Tips Membuat Kabin Mobil Tetap Nyaman dan AC Tetap Dingin

posted in: Artikel Mobil | 1 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
kabin
Kabin mobil (Gudang Cara)

OTOmart – Salah satu komponen penting agar pengemudi dan penumpang mobil merasa nyaman dan betah di dalam kabin adalah pendingin udara atau air conditioner (AC). Meskipun begitu, hal ini tidak lantas membuat para pemilik mobil betul-betul memperhatikan kondisi komponen tersebut.

Susanto, Product Manager PT Cipta Gemilang Bersama (Coolkars) mengatakan jika ingin AC di dalam mobil Anda tetap baik dan berfungsi dengan normal dalam mendinginkan kabin, maka harus mendapatkan perawatan secara rutin.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bau Tidak Sedap Pada Kabin Mobil

“Karena itu, setiap tiga bulan sekali gantilah filter AC kabin Anda agar tetap dingin. Selain itu, selalu lakukan pengecekan secara rutin agar dapat menganalisa kerusakan part AC sejak dini, sehingga biaya perawatan tidak terlampau besar,” ucap Susanto, seperti dilansir laman Viva News, Rabu (20/6).

Menurut Susanto, melakukan servis yang teratur serta melakukan perawatan dengan benar dan tepat pada AC mobil akan membuat AC menjadi lebih awet dan dapat bekerja secara normal dan optimal. Hal ini tentunya akan membuat udara di dalam kabin menjadi sejuk dan menyegarkan.

“Jangan lupa juga untuk membersihkan kisi-kisi AC yang berada di dalam dashboard mobil maupun di bagian lainnya. Untuk membersihkan kisi-kisinya bisa menggunakan kuas kecil dan alat vacuum agar kotoran dapat langsung tersedot dan tidak masuk ke lubang yang terdapat pada kisi-kisi AC tersebut,” terangnya lagi.

Untuk penggunaannya pun, menurut Susanto, harus disesuaikan dengan kebutuhan para pengemudi serta penumpang ketika berada di dalam kabin mobil. Jika di dalam mobil hanya terdapat pengemudi, maka sebaiknya blower tidak perlu di setel secara maksimal, untuk pengaturan suhunya pun sebaiknya diatur pada posisi 24 derajat atau dapat lebih dingin lagi.

Baca Juga: Inilah 8 Benda Yang Wajib Ada Di Dalam Kabin Mobil Anda

“Untuk pemakaiannya sendiri dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya, jika siang bisa menggunakan satu blower dan atur semburan suhunya ke badan di posisi 24 derajat. Sedangkan untuk standar pengaturan suhunya anggap saja suhu badan kita berada di kisaran 36 derajat dikurang 11 derajat suhu ideal, jadi cukup menggunakan 24 derajat di pengaturan AC-nya,” terangnya lagi.

“Penggunaan AC yang tepat serta melakukan perawatan rutin, maka tentunya AC akan dapat bekerja secara maksimal dalam mendinginkan suhu kabin di dalam mobil,” tutur Susanto.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Spesifikasi dan Harga Mobil Avanza Bekas Juli 2018

OTOmart – Tidak dapat dipungkiri lagi jika mobil Avanza merupakan salah satu mobil buatan...

Jaga Persaingan, Mitsubishi Luncurkan Pajero 2019 di Cina

OTOmart – Guna menjaga pasar agar tetap kondusif hingga munculnya model terbaru, membuat Mitsubishi...

Perbedaan Mesin Avanza dan Mesin Xenia yang Perlu Diketahui

OTOmart – Ketika Anda berkendara di jalanan, tentu Anda tidak akan asing lagi dengan...

Mau Beli Mobil? Sebaiknya Lakukan Simulasi Kredit Mobil Dulu

Otomart – Pengaturan sistem keuangan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari tidaklah mudah, semua membutuhkan pengalaman...

Waspada! Bahaya Menaruh Botol Plastik Dalam Kabin Mobil

OTOmart – Jika Anda seringkali meninggalkan air minum dalam kemasan botol plastik di dalam...

5 Etika Pemasangan Lampu Kabut Yang Wajib Dipenuhi

OTOmart – Lampu kabut (fog lamp) merupakan salah satu komponen tambahan (aksesori) yang biasanya...