Tips Membuat Cat Mobil Agar Tetap Terlihat Mengkilap

posted in: Artikel Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
cat mobil
Sumber: Kemudiku

OTOmart – Ketika menghadapi musim hujan seperti sekarang ini, alangkah baiknya mencuci mobil dilakukan minimal sehari sekali. Hal ini bertujuan agar debu tidak menumpuk terlalu tebal pada bagian bodi mobil sehingga mengurangi penampilan, terutama pada cat mobil agar terlihat kinclong.

Dalam melakukan pencucian mobil, dibutuhkan ketekunan serta keahlian khusus, sehingga banyak para pemilik mobil yang akhirnya lebih memilih membawa kendaraan kesayangannya ke salon mobil dibandingkan harus mencucinya sendiri, apalagi ketika musim hujan seperti saat ini.

Kebanyakan para pengemudi merasa takut dan khawatir jika mencuci mobil sendiri akan menyebabkan cat mobil memudar karena salah dalam mencucinya. Karena itu, akan disampaikan cara mencuci mobil yang baik dan benar agar cat bodi mobil tetap mengkilap.

Hindari terik matahari langsung

Agar cat mobil tidak memudar, sebaiknya hindari untuk mencuci mobil di bawah sinar matahari langsung, sebab sisa air sabun yang mengering justru akan membuat bercak kotor pada mobil Anda.

Jangan gunakan detergen

Perlu Anda ketahui bahwa sabun untuk membersihkan kendaraan terdiri dari beberapa jenis, dimana masing-masing sabun tersebut mempunyai fungsi yang berbeda-beda. Karena itu, untuk tetap membuat cat bodi mobil Anda terlihat mengkilap sebaiknya hindari mencuci mobil menggunakan sabun yang mengandung detergen.

Baca Juga: Begini Cara Mengetahui Bodi Mobil Di Dempul Atau Tidak

Sebaiknya gunakan sampo khusus mobil yang telah banyak beredar di pasaran. Namun, jika Anda kesulitan untuk menemukannya, tidak usah khawatir, sebab Anda dapat menggunakan sabun atau sampo biasa asal tidak mengandung detergen di dalamnya.

Atur tekanan air pada selang

Saat Anda membersihkan mobil, terkadang ada terdapat kotoran yang membandel dan menempel sehingga tidak dapat dibersihkan jika hanya menggunakan arus air bertekanan rendah. Namun, jika menggunakan arus air yang terlampau tinggi, maka akan membahayakan cat bodi mobil Anda. Karena itu, sebisa mungkin tekanan arus air dapat diatur sedemikan rupa sehingga tidak merusak cat mobil.

Keringkan mobil setelah selesai mencucinya

cat mobil
Sumber: Kemudiku

Ketika seluruh bagian mobil dirasakan telah bersih, maka segera keringkan mobil Anda dan tidak menundanya agar cat bodi mobil tetap mengkilap. Jangan pernah membuat air terlalu lama membasahi mobil Anda, sebab hal tersebut akan menyebabkan bekas dan bercak pada bagian bodi mobil Anda.

Selain itu, jangan pernah mengandalkan sinar matahari langsung untuk mengeringkannya agar warna cat dari bodi mobil Anda tidak mudah meredup.

Perhatikan cara mengelap serta bahan yang digunakan

Dalam melakukan pengelapan mobil setelah dicuci, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, antara lain yaitu:

  • Bahan kain lap, gunakanlah bahan yang terbuat dari kulit atau kanebo agar mampu mempermudah penyerapan air dengan mudah. Jangan menggunakan kain lap yang terbuat dari bahan katun, sebab bahan katun seringkali menyimpan partikel-partikel kecil yang dapat menggores cat pada bodi mobil Anda.

Baca Juga: Begini Cara Efektif Menghilangkan Goresan Pada Bodi Mobil Anda

  • Berhati-hatilah ketika melakukan pengelapan, pastikan bahwa lap yang Anda gunakan dalam keadaan bersih dan berhati-hatilah agar cat mobil Anda tetap mengkilap dan tidak mudah rusak.

Gunakan Wax

Cara membersihkan mobil agar cat tetap terlihat mengkilap adalah dengan menggunakan wax. Namun, sebelum Anda menambahkan wax, sebaiknya Anda persiapkan berbagai bahan seperti wax, busa serta kain katun lembut atau microfiber.

Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Mengoleskan wax ke bodi mobil, namun pastikan bahwa mobil Anda telah berada di tempat teduh agar wax tidak cepat kering. Saat melakukan pengolesan wax, tuangkan wax terlebih dahulu pada busa dan digosokkan bagian demi bagian dengan cara memutar.
  • Hindari melakukan penggosokan wax secara langsung ke seluruh bagian bodi mobil. Setelah dilakukan wax, selebihnya tunggu selama 10 menit dan bersihkan wax menggunakan kain atau microfiber.

Itulah beberapa cara agar cat pada bodi mobil Anda semakin mengkilap sehingga mobil nampak lebih stylish, bersih dan enak dipandang.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Spesifikasi dan Harga Mobil Avanza Bekas Juli 2018

OTOmart – Tidak dapat dipungkiri lagi jika mobil Avanza merupakan salah satu mobil buatan...

Jaga Persaingan, Mitsubishi Luncurkan Pajero 2019 di Cina

OTOmart – Guna menjaga pasar agar tetap kondusif hingga munculnya model terbaru, membuat Mitsubishi...

Perbedaan Mesin Avanza dan Mesin Xenia yang Perlu Diketahui

OTOmart – Ketika Anda berkendara di jalanan, tentu Anda tidak akan asing lagi dengan...

Mau Beli Mobil? Sebaiknya Lakukan Simulasi Kredit Mobil Dulu

Otomart – Pengaturan sistem keuangan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari tidaklah mudah, semua membutuhkan pengalaman...

Waspada! Bahaya Menaruh Botol Plastik Dalam Kabin Mobil

OTOmart – Jika Anda seringkali meninggalkan air minum dalam kemasan botol plastik di dalam...

5 Etika Pemasangan Lampu Kabut Yang Wajib Dipenuhi

OTOmart – Lampu kabut (fog lamp) merupakan salah satu komponen tambahan (aksesori) yang biasanya...