulai sekarang ini pilihlah cairan pembersih mesin yang benar-benar bagus bagi perawatan mesin mobil Anda ya!

Jika Anda sedang mencari mobil bekas berkualitas dengan cicilan kredit yang mudah, aman dan transparan, segera kunjungi website www.otomart.id. Karena kami selalu siap membantu mewujudkan impian Anda untuk mendapatkan mobil bekas berkualitas terbaik.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Tips Terbaik Membersihkan Setir Mobil Usai Mudik Lebaran

OTOmart – Salah satu komponen mobil yang selalu bersentuhan dengan tangan Anda adalah setir....

Ingin Mudik Aman dan Nyaman? Sebaiknya Cek 7 Komponen Mobil Ini

OTOmart – Menjelang Hari Raya Idul Fitri, sebagian besar masyarakat tentunya akan menjalankan salah...

Tips Hindari Pecah Ban di Jalan Tol Saat Mudik Lebaran

OTOmart – Sebagian besar kondisi jalan Tol Trans Jawa menggunakan jenis beton cor untuk...

Tips Merawat Radiator Mobil Agar Tidak Jebol Karena Overheat

OTOmart – Radiator adalah salah satu komponen pada mobil yang sangat penting agar suhu...

Tips Mengemudi Mobil Yang Aman di Malam Hari

OTOmart – Bagi sebagian orang berkendara di malam hari dianggap mempunyai sensasi tersendiri, mulai...

Tips Membersihkan Ruang Mesin Yang Aman Dan Benar

OTOmart – Ruang mesin merupakan salah satu area mobil bekas yang paling jarang dibersihkan...